Beauty

Gunakan Skincare dengan 5 Kandungan Bunga Ini untuk Kulit Sensitif

By Jana Miani  |   about 2 years ago
Gunakan Skincare dengan 5 Kandungan Bunga Ini untuk Kulit Sensitif

Kita sering menemukan kandungan tumbuh-tumbuhan pada skincare dan ternyata beberapa kandungan bunga sangat cocok untuk tipe kulit yang sensitif, lho.

Kandungan dari bahan-bahan alami memang dapat mengatasi masalah kulit wajah dengan baik tanpa menimbulkan efek samping yang bisa merusak kulit. Tumbuh-tumbuhan seperti bunga malah sangat baik lho untuk kita yang memiliki kulit sensitif. Kandungan pada bunga dikenal memiliki manfaat untuk mengatasi kulit yang kemerahan, mengobati radang dan masalah kulit lainnya seperti eczema dan psoriasis.

Yuk cari tahu jenis bunga seperti apa yang bermanfaat untuk kulit sensitif kita!

1. Calendula atau pot marigold (Calendula Officinalis)

Source: yeppeun

Bunga calendula sebenarnya sudah sering dimanfaatkan untuk mengatasi kulit sensitif. Kemudian beberapa tahun terakhir mulai banyak skincare terutama dari brand Korea yang memanfaatkan bunga Calendula sebagai campuran untuk toner, lotion dan serum. Calendula memiliki kandungan antioksidan yang sangat tinggi sehingga dapat menguatkan dinding sel dan mempercepat perbaikan sel-sel kulit. Cocok dipakai bagi pemilik kulit yang kemerahan, berjerawat, eczema, psoriasis dan pruritus.

2. Chamomile atau German Chamomile (Chamomilla Recutita)

Source: pinterest

Chamomile merupakan salah satu medical plants yang sudah digunakan sejak lama untuk mengatasi kulit sensitif. Memiliki kandungan flavonoids dan essential oil yang dapat menenangkan peradangan kulit. Sama seperti bunga Calendula, Chamomile juga cocok untuk mengatasi eczema, psoriasis dan pruritus.

3. Thyme (Thymus Vulgaris)

Source: gardenersworld

Dilansir dari beautyheaven, menurut penelitian dari Universitas Leeds Metropolitan, yang mencoba pada Propionibacterium acnes atau bakteri yang menyebabkan jerawat dengan cara menginfeksi pori-pori dapat terbunuh dengan bunga Thyme. Bahkan hasilnya lebih bagus dibandingkan dengan benzoyl peroxide yang biasanya terkandung pada skincare untuk kulit berjerawat. 

4. Marshmallow atau White Mallow (Althea Officinalis)

Source: dr.hauscka

Nama lain dari bunga Marshmallow ini ialah 'Althea' yang artinya 'dapat menyembuhkan' dalam bahasa Yunani. Karena tingginya kandungan zat mucilaginous pada akarnya sehingga bunga Marshmallow bisa membuat kulit jadi lebih tenang dan lembap. Bunga ini cocok digunakan untuk kulit yang sensitif, kemerahan, gatal-gatal dan kulit kering.

5. Pansy (Viola Tricolor)

Source: worldoffloweringplant

Pansy merupakan bunga liar yang terdapat di Eropa. Terdiri dari 3 warna yaitu biru atau ungu, putih dan kuning. Pansy memiliki kandungan bioactive cyclotides yang dapat mengatasi kulit yang meradang dan kemerahan.

Nah, skincare dengan kandungan 5 bunga di atas ternyata bisa membantu kulit kalian yang sensitif, lho. 

skincare
tipscantik
kulitsensitif
fyi
bunga
Written By
Jana Miani

Hey! Thanks for come around, I'm currently working as a fashion and beauty content writer. I love beauty stuff especially local and natural skincare. 

All Comments (0)

Related Posts

Insiders Program Challenge

Become The Shonet Insider!

Now anyone can become an insider, including you!