Lifestyle

Emangnya Nggak Apa-apa Stalking Mantanmu di Media Sosial? Ini Kata Para Ahli!

Emangnya Nggak Apa-apa Stalking Mantanmu di Media Sosial? Ini Kata Para Ahli!

Salah satu hal yang paling menggoda ketika putus cinta adalah keinginan untuk stalking mantanmu di media sosial. Apakah mereka online saat ini? Ataukah mereka juga stalking kamu? Sangat mudah untuk ingin tahu tentang hidup segala hal tentang seseorang merupakan bagian besar dari hidupmu.

Tapi sungguh, emangnya nggak apa-apa stalking mantanmu di media sosial? Coba perhatikan kata para ahli di bawah ini.

1. Kamu akan terus memikirkan mantanmu

Like Crazy

“Stalking membuatmu terlibat terlibat dalam hubungan mental (dan kadang-kadang, fisik),” kata Dr. Fran Walfish, keluarga Beverly Hills dan psikoterapis hubungan, dan penulis The Self-Aware Parent. “Kamu akhirnya berpikir secara obsesif tentang mantanmu dan dia mengisi semua ruang depan dan pusat dalam pikiranmu. Proses tidak sehat ini tidak memungkinkan kamu untuk melepaskan, berduka dan kehilangan hubunganmu yang sebenarnya.” Dan proses berkabung setelah putus cinta bisa menjadi sangat penting jika kamu ingin dapat sepenuhnya move on.

2. Berhenti sejenak dari media sosial

Like Crazy

Agar terbiasa dengan kehidupan barumu tanpa mantanmu, pertimbangkan untuk menghilangkan hal-hal yang akan menghambat proses penyembuhanmu. “Itu berarti kamu harus mengambil langkah-langkah, seperti menghindari tempat yang akan mereka kunjungi atau melihatnya di media sosial,” kata mak comblang dan pelatih kencan, Julia Bekker. “Saya sarankan berhenti follow mereka agar mereka tidak muncul di feed-mu, dan janji pada diri sendiri bahwa kamu tidak akan melihat profil mereka sebisa mungkin.” Jika kamu telah mencoba untuk berhenti membuka profil mereka tapi kamu masih merasakan keinginan untuk memeriksanya, mungkin sebaiknya kamu berhenti sejenak dari media sosialmu sepenuhnya, setidaknya untuk beberapa waktu. “Singkirkan dirimu dari godaan tersebut,” katanya.

3. Sibukkan dirimu

Like Crazy

Tidak menggunakan media sosial dan menjauhi mantanmu dari kehidupanmu mungkin tampak seperti tindakan yang ekstrem, tetapi hal itu dapat menjadi keajaiban bagimu. Jelas tidak akan mudah, tetapi itu akan bermanfaat. “Itu membutuhkan motivasi dan tekad,” kata Dr. Walfish. “Semua orang pasti ingin berhenti! Mereka harus mulai dengan pengamatan diri dan perhatikan setiap kali pikiranmu mulai memikirkan mantanmu.” Stiap kali kamu memikirkan mantanmu, pasti keingingan stalking media sosialnya pasti ada lagi. Hentikan hal tersebut dan alihkan perhatianmu. Jadilah lebih sibuk!

4. Cobalah untuk tidak peduli

Like Crazy

Stalking mantan di media sosial itu emang bukan dosa besar apalagi memang sulit move on kalau kamu sudah lama bersamanya. Namun, terus stalking mereka di media sosial tidak lebih berbahaya untuk dirimu sendiri. Kamu tidak akan membiarkan dirimu sembuh dengan baik dari perpisahanmu itu. Jika kamu ingin benar-benar sembuh, kamu harus “mengatakan pada diri sendiri bahwa kamu sudah tidak peduli apa yang mereka lakukan atau dengan siapa sekarang dia bahagia,” kata Bekker.

BACA  JUGA: Jika Kamu Siap Putus dengan Pasanganmu, Kamu Akan Menyadari 6 Hal Ini!

Source foto: film Like Crazy/ Paramount Vantage, Indian Paintbrush, Super Crispy Entertainment

Stalking mantan itu emang nggak salah tapi itu bisa menyakiti dirimu sendiri, kamu mau emang menyakiti dirimu terus?

Zahra Aminati
Zahra Aminati