Lifestyle

Hati-hati, Ini 5 Hal yang Membuat Hubunganmu Kandas dan Cara Mengatasinya!

By Zahra Aminati  |   almost 2 years ago
Hati-hati, Ini 5 Hal yang Membuat Hubunganmu Kandas dan Cara Mengatasinya!

Sebagian besar dari kita telah mengalami saat hubungan terasa menurun semangatnya dan biasanya kalau sudah sampai tahap itu, kamu akan berakhir dengan putus cinta dan hubungan pun kandas.

Nah, ternyata ada beberapa hal yang bisa membuat hubunganmu kandas, lho. Kamu harus perhatikan ini deh!

1. Menyalahkan dan membuat malu

The Last Song

Selain dari perilaku kasar yang terus-terusan, sering menyalahkan dan mempermalukan pasangan adalah cara cepat membuat hubunganmu kandas. Kedua perilaku tersebut mengomunikasikan penghinaan untuk pasanganmu. Kamu pun enunjukkan bahwa dia adalah orang yang pantas dicemooh. Sudut pandang ini memiliki efek yang beracun tidak hanya untuk orang yang menerima kesalahan, tapi pada orang yang melakukan kesalahan juga.

Antisipasi: Mulailah setiap pertentangan atau pertengkaran dengan anggapan bahwa masalahnya bukan disebabkan oleh kelemahan karakter pasanganmu. Ini akan membantu kalian berdua menangani masalah yang dihadapi tanpa saling menghina satu sama lain.

2. Hilangkan kesenangan

The Last Song

Perilaku ini, selain merusak hubungan, ternyata juga sering hadir dalam setiap pasangan tanpa disadari. Seorang suami akan bangun suatu hari sambil melihat istrinya dan berpikir, "Kapan terakhir kali kami bersenang-senang bersama?" Jauh dalam parit pertengkarang yang sedang berlangsung, seorang istri akan berpaling kepada suaminya dan berkata, "Bisa nggak sih kita hanya bersenang-senang?" Setelah semua kegembiraan dan keceriaan hilang dari hubungan, ini menjadi perjuangan untuk tetap bersama.

Antisipasi: Identifikasi satu hal yang biasa kamu lakukan bersama-sama. Kamu tidak perlu membangkitkan aktivitas yang tepat hari ini, tapi memori sukacita itu dapat menyuntikkan harapan untuk kesenangan dalam hubungan.

3. Menggunakan kata "putus" untuk ancaman

The Last Song

Ketika kamu mengancam untuk putus dengan pasanganmu (atau mengancam cerai) selama konflik sehari-hari, pasanganmu akan berpikir bahwa hubungan ini tidak terlalu penting untukmu. Acaman ini tidak berfungsi dengan baik untuk mendapatkan apa yang kamu inginkan, lebih buruk lagi mereka menyiratkan bahwa kamu tidak menghargai hubungan tersebut.

Antisipasi: Sederhananya, gunakan sesuatu selain kata putus. Alih-alih mengancam seperti, "Jika kamu nonton bola lagi sampai begadang di rumah teman, aku akan putusin kamu," cobalah dengan bilang "Kalau kamu nonton bola lagi sampai begadang di rumah teman, aku nanti yang akan kangen kamu." Pernyataan tersebut akan membuka pintu untuk kalian berdua mengatasi masalah dengan lebih baik.

4. Membicarakan mantan

The Last Song

Semua orang tahu bahwa membicarakan mantan dalam hubunganmu yang sekarang adalah suatu hal yang fatal. Jika kamu sering mengingat mantanmu ketika sudah bersama pasangan, pasanganmu mungkin akan menjadi cemburu dan tidak percaya diri. Jika kamu berbicara mantan dengan cara meremehkan, pasanganmu mungkin bertanya-tanya apakah kamu dulunya putus dengan tidak baik-baik? Hubungan masa lalu adalah bagian yang sulit dipecahkan dari kisah hidupmu, tapi jika kamu terus menerus mengajak mantan pacar masuk ke hubunganmu yang baru, hubunganmu pasti akan tidak menyenangkan.

Antispasi: Komunikasikan apa yang kamu sukai (dan tidak kamu suka) tentang perilaku mantan tanpa menyebut nama mantan. Misalnya, daripada mengatakan, "mantanku dulu orangnya gini lho," coba deh bilang seperti "Kayaknya kalau aku melakukan ini, aku akan lebih baik."

5. Menjauh perlahan

The Last Song

Ini adalah hal yang paling tersembunyi dalam daftar ini. Suatu hubungan bisa berjalan dengan baik, tapi jika sudah saling menjauh perlahan, wah pasti bisa goyah. Kamu tidak benar-benar terkejut jika pasangamu memutuskan hubunganya denganmu besok, kamu pun tidak terlalu kaget karena kalian berdua sudah sama-sama menjauh perlahan.

Antisipasi: Cobalah lebih transparan dalam pikiran dan tindakanmu. Tidak perlu melakukan komitmen pada tubuh dan jiwamu untuk setiap hubungan yang kamu lakukan.

BACA JUGA: 5 Jenis Pertengkaran Ini Bisa Membuat Hubunganmu Kandas! Nggak Mau, Kan?

Source foto: film The Last Song/Touchstone Pictures,Offspring Entertainment

Wah, Babes hati-hati dengan 5 cara di atas ya! Kalau hubunganmu sudah begini, bisa-bisa hubunganmu sudah di ujung tanduk dan kandas di tengah jalan. 

lifestyle
relationship
hubungan
cinta
putus
putuscinta
hubungankandas
carahubungankandas
Written By
Zahra Aminati

Zahra Aminati adalah lulusan Sastra Indonesia UI yang sangat senang menulis dengan memperbanyak bacaannya. Dia pernah menjadi Creative Contributors di Popbela.com selama April-Oktober 2017 untuk kategori relationship dan career. Kemudian, dia juga pernah menjalani internship di Ruangguru sebagai Social Media Marketing Intern dari Januari-Maret 2018. Lewat tulisan, Zahra ingin membagikan pengetahuannya untuk para perempuan di seluruh Indonesia agar menjadi perempuan yang berpengetahuan luas. 

All Comments (0)

Related Posts

Insiders Program Challenge

Become The Shonet Insider!

Now anyone can become an insider, including you!