Become The Shonet Insider!

Fashion

Gara-gara T-shirt yang Kontroversial, 3 Label Fashion Ini Picu Kemarahan Masyarakat China

By THE SHONET Luxury  |   6 months ago
Gara-gara T-shirt yang Kontroversial, 3 Label Fashion Ini Picu Kemarahan Masyarakat China

Sejumlah label fashion yakni Versace, Givenchy dan Coach picu kemarahan masyarakat China karena kreasi T-shirt kontroversial yang menuliskan Hong Kong, Macau dan Taiwan sebagai negara merdeka. Padahal secara fakta ketiganya masih merupakan bagian dari China. Reaksi keras juga datang dari para selebriti China yang bekerja sama dengan ketiga label fashion tersebut. Di mana mereka memilih memutuskan kontrak kerja mereka sebagai bentuk dukungan kepada negaranya.Insiden T-shirt ini mengingatkan akan kontroversi rasisme label Dolce & Gabbana tahun lalu. Ketiga label fashion tersebut pun merilis permintaan maaf kepada negara China atas produk T-shirt lansiran mereka. Seperti apa kontroversinya? Berikut ulasannya.

1. Gara-gara T-shirt 

T-shirt yang menjadi kontroversi/CNN.com

Insiden ini bermula ketika Versace, Coach dan Givenchy merilis T-shirt yang menuliskan nama-nama negara dan ibukotanya. Yang menjadi sorotan tentu kehadiran Hong Kong, Macau dan Taiwan yang merupakan masih menjadi bagian dari China. Reaksi keras pun berdatangan dari warga China yang menilai ketiga label ini kurang peka. 

2. Permintaan Maaf Versace dan Donatella

Koleksi Versace Fall/Winter 2018/IMAXtree

Versace pun dengan segera menarik dari peredaran T-shirt tersebut dan mengeluarkan pernyataan permintaan maaf kepada negara China. Donatella Versace, selaku desainer dari rumah mode Italia tersebut turut melakukan hal serupa. “Tidak pernah saya berniat untuk tidak menghormati akan kedaulatan negara China, dan karenanya saya ingin meminta maaf secara personal atas ketidakakuratan dan kontroversi yang telah terjadi,” tulis Donatella Versace. Karena insiden ini, Yang Mi selebriti China yang merupakan brand ambassador Versace memilih hengkang. 

3. Coach Ditinggal Supermodel Liu Wen

Coach ad campaign bersama Liu Wen/Coach

Menghadirkan T-shirt serupa, Coach juga merilis permintaan maaf. Namun supermodel Liu Wen yang baru saja bergabung sebagai brand ambassador dan membintangi foto iklan koleksi terbaru, memilih memutuskan kontrak kerjanya. “Saya meminta maaf atas kericuhan yang terjadi akibat kelalaian saya dalam memilih merek untuk bekerja sama,” tulis Liu Wen di media sosial Weibo. 

4. Givenchy Turut Meminta Maaf

Givenchy Fall/Winter 2019/IMAXtree

Givenchy juga turut mengeluarkan permintaan maaf atas kreasi T-shirt kontroversial yang menyinggung masyarakat China melalui akun Instagram resminya. Sama seperti Versace dan Coach, Givenchy juga ditinggal brand ambassador dari negara China, yakni Jackson Yee.

Baca juga: Begini Cara Sejumlah Label Fashion Mengatasi dan Mencegah Insiden Rasisme! Efektifkah? Atau Pencitraan Semata?

5. Tidak Sengaja atau Tidak Peduli?

Versace ad campaign bersama Yang Mi/Versace

Insiden T-shirt ini tentu menimbulkan pertanyaan, mengapa Versace, Coach dan Givenchy bisa sampai lalai? Apalagi status mengenai Hong Kong, Macau dan Taiwan adalah sebuah fakta umum. Berapa banyak orang yang memiliki tanggung jawab dalam desain dan produksi bisa sampai lalai atau acuh tak acuh terhadap T-shirt ini? Banyak yang skeptis terhadap sikap ketiga label fashion ini karena mereka lebih mengutamakan kepentingan bisnis semata. Apalagi konsumen China menjadi salah satu target utama dalam industri fashion mewah. Jika memang ketiga label fashion ini menganggap China sebagai bagian penting dari bisnisnya, bukankah mereka seharusnya lebih peka? 

givenchy
coach
versace
t-shirt
kontroversi
china
Written By
THE SHONET Luxury

Welcome to The Shonet Luxury! Kenali lebih dalam seputar luxury lifestyle dari mulai runway, trend, hingga travel update. Dikurasi oleh Rayoga Akbar Firdaus, dan Silvy Dwiyanti.

 

All Comments (9)
View all 9 comments
6 months agoReply
Septiani
waduhhh
6 months agoReply
Shafira Rizka Putri setuju banget brand harus peka terutama ke soal sosial politik yang emang sensitif bangt
6 months agoReply

Related Article

The Shonet Lookbook

Insider Program Challenge

Become The Shonet Insider!

Now anyone can become an insider, including you!