Lifestyle

Halloween Sehat? Memang Bisa?

By Lemonilo  |   almost 2 years ago
Halloween Sehat? Memang Bisa?

Halloween sudah datang nih, guys! Sudah persiapan apa nih? Kostum apa yang kamu mau pakai nih? Banyak banget sekarang tempat nongkrong atau cafe yang menghias tempat mereka dengan beragam pernak-pernik yang berbau Halloween, yaitu sesuatu yang menyeramkan dan bikin merinding orang-orang.

Tahu nggak sih kamu darimana asalnya Halloween itu? Jadi, menurut history.com, Halloween itu pada awalnya perayaan yang dilakukan oleh orang Celtic di Irlandia untuk mengusir roh jahat atau hantu. Mereka menggunakan kostum unik dan berdiri di api unggun. Nah, kebiasaan inilah yang akhirnya sering diadakan setiap tanggal 31 Oktober di Eropa dan Amerika. Uniknya, seiring perkembangan zaman, masyarakat di benua lain juga ikut merayakan Halloween

Halloween ini identik dengan kostum unik, dandanan seram, lampu terbuat dari kulit labu kuning, dan trick or treat. Tapi, tahu nggak kamu kalau sebenarnya merayakan Halloween itu ternyata sehat juga lho untuk tubuh! Kenapa begitu?

Demi Kesehatanmu, Halloween Mesti Kamu Lakukan

Demi Kesehatanmu, Halloween Mesti Kamu Lakukan
Source: Pexels

Ternyata, Halloween bukan cuma memberikan aktivitas yang menyenangkan sekaligus menegangkan, guys! Merayakan Halloween juga bisa bantu tubuh kamu, terutama jiwa dan mental kamu, jadi lebih sehat. Banyak ahli kesehatan yang memberikan pernyataan bahwa Halloween baik untuk meningkatkan kesehatan jiwa dan meningkatkan kewaspadaan. Nah, cari tahu lebih lanjut dulu nih tentang manfaat merayakan halloween!

Halloween Membuat Orang Jadi Lebih Waspada Dengan Keadaan Sekitarnya dan Bahaya yang Akan Mengancam

Steve Orma, Ph.D, clinical psychologist dan penulis buku Stop Worrying and Go to Sleep: How to Put Insomnia to Bed for Good mengatakan bahwa Halloween memberikan rasa takut yang cukup kuat untuk mereka yang merayakan, sehingga kewaspadaan itu muncul dengan sendirinya. Steve Orma juga menyatakan bahwa mereka yang merayakan Halloween lebih punya energi dan persiapan lebih untuk melawan ketika bahaya datang.

Stress Bisa Dikelola Dengan Lebih Baik Perayaan Halloween Membuat Kamu Terbiasa Akan Tekanan, Terutama Tekanan Pekerjaan Sehingga Bebas Stres

Kamu tentu kepengen untuk bebas dari stress pekerjaan, bukan? Nah, menurut Dr. Margee Kerr, seorang sosiologis yang meneliti soal ketakutan dan efeknya pada tubuh manusia, kamu bisa lepas dari stress dengan ikut Halloween. Halloween menyebabkan orang merasa ketakutan dan merinding.

Nah, proses ini membuat otak kamu dipenuhi oleh dorongan kimia yang menyebabkan produksi hormon dopamine dan endorfin berlebih. Hormon inilah yang membuat tekanan bisa berubah menjadi hal yang menyenangkan. Makanya, kalau kamu bisa mengatur stress saat Halloween, bisa jadi kamu pandai dalam mengatur stress di pekerjaan.

Halloween Membantu Mengembalikan Mental Seseorang yang Punya Trauma

Dr. Margee Kerr juga menemukan nih, guys kalau orang yang punya trauma masa lalu bisa disembuhkan dengan merayakan Halloween. Ia mengatakan bahwa dengan mengajak orang tersebut menghadapi traumanya, ia akan punya cara secara alami untuk mengatasi ketakutan dalam dirinya. Makanya, orang yang sering merayakan Halloween atau masuk ke rumah hantu akan terbiasa dengan situasinya, daripada mereka yang jarang atau bahkan menolak.

Pertanyaannya, Gimana Halloween Tetap Sehat dan Bugar?

Pertanyaannya, Gimana Halloween Tetap Sehat dan Bugar?
Source: Pexels

Kalau sudah pada tahu soal manfaat merayakan Halloween buat kesehatan rohani dan jasmani, inilah waktunya buat kamu tahu gimana caranya supaya halloween kamu tetap sehat dan nggak malah bikin tubuh kamu sakit. Catat baik-baik ya, genks!

Mau Makan? Mikir Dulu Ya!

Peraturan pertama yang nggak boleh kamu langgar adalah Halloween nggak lantas bikin kamu lupa diet sehat. Kalau kamu melakukan diet ketogenik, jauhi gula dan makanan tinggi karbohidrat. Kamu juga perlu berpikir ketika godaan untuk makanan dan minuman nikmat datang menghampiri. 

Takut Kalap? Makan Aja Di Rumah Dulu!

Wah, ide bagus nih, guys! Supaya kamu nggak kalap waktu ngerayain Halloween di suatu tempat, cobalah untuk isi perut kamu dulu di rumah. Jadinya, kamu nggak akan punya keinginan untuk makan berlebihan di tempat tersebut, apalagi makan makanan yang nggak sehat.

Jangan Kebanyakan Duduk, Tapi Banyakin Aktivitas Bergerak Waktu Halloween

Sebenernya ya, kamu bisa menjadikan momentum Halloween tahun ini sebagai ajang Halloween sehat. Kamu bisa open house dan mulailah banyak kegiatan seru yang buat semua peserta Halloween terus bergerak. Kegiatan ini bikin halloween kamu makin sehat. Atau, kamu bisa olahraga sebelum acara dimulai, sehingga kamu nggak drop waktu acara itu.

Make Up Jangan Berlebihan Sehingga Orang Bisa Jantungan Ngeliat Kamu

Nggak afdol kalau halloween tanpa make up serem yang bombastis ya, guys! Tapi, jangan sampai kebablasan juga. Kamu juga perlu perhatikan orang lain yang melihat dandanan kamu. Jangan sampai dia malah jantungan melihat dandanan kamu yang luar biasa itu. Ciptakan suasana bahagia ala Halloween untuk kamu dan orang lain ya!

Pilih Kostum yang Nyaman dan Aman Untuk Kamu Pakai Selama Halloween

Bagaimanapun, Halloween jadi alasan dan ajang orang cari kostum yang cetar membahana. Tapi, jangan bikin Halloween ini malah jadi ajang sakit buat kamu gara-gara kostum yang nggak nyaman sama sekali. Pesanlah kostum yang sesuai dengan tubuhmu sehinggakammu tidak merasakan sesak nafas, pusing karena aliran darah tidak lancar, atau terlalu berat. 

                 Jadi, gimana Halloween kalian, guys?
halloween
perayaanhalloween
Written By
Lemonilo

Lemonilo merupakan pionir healthy lifestyle brand berbasis teknologi yang membuat berbagai produk sehat dan alami bersama-sama UKM Indonesia sebagai mitra produsen. Melalui Lemonilo.com, Lemonilo juga menawarkan produk-produk sehat & alami buatan mitra produsen yang bebas dari 100+ bahan berbahaya.

 

All Comments (0)

Related Posts

Insiders Program Challenge

Become The Shonet Insider!

Now anyone can become an insider, including you!