Lifestyle

GERD Menyiksa? Atasi Saja Dengan Bahan-Bahan Alami Ini!

By Lemonilo  |   about 2 years ago
GERD Menyiksa? Atasi Saja Dengan Bahan-Bahan Alami Ini!

Apa kamu sering ngalamin rasa sakit yang bener-bener sakit banget di sekitar perut bagian atas atau ulu hati? Wah, jangan dibiarin tuh! Bisa-bisa kamu sedang mengalami GERD! Bisa bahaya lho!

GERD itu kependekan dari gastroesophageal reflux disease atau acid reflux yang merupakan nyeri lambung di sekitar perut atau ulu hati. GERD ini bisa terjadi ketika asam lambung naik hingga ke saluran penghubung antara lambung dan kerongkongan. Biasanya sih, situasi ini terjadi kalau kamu sering tiduran setelah makan, berat badan kamu kelebihan, makan dengan bersandar, dan kebiasaan konsumsi makanan yang terlalu pedas.

Kalau sedang kambuh, GERD ini bisa bikin siapapun penderitanya kesakitan di baguan perut atas (heartburn), dada, sampai ke tenggorokan. Nggak cuma itu, penderita GERD bisa merasakan perut kembung, muntah darah, batuk dan sakit tenggorokan.

Salah satu penanganan yang tepat untuk GERD adalah memberikan aspirin atau ibuprofen sebagai obat yang membantu meredakan rasa sakit. Namun, untuk mencegah GERD kambuh lagi dengan cara yang alami, lho. Ikuti beberapa tips penanganan dan penyembuhan GERD berikut ini!

Apple Cider Vinegar, Si Penolong Apel yang Bantu Ringankan GERD

Apple Cider Vinegar, Si Penolong Apel yang Bantu Ringankan GERD
Source: Lemonilo

Cara pertama adalah menggunakan Apple Cider Vinegar (ACV). Asam yang terdapat di dalam Apple Cider Vinegar ternyata bagus lho untuk menetralkan asam lambung. Kamu hanya perlu mencampurkan 1 sendok ACV dengan 150 ml air putih. Minum tiap hari deh untuk hasil yang lebih maksimal. 

Mau Pengobatan yang Lebih Murah? Air Putih Aja!

Mau Pengobatan Murah? Air Putih Aja!
Source: Serumpi

Air putih itu menyembuhkan, percaya gak? Mau nggak mau, kamu harus percaya karena sebenarnya GERD itu bisa dibantu dengan konsumsi air putih yang banyak. Air putih di dalam lambung ternyata mampu menetralkan asam lambung dan meredakan sakit saat GERD muncul. Sarannya, kamu minum air putih 8 gelas per hari sehingga GERD nggak muncul lagi.

Mendingan Musuhan Dulu Aja Sama Kafein!

Musuhan Dulu Aja Sama Kafein!
Source: Lemonilo

Kafein sebenarnya bisa memicu asam lambung kamu naik dengan cepat. Makanya, ada beberapa jenis kopi yang sering bikin kembung atau sakit perut. Nah, kalau kamu punya GERD, mendingan kamu musuhan dulu sama makanan dan minuman berkafein. Soalnya, kalau kamu konsumsi makanan dan minuman tersebut, bisa-bisa GERD kamu nggak sembuh-sembuh, malah akan lebih parah! Kalau kamu ngantuk, carilah minuman yang lebih aman untuk lambung kamu. 

Lidah Buaya Juga Jadi Cara Enak dan Ampuh Atasi GERD!

Lidah Buaya Juga Cara Enak dan Ampuh Atasi GERD!
Source: Lemonilo

Selain membantu menyuburkan rambut dan menyehatkan kulit, jus lidah buaya (aloe vera juice) nyatanya juga cocok untuk menenangkan gejala GERD yang kamu miliki. Sensasi adem dan menenangkan dari lidah buaya membantu memberikan kelegaan di sekitar area perut. Konsumsi 1/4 sampai 1/2 cup jus lidah buaya (aloe vera juice) sebelum makan atau saat terjadinya GERD.

Usahakan Untuk Mengunyah Makanan Pada Level yang Paling Maksimal

Cobalah Mengunyah Pada Keadaan Paling Maksimal!
Source: Lemonilo

Para ahli menyarankan masyarakat untuk mengunyah makanan pada level yang paling maksimal. Hal ini meminimalisir terjadinya iritasi atau luka pada saluran makanan akibat makanan yang terlalu kasar. Khusus untuk penderita GERD, kamu tetap harus mengunyah makanan yang kamu konsumsi pada level paling halus. Hal ini bukan berarti kamu hanya boleh makan makanan yang halus saja, seperti bubur. Makanan yang halus membuat luka pada saluran pencernaan kamu tidak menjadi tambah parah.

Perbanyak Serat Untuk Sembuhkan Luka dan Iritasi Pada Saluran Pencernaan

Perbanyak serat untuk penderita GERD
Source: Lemonilo

Ketika GERD menyerang, kamu menjadi sangat perlu dalam mengonsumsi asupan serat yang cukup. Dari dalam, serat mengurangi rasa sakit dan menyembuhkan iritasi pada saluran pencernaan. Selain itu, serat memaksimalkan pencernaan untuk tetap baik. Kamu bisa dapatkan serat itu dari asupan buah-buahan atau sayuran hijau.

gerd
mengatasigerd
Written By
Lemonilo

Lemonilo merupakan pionir healthy lifestyle brand berbasis teknologi yang membuat berbagai produk sehat dan alami bersama-sama UKM Indonesia sebagai mitra produsen. Melalui Lemonilo.com, Lemonilo juga menawarkan produk-produk sehat & alami buatan mitra produsen yang bebas dari 100+ bahan berbahaya.

 

All Comments (0)

Related Posts

Insiders Program Challenge

Become The Shonet Insider!

Now anyone can become an insider, including you!