Lifestyle

Ini 5 Pelajaran yang Bisa Kamu Ambil dari Kesuksesan Kate Spade

By THE SHONET Empowerment  |   about 2 years ago
Ini 5 Pelajaran yang Bisa Kamu Ambil dari Kesuksesan Kate Spade

Kita mungkin sedih karena empat bulan lalu kita mendengar kabar duka dari seorang fashion designer, Kate Valentine Spade. Seorang wanita cerdas yang awalnya memulai karier sebagai fashion editor di kantor rumahan dan membangun brand dengan namanya hingga mencapai kesuksesan. Selama bertahun-tahun, dia tidak pernah berhenti belajar. Ia selalu berusaha lebih baik dan tidak cepat puas dengan hasil yang ia dapat.

Dari cerita di atas, kita dapat mengambil 5 pelajaran dari kesuksesan Kate Spade.

1. Yakin pada ide-idemu

Andy Spade dan Kate Spade

Kate pernah memiliki pemikiran bahwa dia harus bekerja sendirian ketika bekerja sebagai Accessories Editor untuk Mademoiselle Magazine. Ia melihat progres yang natural dari perannya dan menyadari bahwa dia tidak tertarik dengan menjadi seseorang yang bekerja di bidang fashion. Kemudian, kekasihnya, Andy Spade memberikan ide untuk memulai membuat bisnis handbag yang belum begitu banyak saat itu. Kate pun meyakini ide-ide yang ia miliki dan memberanikan diri untuk membuat brand dengan namanya. Bila ia waktu itu tidak yakin dengan ide-idenya, mungkin sekarang brand Kate Spade New York tidak akan pernah ada.

2. Jangan membiarkan ketakutan mengalahkanmu

Kate Valentine Spade

Kate pun menginvestasikan uangnya ke dalam bisnis, dan ketakutan akan kegagalan selalu menghantuinya, bagaimana pun dia bekerja keras. “Aku berkata, ini saatnya dihentikan” katanya. “Saya sangat konservatif, saya tidak tertarik jika kehilangan uang. Dan aku juga mengatakan kita sudah menghabiskan sebanyak $4000, itu dihabiskan untuk diri saya sendiri, kalian tahu, saya bukan penjudi.” Tapi dia mencoba bertahan sebentar dan mendapatkan hasil yang lebih banyak. Brand miliknya sudah tumbuh menjadi bisnis multi-juta dolar.

3. Capailah keseimbangan

Kate Spade, Andy Spade, dan Anaknya

Kate Spade akhirnya menjual bisnisnya karena ia ingin menghabiskan waktunya bersama anak perempuannya. Itu menjadi sangat penting baginya untuk menyeimbangi pekerjaan dan kehidupan pribadinya. “kami memiliki anak pada tahun 2005... Saya ingin pergi dengan keadaan yang baik. Momen tersebut adalah yang terbaik untuk meninggalkan bisnis saya,” katanya pada wawancara NPR tahun 2017 lalu.

4. Jangan takut untuk mencoba lagi

Kate Valentine Spade

Kate bukan orang yang hanya diam dan duduk saja. Setelah menjual Kade Spade,  Ia memulai bisnis baru dengan nama Frances Valentine, dan mengubah namanya menjadi Kate Valentine untuk legalitas. “Saya menikmati itu tapi di level yang berbeda. Saya memberanikan diri untuk memulai usaha baru, usaha yang tidak terlalu besar. Sebelum membuatnya, saya sempat ragu karena harus mulai dari  bawah lagi tapi saya melakukan ini karena saya tahu ini pasti akan menjadi sukses.” Katanya kembali dalam dunia bisnis setelah 10 tahun vakum.

5. Menjadi yang terbaik untuk dirimu sendiri

Kate Valentine Spade

Kate sangat yakin bila menjadi yang terbaik, dan jujur pada diri sendiri, dia akan mendapatkan kesuksesan. Dia mengatakan pada Glamour, “Jika kamu percaya dan yakin dengan apa yang kamu bisa, bukan hanya di dunia bisnis tapi di hidupmu, maka kamu akan mendapatkan kesuksesan. Saya berharap orang-orang mengingat saya bukan hanya sebagai perempuan pebisnis yang baik tapi sebagai teman yang baik, dan menyenangkan.”

Baca Juga: Artikel lainnya dari Zahra Aminati

Images: NY Daily News, theimpression.com, worldnews.guru, Wiki Biography, Business Insider, ABC News.

Itulah 5 pelajaran yang bisa kita ambil dari kesuksesan seorang Kate Valentine Spade yang walaupun telah meninggal dunia, tapi semua orang akan selalu mengenangnya sebagai sosok perempuan yang pintar dan sukses.

lifestyle
karier
life
katespade
pelajaranhidup
Written By
THE SHONET Empowerment

Your voice matters! Inspirasi seputar isu terkini dari politik hingga sosial dari sudut pandang perempuan.

 

All Comments (0)

Related Posts

Insiders Program Challenge

Become The Shonet Insider!

Now anyone can become an insider, including you!