Fashion

Desainer Ini Lakukan Aksi Protes Larangan Penggunaan Niqab dan Burqa di Copenhagen Fashion Week

By Rayoga Akbar Firdaus  |   about 2 years ago
Desainer Ini Lakukan Aksi Protes Larangan Penggunaan Niqab dan Burqa di Copenhagen Fashion Week

Menyikapi aturan pelarangan penggunaan penutup wajah seperti niqab di Denmark, desainer asal Iran, Reza Etamadi, melakukan aksi protes dengan caranya sendiri. Berkesempatan tampil di ajang Copenhagen Fashion Week, di penghujung fashion show ia menghadirkan stage act berupa sejumlah model mengenakan niqab dan burqa, yang menerima karangan bunga dari model laki-laki dan perempuan lain yang berperan sebagai polisi.

Diskriminasi yang tak beralasan

Tanggal 1 Agustus 2018 lalu, Denmark resmi memberlakukan larangan penggunaan penutup wajah di ruang publik, termasuk niqab dan burqa. Denda akan diberikan sebesar mulai dari 1000 Kroner, dan selanjutnya jika terus berulang denda dapat mencapai 10.000 Kroner. Peraturan ini pun menuai aksi protes karena dinilai sebagai bentuk diskriminasi terhadap perempuan Muslim.

“Tidak ada satu laki-laki pun yang berhak menentukan apa yang pantas dikenakan oleh seorang perempuan. Kita harusnya tidak memberi sanksi maupun ancaman kepada perempuan hanya karena pakaian yang dikenakannya,” terang Reza Etamadi mengenai aksi yang dilakukannya seperti dikutip dari situs Dazed Digital.

runway
hijab
copenhagenfashionweek
burqa
niqab
rezaetamadi
Written By
Rayoga Akbar Firdaus

Mengawali karier di majalah ELLE Indonesia sebagai Fashion Assistant hingga menjadi Senior Fashion Writer, lalu Associate Digital Fashion Editor majalah L’Officiel Indonesia Rayoga bergabung dengan The Shonet sebagai Market Editor. Mengetengahkan sisi intelektual dan bisnis dari industri fashion adalah misi utamanya. Bila sedang bosan menulis tentang fashion, ia akan beralih membaca karya fiksi dari Haruki Murakami dan Ayu Utami serta menonton film romantic comedy dari era ’90-an favoritnya When Harry Met Sally dan My Best Friend’s Wedding.

All Comments (0)

Related Posts

Insiders Program Challenge

Become The Shonet Insider!

Now anyone can become an insider, including you!