Lifestyle

Hijabi Hair Care

By Tika Sam  |   19 days ago
Hijabi Hair Care
Foto oleh Samuel Silitonga dari Pexels

Hi  semua!

Gimana adaptasi barunya? Semoga berjalan dengan lancar ya. Kalo bisa dikerjain dari rumah, dari rumah aja. Tapi kalo terpaksa harus keluar, tetep jaga diri. Jaga kebersihan, jaga jarak dengan orang lain, tetep pake masker. Kalo bisa pake face shield, lebih baik.

 

Ngomong-ngomong soal new era, ada gak yang baru-baru ini pake hijab, nah artikel ini pas banget buat kalian, atau mungkin pengen ngasih artikel ini buat temen, pacar, atau orang tersayang yang baru banget pake hijab, boleh banget lho.

 

Ok, langsung ke poin utamanya. Kenapa sih hair care buat pengguna hijab dan non hijab itu beda?
 

Pengguna hijab rambutnya tertutup cukup lama, jadi rambutnya beresiko lebih tinggi untuk berkeringat dan lembab. sedangkan yang tidak berhijab tentu rambutnya tidak akan selembab yang menggunakan hijab. Dampak dari keringat dan lembab bisa berdampak pada tumbuhnya ketombe dan jamur pada kulit kepala. Meskipun kulit kepala cenderung lembab dan lepek, tetapi tidak jarang juga lho rambutnya malah lebih kering daripada yang tidak berhijab, atau mungkin lebih kering daripada rambutmu sebelum berhijab.

 

Jadi gimana dong solusinya?

  1. gunakan dry shampoo

Jika tidak bisa keramas setiap hari, entah karena tidak sempat atau alasan lain, dry shampoo bisa digunakan sebagai alternative untuk mengurangi minyak berlebih di kepala. Salah satu produk yang bisa kamu gunakan:

2. Gunakan sikat rambut saat keramas

Mungkin terdengar aneh dan tergolong masih jarang, tetapi dengan menggunakan sisir khusus yang digunakan saat keramas bisa membantu mengangkat ketombe dan mencegah jamur berdasarkan pengalaman gw pribadi. Selain itu, sisir khusus keramas juga bisa membuat shampoo  lebih meresap ke akar rambut lho. Kurang lebih penampakan sisirnya seperti ini:

Hair Brush Massager, source: amazon

3. Bersihkan rambut dari pangkal rambut hingga ujung rambut

Hayooo ngaku, siapa yang biasanya keramas cuma di kulit kepalanya aja? Biarpun kulit kepala adalah bagian yang "paling kotor", tetapi tetep bersihkan rambut hingga ke ujung ya, biar gak ada sisa kotoran, ketombe, atau sisa keringat di rambutmu.

 

4. Gunakan hair mask, bukan conditioner

Salah satu tips unik dari gw nih, kalo biasanya gw pake conditioner setelah keramas, gw kali ini mengganti conditioner dengan hair mask. Kenapa? Karena seperti yang gw ceritain di atas, meski kulit kepala gw berminyak, tapi rambut gw justru jadi kering banget, dan conditioner aja gak cukup. Jadi, gw mengganti conditioner dengan hair mask. Hasilnya? Rambut gw lebih lembut, shiny, kuat, gak bercabang, dan gak patah-patah. Penggunaan hair mask setiap hari gak harus selama biasanya kita di salon, tapi 5-10 menit aja cukup kok. Oh iya, sebelum menggunakan hair mask, usahakan kita sudah "memeras" rambut kita ya, jadi rambut kita gak terlalu basah, agar hair mask yang kita aplikasikan nanti gak ikut turun bersama dengan air yang jatuh, melainkan tetap bertahan di rambut.

 

5. Conditioner tanpa bilas

untuk hasil yang lebih baik lagi, bisa menggunakan conditioner tanpa bilas sesaat sebelum menggunakan hijab. Digunakan pada rambut atau bagian rambut yang kering ya, jadi bagian kulit kepala gak usah diberikan. Tujuannya, supaya kelembaban rambut tetap terjaga selama kita "memanaskan" rambut kita di dalam hijab.

 

6. Cara mengikat rambut

Bagi sebagian orang, ada yang lebih memilih untuk mengikat rambutnya ketimbang menggunakan inner atau dalaman hijab. Sah-sah aja kok, asal hati-hati ya, jangan terlalu kuat ikatannya agar rambut tidak mudah patah.

 

7. Keringkan rambut sebelum menggunakan hijab

Beberapa orang ada yang menghindari tidur dengan keadaan rambut basah dengan alasan akan pusing ketika tidur dengan keadaan rambut basah. Maka kecenderungan yang timbul adalah keramas di pagi hari dan langsung menggunakan hijab dengan keadaan rambut basah karena tidak sempat mengeringkan rambut. Kebiasaan ini juga harus dihindari. Sebaiknya keramas di sore hari agar ketika mau tidur rambut sudah dalam keadaan kering. Atau keringkan dengan betul sebelum menggunakan hijab. Rambut yang basah akan lebih rentan sehingga akan lebih mudah patah, belum lagi rambut yang basah langsung ditutup akan memberikan kecenderungan untuk berbau tidak sedap.

 

Sekian tips dari gw, semoga membantu!

Love, Sam.

caramerawatrambut
cara merawat rambut untuk hijabers
hair care for hijabers
Written By
Tika Sam

Hi, I will share things that work well on me, hope it'll work on you, too.

 

All Comments (0)

Related Posts

The Shonet Monthly Issue
The Shonet Monthly Issue

Insiders Program Challenge

Become The Shonet Insider!

Now anyone can become an insider, including you!