Fashion

Fashion Flashback: 15 Momen Fashion Paling Kontroversial di Tahun 2018

By THE SHONET Luxury  |   almost 2 years ago
Fashion Flashback: 15 Momen Fashion Paling Kontroversial di Tahun 2018

Bagi industri fashion, tahun 2018 mungkin menjadi sebuah momen kesadaran akan pentingnya mengedepankan sisi kemanusiaan di industri kreatif ini. Terbukti dengan banyaknya kejadian kontroversial yang terjadi industri fashion sepanjang tahun 2018 ini. Dari isu rasisme hingga plagiarisme, berikut 15 momen fashion yang menjadi kontroversi di tahun 2018.

1. Serba hitam di red carpet Golden Globe

Golden Globe 2018/Time.com

Kasus pelecehan seksual dan isu kesetaraan di Hollywood membuat para aktris untuk bersatu dan menyatakan keprihatinan. Mereka sepakat memakai gaun berwarna hitam yang menjadi simbol solidaritas sekaligus momen untuk bangkit guna membuat Hollywood lebih aman dan ramah terhadap perempuan.

2. Jaket parka Melania Trump

Melania Trump/Vanityfair.com

Ketika hendak melakukan kunjungan ke tempat penampungan para anak-anak imigran yang dipisahkan dari kedua orangtuanya, Melania Trump dituduh tak peka akibat pakaian yang dikenakannya. Melania memakai jaket parka bertuliskan 'I don't really care, do u?'

3. Popularitas Diet Prada

Instagram Diet Prada

Bukan hanya influencers, Instagram juga melahirkan sebuah medium baru bagi pencinta fashion dalam mendapatkan informasi, yakni akun Diet Prada. Dari kasus penyewaan barang mewah  palsu berkedok asli di Australia, plagiarisme yang diduga dilakukan desainer, hingga analisis gaya red carpet yang dikemas secara witty membuat Diet Prada kian populer.

4. Meghan Markle dan aturan kerajaan

Meghan Markle/Pinterest

Apapun yang dikenakan Meghan Markle selalu menjadi berita yang menarik diikuti. Namun pakaian yang dipakainya justru sering dianggap melanggar aturan kerajaan Inggris . Seperti larangan menggunakan warna hitam di acara kenegaraan selain pemakaman serta memakai mini dress.

5. Dugaan berita hoax di Hypebeast

Vetements Spring 2018/Vetements

Pada bulan April 2018, situs Hypebeast melansir berita mengenai menurunnya penjualan Vetements. Seketika hal tersebut dibantah oleh Demna Gvasalia, selaku desainer yang juga creative director Balenciaga, menyebutnya sebagai sebuah kebohongan. CEO Vetements, Guram Gvasalia juga mengatakan bahwa penjualan mereka justru naik 50 persen.

6. Label Ivanka Trump diboikot

Ivanka Trump/Time.com

Setelah Donald Trump mengkritik Perdana Menteri Kanada, Justin Trudeau, banyak warga Kanada yang akhirnya memboikot label fashion milik Ivanka Trump. Hudson Bay, department store barang mewah di Kanada, juga turut tak akan menjual lagi produk dari label Ivanka Trump.

7. Makin banyak desainer berhenti memakai bulu hewan

Gucci Spring/Summer 2019/IMAXtree

Di tahun 2018 semakin banyak desainer dan label fashion yang tak akan lagi memakai bulu hewan di koleksinya seperti yang terbaru yakni Gucci, Versace dan Coach.

8. Burberry membakar barang yang tak laku

Burberry Spring/Summer 2019/IMAXtree

Demi menjaga pamor dan barangnya dijual oleh pihak lain, Burberry rela membakar koleksinya yang tak laku di pasaran. Nilai jualnya diprediksi mencapai 37,8 juta USD. Pihak Burberry mengatakan bahwa kebijakan ini tidak akan lagi diterapkan di tahun depan.

9. Michael Kors menjadi pemilik baru Versace

Versace Fall/Winter 2018/IMAXtree

Michael Kors resmi menjadi pemilik baru dari Versace dengan membeli kepemilikan saham sebesar 2,1 miliar USD. Donatella Versace sendiri tetap memegang kendali sebagai creative director.

10. Gerakan independen para desainer

Stella McCartney/IMAXtree

Lepas dari sokongan grup konglomerat fashion menjadi tren di industri fashion. Stella McCartney, Christopher Kane dan Proenza Schouler membeli kembali kepemilikan saham mayoritas mereka dari investor.

11. Hedi Slimane dan Celine

Celine Spring/Summer 2019/IMAXtree

Ditunjuk menggantikan Phoebe Philo sebagai creative director Celine, Hedi Slimane mengubah total citra label tersebut. Hedi mengganti logo dan menghadirkan koleksi bergaya rock 'n' roll yang dinilai tak jauh berbeda dengan rancangannya kala mensupervisi Saint Laurent.

12. Standar model Victoria's Secret

Gigi Hadid di fashion show Victoria's Secret 2018/Fashionista.com

Victoria's Secret tersandung kontroversi. Gara-gara Ed Razek, Chief Marketing Officer, memberikan pernyataan sewaktu diwawancara oleh Vogue, bahwa Victoria's Secret tidak akan merekrut model plus size dan transsexual untuk tampil di fashion show tahunannya.

13. Rasisme Dolce & Gabbana

Stefano Gabbana dan Domenico Dolce/IMAXtree

Dolce & Gabbana membatalkan fashion show di Tiongkok gara-gara isu rasisme. Masyarakat Tiongkok tak terima dengan konsep video promosi Dolce & Gabbana dan komentar penghinaan Stefano Gabbana tentang negara tersebut,


14. Metallic boots Michelle Obama

Instagram WWD
Michelle Obama/Instagram WWD

Michelle Obama mengenakan metallic boots lansiran Balenciaga saat hendak melakukan tur promosi bukunya. Meski mengundang perhatian, namun publik menyukai penampilan baru Michelle Obama yang lebih eksploratif.

Baca juga: 10 Gaya Red Carpet Paling Heboh di Tahun 2018

15. Raf Simons mundur dari Calvin Klein

Raf Simons/IMAXtree

Baru dua tahun bergabung, Raf Simons resmi mengundurkan diri dari Calvin Klein. Penyebabnya karena tim manajemen Calvin Klein kurang puas dengan performa penjualan dan gaya desain Raf yang dianggap kurang komersial.




fashion
kontroversi
Written By
THE SHONET Luxury

Welcome to The Shonet Luxury! Kenali lebih dalam seputar luxury lifestyle dari mulai runway, trend, hingga travel update.

 

All Comments (0)

Related Posts

Insiders Program Challenge

Become The Shonet Insider!

Now anyone can become an insider, including you!