Beauty

Ingin Kulit Wajah Lebih Sehat? Hindari 5 Kesalahan Saat Merawat Wajah Berikut Ini

By Mestika Safrini Nasution  |   almost 2 years ago
Ingin Kulit Wajah Lebih Sehat? Hindari 5 Kesalahan Saat Merawat Wajah Berikut Ini

Merawat wajah merupakan hal yang paling penting dilakukan untuk mendapatkan kulit wajah sesuai keinginan. Tapi, kebanyakan cewek secara tidak sadar masih melakukan kesalahan saat merawat wajah, sehingga timbulnya berbagai masalah kulit wajah. Sebab itu, pastikan kamu menghindari lima kesalahan dalam perawatan wajah berikut ini!

1. Menggunakan makeup yang berkualitas rendah

Intothegloss


Masih banyak cewek yang tergiur iklan kosmetik atau berbagai produk makeup dengan harga yang murah. Tapi sadarkah kamu, menggunakan makeup murah belum tentu memiliki kualitas yang bagus. Apalagi, sekarang banyak produk makeup dengan kualitas nomer dua alias KW.

Jadi, untuk urusan wajah, berhati-hatilah dalam memilih produk makeup jika tidak ingin kulit wajahmu bermasalah. Pastikan memilih produk makeup dengan kualitas yang baik serta cocok untuk jenis kulit wajahmu.

2. Melewatkan membersihkan wajah sehabis olahraga

IntotheGloss

Sering lupa atau bahkan malas membersihkan wajah sehabis olahraga? Tinggalkan kebiasaan ini mulai sekarang, girls! Saat olahraga pori-pori kulit wajah akan terbuka dan lebih banyak mengeluarkan keringat. Jika tidak segera membersihkan wajah, tentu minyak dan keringat akan menempel dan tersumbat di dalam pori-pori kulit wajah. Hal inilah yang dapat menyebabkan timbulnya banyak masalah kulit, salah satunya jerawat.

Pastikan membersihkan wajah sehabis olahraga menggunakan sabun pembersih wajah yang memiliki formula ringan. Seperti Cetaphil Gentle Skin Cleanser yang berdasarkan survey dari 364 anggota Home Tester Club (HTC) Indonesia, 96% perempuan Indonesia setuju bahwa Cetaphil Gentle Skin Cleanser membersihkan, melembutkan, dan menghaluskan kulit. Jadi, wajahmu akan tetap bersih dan segar sehabis berolahraga.


3. Memakai tabir surya hanya ketika kegiatan di outdoor

IntotheGloss


Memakai tabir surya sangat wajib dilakukan untuk melindungi kulit wajah dari bahaya sinar UV. Karena sinar UVA dan UVB dapat menembus ke dalam kulit dan merusak jaringan kulit. Hal inilah yang akan menimbulkan masalah kulit kusam, belang, flek hitam dan kerutan.

Tapi sayangnya kebanyakan cewek menganggap memakai tabir surya hanya ketika sedang melakukan aktivitas outdoor saja. Padahal, menggunakan tabir surya ketika kegiatan indoor juga sangat disarankan untuk mencegah kulit kering dan kusam.

4. Menggunakan masker wajah terlalu sering

Untuk mendapatkan kulit wajah sehat, bersih dan cerah, tentu perlu melakukan perawatan wajah yang tepat. Salah satu perawatan wajah yang paling umum adalah menggunakan masker wajah. Masker wajah memang sangat baik untuk membuat kulit wajah tampak lebih cerah, lembap dan kenyal. Namun, tidak disarankan untuk terlalu sering menggunakannya. Karena justru dapat membuat kulit wajah menjadi bermasalah.

Sebaiknya gunakan masker wajah alami buatan sendiri dari bahan-bahan rumahan, seperti madu, yogurt, lemon atau clay. Lalu, gunakan setiap satu minggu sekali untuk mendapatkan hasil yang maksimal. Pastikan juga memilih bahan-bahan masker yang kira-kira tidak bereaksi berlebihan pada wajahmu agar tetap aman dan nyaman.

5. Memakai tisu pembersih untuk menghapus makeup

ruthswissa.com


Seringkali tisu pembersih atau tisu basah menjadi andalan untuk membersihkan sisa-sisa makeup. Padahal kebiasaan membersihkan makeup dengan tisu pembersih kurang baik untuk kulit wajahmu. Karena kebanyakan tisu pembersih makeup memiliki kandungan alkohol yang dapat merusak kulit, apalagi jika kulit wajahmu sensitif.

Sebaiknya jika tidak memiliki makeup remover, gunakan air hangat suam-suam kuku dan waslap untuk membersihkan makeup. Sementara jika makeup yang kamu pakai waterproof kamu bisa menghapusnya dengan bantuan baby oil atau minyak kelapa secara perlahan. Lalu, lanjutkan dengan membersihkan wajah menggunakan sabun pembersih wajah.

beauty
kecantikan
cetaphil
makeup
kulitwajah
perawatankulitwajah
Written By
Mestika Safrini Nasution

Mestika aktif di dunia print media sejak lulus bangku kuliah. Tahun 2010 adalah awal karir ia sebagai Fashion Stylist di majalah Cita Cinta, lalu di tahun 2011 ia pindah ke majalah Gadis sebagai Senior Editor Fashion & Beauty hingga tahun 2016. Sebelum memutuskan menjadi freelance, ia juga sempat menjadi Editor Lifestyle di Liputan6.com

All Comments (0)

Related Posts

Insiders Program Challenge

Become The Shonet Insider!

Now anyone can become an insider, including you!