Fashion

Hadirkan Koleksi yang Mirip dengan Musim Sebelumnya, Kemana Citra Inovatif dari Marc Jacobs?

By THE SHONET Luxury  |   about 2 years ago
Hadirkan Koleksi yang Mirip dengan Musim Sebelumnya, Kemana Citra Inovatif dari Marc Jacobs?

Menutup perhelatan New York Fashion Week, Marc Jacobs menghadirkan koleksi bergaya glamor era '80-an yang terinspirasi dari Yves Saint Laurent dan bahkan Chanel. Sekilas nampak tidak jauh berbeda dengan koleksi musim sebelumnya, dari mulai siluet oversized dan styling. Dramatis dan elegan. Namun memunculkan pertanyaan, kemana citra inovatif Marc Jacobs?

Ada Apa dengan Marc Jacobs?

Marc Jacobs adalah seorang desainer yang menjadi media darling, sejak melansir koleksi bertemakan grunge untuk label Perry Ellis pada tahun 1992. Koleksi tersebut mendapat sambutan hangat dari para editor fashion namun berujung pemecatan dirinya karena dianggap mencoreng citra Perry Ellis yang identik dengan gaya sportswear.

Lalu pada tahun 1997 hingga 2014, Marc Jacobs menjadi creative director Louis Vuitton. Prestisius akan jabatan di Louis Vuitton tak lantas menurunkan pamor dari label Marc Jacobs sendiri. Editor dan penikmat fashion rela menunggu sekalipun runway show telat sampai berjam-jam. Karena Marc Jacobs adalah ikon dari New York Fashion Week.

Kini menurunnya penjualan dan sulitnya adaptasi dari segi kreativitas akan perkembangan tren fashion menjadi masalah utama bagi Marc Jacobs. Pamornya mulai kalah dari Alexander Wang dan Proenza Schouler di New York.

Koleksi spring/summer 2019 seolah menjadi klimaks akan frustasi dan buntunya kreativitas Marc Jacobs. Rancangan yang repetitif dan terlalu mirip Yves Saint Laurent -sekalipun sebelumnya rancangan Marc Jacobs dinilai mengikuti Prada- menjadi tandanya.


Baca juga: Artikel fashion dan runway review lainnya dari Rayoga Akbar Firdaus

Meski begitu bukan berarti rancangan ini sepenuhnya buruk. Siluet oversized, detail ruffles, dan varian warna pastel membuatnya memiliki kualitas editorial. Namun tim desain perlu bekerja ekstra keras untuk membuatnya lebih komersial dan menarik bagi konsumen, disaat ketatnya persaingan dengan gaya streetwear dan dekonstruktif.

fashion
marcjacobs
newyorkfashionweek
Written By
THE SHONET Luxury

Welcome to The Shonet Luxury! Kenali lebih dalam seputar luxury lifestyle dari mulai runway, trend, hingga travel update.

 

All Comments (0)

Related Posts

Insiders Program Challenge

Become The Shonet Insider!

Now anyone can become an insider, including you!