Beauty

Harus Tahu! Ini 5 Plus Minus Diet Pada Kesehatan dan Kecantikan Kulit

By Ranjani  |   about 2 years ago
Harus Tahu! Ini 5 Plus Minus Diet Pada Kesehatan dan Kecantikan Kulit

Sebagai cewek, pasti kamu pernah dong mencoba diet? Diet memang nggak cuma bikin tubuh jadi lebih langsing, tapi juga bisa bikin lebih sehat. 

Tapi nggak semua diet cocok untuk semua orang lho, girls! Malah ada beberapa diet yang bikin kulit bermasalah. Makanya kamu harus tahu plus minus diet pada kesehatan dan kecantikan kulit. Yuk simak!

Diet Gluten

Harus Tahu! Ini 5 Plus Minus Diet Pada Kesehatan dan Kecantikan Kulit
source: delicious

Banyak yang memutuskan untuk melakukan gluten free, yakni makanan yang nggak mengandung gandum dan barley.

“Terlalu banyak mengonsumsi gluten akan berpengaruh pada masalah-masalah kulit, seperti dermatitis,” ujar Alicia Zalka, MD, dermatologis dari Yale. Makanya diet gluten bisa membuat wajahmu bebas dari masalah kulit, mengurangi jerawat, dan mengurangi inflamasi.

Diet ini nggak punya efek buruk pada kesehatan kulitmu. Untuk membuktikannya, coba deh diet gluten selama dua minggu dan lihat efek baiknya pada kulitmu!

Diet Karbohidrat

Harus Tahu! Ini 5 Plus Minus Diet Pada Kesehatan dan Kecantikan Kulit
source: simplyrecipes

Diet yang satu ini adalah jenis diet yang paling banyak diterapkan orang-orang, yakni nggak makan karbohidrat seperti nasi, kentang, dan pasta. Dengan diet ini, tubuh akan dipaksa mengalihkan lemak yang menumpuk menjadi energi.

Jika kamu nggak makan karbohidrat, kadar gula dalam tubuh akan menjadi rendah, sehingga mengurangi inflamasi. Bila kulit nggak terinflamasi, penuaan dini dan kerutan pun dapat dicegah.

Sayangnya, kalau kamu sama sekali nggak makan karbohidrat, rambut bisa jadi gampang rontok dan patah. Coba ganti karbohidrat dengan biji-bijian utuh yang lebih sehat.

Diet Paleo

Harus Tahu! Ini 5 Plus Minus Diet Pada Kesehatan dan Kecantikan Kulit
source: healthline

Paleo diet atau yang biasa disebut diet orang purba adalah saat kamu hanya makan makanan yang dikonsumsi orang saat zaman Paleolitik.

Makanan-makanannya seperti daging, ikan, buah, sayur, dan kacang-kacangan. Kamu nggak boleh mengonsumsi susu, gula buatan, apalagi makanan kalengan dan instan.

Dengan diet ini kamu bisa mendapatkan kulit yang bersih dan cerah. Kamu juga bisa terhindar dari jerawat dan kulit iritasi. Asal nggak dilakukan secara berlebihan, diet ini aman untuk dilakukan.

Baca juga:  Lagi Diet? Yuk Bikin Overnight Oat untuk Sarapan Sehat!

Diet dengan Juice Cleanser

Harus Tahu! Ini 5 Plus Minus Diet Pada Kesehatan dan Kecantikan Kulit
source: foodivine

Apakah kamu sering mendengar juice cleanser? Diet ini berfungsi untuk mendetoks tubuh sehabis menjalani gaya hidup yang kurang sehat, seperti makan junk food.

Dengan diet ini, kamu cuma boleh mengonsumsi buah-buahan dan sayuran dalam bentuk jus tanpa gula tambahan.

Karena jus buah dan sayuran tinggi akan antioksidan, kulit pun akan terlindungi dari radikal bebas. Kulit bakal terlihat lebih muda dan terhindar dari masalah.

Tapi bukan berarti kamu bergantung hanya dengan jus buah dan sayuran setiap hari. Kamu juga tetap harus memperbaiki pola makanmu supaya lebih sehat dan seimbang.

Diet dengan Raw Foods

Harus Tahu! Ini 5 Plus Minus Diet Pada Kesehatan dan Kecantikan Kulit
source: mykitchen

Banyak yang percaya kalau dengan makan makanan mentah tanpa dimasak, kamu bisa mendapatkan nutrisi asli makanan tersebut secara maksimal. Biasanya para raw foodist juga menghindari konsumsi daging.

Menurut Dr. Zalka, vitamin dan mineral yang baik memang bisa didapatkan kalau makan buah dan sayur dalam kondisi mentah. Vitamin C banyak terdapat di buah dan sayur bisa membuat kulit lebih cerah dan tampak muda.

Namun, tentu saja ada beberapa makanan yang lebih baik dikonsumsi secara matang, contohnya tomat. Tomat yang dimasak akan mengeluarkan lycopene yang melindungi dari kanker kulit.

Kalau kamu benar-benar mengonsumsi semua makanan dalam keadaan mentah, ada kemungkinan kulit akan jadi kering dan keriput. Rambut pun susah tumbuh dengan lebat. Pastikan kamu tetap minum banyak air putih supaya tubuh dan kulit terhidrasi dengan baik.

Sebaiknya kamu memang konsultasi dulu dengan dokter jika mau menjalankan diet, karena kamu harus menyesuaikan dengan kebutuhan dan kesehatan tubuh. Nah, setelah membaca plus minusnya, diet mana nih yang kira-kira mau kamu coba?

diet
beratbadan
fyi
plusminusdiet
dietsehat
Written By
Ranjani

Still struggling to find the perfect foundation for her combination skin. In the meantime, she likes to eat nasi padang and es teh manis.

All Comments (0)

Related Posts

Insiders Program Challenge

Become The Shonet Insider!

Now anyone can become an insider, including you!