LIFESTYLE   |   14 SEPTEMBER 2018

Ingin Belanja Makeup Online? Perhatikan 3 Hal Berikut Ini!

Ingin Belanja Makeup Online? Perhatikan 3 Hal Berikut Ini!

Siapa di sini yang suka banget belanja makeup secara online? Selain praktis dan mudah, sering ada diskon di berbagai situs pembelanjaan online kan? Tapi kalian harus memperhatikan beberapa hal sebelum berbelanjan makeup secara online, girls. 

Berbelanja makeup secara online dan offline tentunya beda banget. Saat berbelanja di toko offline misalnya, kita dapat membaca dengan teliti rincian makeup yang ingin kita beli. Jadi, bisa saja mencari tahu soal produk yang baru ingin kita coba. Nggak hanya itu, toko offline juga memberikan bantuan dan penjelasan saat kita bertanya pada karyawan toko tersebut. Kalau online, tentunya nggak bisa, kan? Jadi kalian harus paham betul makeup yang ingin kalian beli. 

Dilansir dari Genius Beauty, ada beberapa hal yang perlu kalian perhatikan atau lakukan sebelum dan sesudah berbelanja makeup secara online. Apa saja, sih? 

1. Beli sampel dulu 

Sampel produk nggak cuma bisa kita dapatkan di toko offline, kok. Banyak situs penjualan online yang menjual sampel produk atau travel kit dengan harga murah. Nah, sebelum membeli produk yang baru ingin dicoba dalam ukuran asli, ada baiknya bila kita membelu sampel size terlebih dahulu. Kenapa? Agar kita bisa mengetahui apakah produk tersebut cocok untuk kita atau nggak. 

Bayangin deh, sudah keburu beli makeup atau skincare mahal-mahal tapi ternyata nggak cocok di wajah. Kan, sayang banget tuh! 

sample size
Beli sample aja dulu! (dok. dealsplus)

2. Cari review dulu, yuk! 

Sebelum membeli sebuah produk kecantikan, baik itu makeup atau skincare, baiknya kita mencari review atau ulasan produk terlebih dahulu. Banyak kok orang-orang yang mmebagikan review mereka mengenai suatu produk di internet. Saat membaca review, kalian akan mengetahui lebih banyak mengenai nilai plus dan minus sebuah produk. Ingat, jangan cuma membaca 1 review ya! Minimal carilah 3 review sebelum membeli sebuah produk. 

Baca juga: Tonymoly Rilis Koleksi Makeup Kolaborasi dengan Samyang, Pedas Nggak Ya?

3. Pastikan segel dan packaging sempurna 

Setelah membeli makeup secara online, pastikan semua segel dan packaging diterima dalam keadaan baik saat barang sampai di rumah. Jangan pernah menerima produk kecantikan yang datang dengan segel rusak. Segel yang rusak tidak menjamin kualitas produk di dalam kemasan. Segeralah laporkan pada situs tempat kalian membeli dan jangan dulu pakai produk tersebut. Biasanya, situs yang sudah well known akan menawarkan untuk refund atau penukaran produk. 

packaging makeup
Packaging harus dalam keadaan sempurna (dok. raeviewer)

Nah, itu dia 3 hal yang perlu kalian perhatikan dan lakukan sebelum dan sesudah membeli produk makeup dan skincare secara online. 

Sarah Christiani
Sarah Christiani

LIFESTYLE   |   14 SEPTEMBER 2018