Beauty

How to Start Your Basic Skincare Routine for Beginners!

By Kintan Umari  |   2 months ago
How to Start Your Basic Skincare Routine for Beginners!

Belakangan ini skincare products booming dimana-mana, including here in Indonesia! Trendnya pun beragam, ada yang datang dari Korea, Europe dan gak ketinggalan juga produk skincare lokal dari Indonesia sendiri.

source: pinterest.com/houseofglitter

Get too overwhelmed with so many variation?

You can start with the Basic Skincare Routine first!!

Step 1: Cleanser

Facial cleanser merupakan step awal dalam skincare routine. Kulit tentunya harus dalam keadaan bersih agar dapat menyerap skincare lainnya dengan maksimal. Hal ini juga dilakukan untuk menghilangkan noda-noda bekas makeup ataupun debu kotoran yang menempel di wajah. Meskipun terlihat sepele, kamu bisa mulai memilih produk cleanser (facial wash) yang sesuai dengan jenis kulitmu! 

Why is it important to use cleanser based on your skintype?

Tidak semua skincare memiliki kandungan produk yang sama, walaupun ada beberapa produk yang bisa digunakan untuk all-skin-type, sejatinya jenis kulit manusia sendiri memiliki jenis yang berbeda-beda. 

Step 2: Toner

Setelah wajah dibersihkan menggunakan cleanser, kulit wajah dalam keadaan kering dan kehilangan kelembabannya. Oleh karena itu, sebaiknya segera menggunakan toner yang lagi-lagi pastikan sudah sesuai dengan jenis kulitmu. 

Selain mengembalikan kelembaban ke kulit, toner juga berfungsi sebagai pembuka jalan bagi skincare yang lain untuk meresap dan bekerja lebih baik di kulit. 

Step 3: Moisturizer

Moisturizer dibutuhkan oleh semua jenis kulit! Bukan hanya untuk yang memiliki kulit kering ataupun berminyak saja ya. 

Why Moisturizer important?

Kebanyakan orang menyepelekan tugas dari moisturizer yang dianggap hanya melembapkan kulit. Padahal moisturizer berfungsi sebagai pengunci semua skincare yang sudah kita pakai sebelumnya.

 

Step 4: Sunscreen

 

Untuk step skincare di pagi hari, wajib banget pakai sunscreen. 

Why Sunscreen important?

Matahari memiliki 3 Sinar UV, yaitu UVA, UVB dan UVC. Sinar UVC tidak bisa menembus ozon namun kedua sinar lainnya tetap menembus ozon. Sinar UVB tidak dapat menembus rumah, namun sinar UVA tetap bisa masuk melalui jendela rumah kamu. Sinar UVA tersebut dapat menyebabkan kulitmu lebih cepat menua loh. That's why walaupun sekarang kamu #dirumahaja kamu harus tetap menggunakan sunscreen ya!

 

Thats it, step skincare routine for beginners, make sure pilih produk yang sesuai dengan jenis kulit.

 

skincare
skincarelokal
skincareroutine
Written By
Kintan Umari

-Gemini sun, Scorpio moon

 

All Comments (0)

Related Posts

The Shonet Monthly Issue
The Shonet Monthly Issue

Insiders Program Challenge

Become The Shonet Insider!

Now anyone can become an insider, including you!