Beauty

Hati-Hati, Ini 5 Kebiasaan Buruk yang Bisa Merusak Kulit

By Wilda Khairani  |   18 days ago
Hati-Hati, Ini 5 Kebiasaan Buruk yang Bisa Merusak Kulit
pexels/Andrea Piacquadio

Babes, apa sih alasanmu menggunakan skincare? Pastinya, untuk membuat kulit tetap sehat dan mengatasi permasalahan kulit yang mengganggu, kan? Tapi, semua produk skincare yang kamu pakai itu akan percuma kalau kamu masih melakukan 5 kebiasaan buruk ini. Coba, Babes, simak 5 kebiasaan buruk yang bisa merusak kulit ini!

 

Baca juga: Tips Mengatasi Kulit Wajah Kering dengan Produk Double Cleansing dari Senka!

 

1. Over-exfoliating

Exfoliation: How Exfoliating A Few Times A Week Helps Your Skin
besthealthmag.com

Eksfoliasi memang jadi kunci untuk mendapatkan kulit mulus dan bersih. Tapi, eksfoliasi yang berlebihan justru akan berdampak buruk pada kulit. Beberapa tanda kulit mengalami ekfoliasi berlebihan adalah iritasi, sensai terbakar, dan jerawat semakin banyak. Untuk mencegah hal ini, sebaiknya pakai chemical exfoliant dibandingkan physical seperti scrub. Perhatikan pula kadar yang digunakan. Kalau punya AHA atau BHA dengan persentasi yang tinggi, sebaiknya jangan dipakai setiap hari.

 

2. Memencet jerawat

Is Popping Your Pimples Really That Bad? | SELF
self.com

Kamu pasti sudah sering mendengar larangan memencet jerawat. Kebiasaan buruk ini justru akan membuat jerawat semakin banyak karena kamu menyebarkan bakteri ke kulit sekitar jerawat yang dipencet. Selain itu, memencet jerawat juga akan membuat pori-pori semakin besar dan menimbulkan bekas jerawat yang lebih susah dihilangkan. Coba pakai spot treatment atau obat jerawat yang mengandung salicylic acid atau tea tree oil.

 

3. Malas pakai sunscreen

Chemical Sunscreen vs. Physical Sunscreen | Skincare.com by L'Oréal
skincare.com

Ayo, apa kamu termasuk yang masih melakukan kebiasaan buruk ini? Kalau begitu, jangan heran kalau kulitmu lebih cepat menua. Sinar matahari bertanggung jawab menimbulkan 90% tanda-tanda penuaan sebanyak. Kalau kamu masih malas pakai sunscreen, keriput dan noda hitam akan segera datang di usia yang seharusnya belum mengalami itu. Belum lagi kanker kulit juga bisa menghantui, Babes!

 

4. Melupakan bagian leher

When Should You Start Using Neck Cream? | Skincare.com
skincare.com

Leher termasuk bagian tubuh yang paling cepat mengalami tanda penuaan, loh. Makanya, jangan lupa untuk menggunakan skincare hingga ke leher, dari cleanser hingga moisturizer. Pastinya, kamu nggak mau nanti punya kulit wajah mulus, tapi leher yang keriput di usia 30-an, kan?

 

5. Pakai produk yang sama selamanya

6 Reasons Why You Must Use A Moisturizer Regularly - Blogs Over Coffee
moaltd.com

Mungkin, kamu saat ini sudah menemukan pelembap atau serum holy grail. Rasanya, kamu nggak bisa hidup tanpa produk itu. Tapi, skincare nyatanya nggak bisa digunakan selamanya. Satu sampai dua tahun ke depan, pastinya kulitmu akan mengalami perubahans sehingga butuh produk baru. Selalu dengarkan kondisi kulit dan faktor luar lainnya saat menentukan produk skincare yang akan kamu gunakan.

 

Baca juga: Review Sabun Muka dengan Kandungan Kolagen, Senka Perfect Whip Collagen In!

 

Nah, Babes, itu dia kebiasaan buruk yang harus kamu hindari supaya kulit nggak rusak, ya!

skincare
kebiasaanburuk
Written By
Wilda Khairani

I am a content writer at The Shonet. Hope you like my page :)

Kindly visit my blog: https://walkwithwilda.blogspot.com/

 

All Comments (0)

Related Posts

The Shonet Monthly Issue
The Shonet Monthly Issue

Insiders Program Challenge

Become The Shonet Insider!

Now anyone can become an insider, including you!