Beauty

Ini 5 Rekomendasi Makanan untuk Mengatasi Jerawat, Cobain Babes!

Ini 5 Rekomendasi Makanan untuk Mengatasi Jerawat, Cobain Babes!

Mengatur pola makan ternyata bisa membantu kamu mendapatkan kulit yang sehat dan bebas dari jerawat juga lho! Nggak percaya? Penelitian tahun 2010 yang diterbitkan melalui jurnal Skin Theraphy Letter menemukan fakta jika beberapa makanan yang kita konsumsi ternyata malah memperburuk kesehatan kulit.

Dampaknya pun nggak main-main, jerawat mulai tumbuh dan akan semakin parah seiring berjalannya waktu. Nggak mau kan itu kejadian sama kamu? Untuk itu cobalah atur kembali pola makan kamu dengan menambahkan lima jenis makanan berikut.

1. Konsumsi protein

Menu ikan
Source: food to love

Mengonsumsi makanan berprotein tinggi dan mengandung omega 6 bisa menyebabkan efek peradangan pada kulit. Untuk itu cobalah memberikan variasi pada menu makan sehatmu seperti memperbanyak porsi ikan. Kandungan omega 3 yang ada pada lemak ikan membantu mengurangi peradangan dan jerawat pada kulit.

2. Teh Hijau 

Teh Hijau
Source: Lifehack

Secara tidak langsung, kesehatan mental juga sangat mempengaruhi keadaan kulit. Tingkat stres yang cukup tinggi bisa menyebabkan kulit menjadi kusam dan produksi minyak yang berlebihan. Minum segelas teh hijau di sore atau pagi hari akan membantumu rileks karena teh hijau mengandung antioksidan yang cukup tinggi.

 3. Makanan dengan zinc

Oyster
Source: Manettas

Zinc atau biasa kita kenal dengan sebutan seng adalah salah satu mineral yang dipercaya dapat mengurangi efek jerawat. Tiram adalah salah satu sumber makanan yang memiliki mineral ini, kamu bisa mencoba mengkonsumsinya. Kamu juga bisa mengombinasikan dengan sayuran yang dikukus, dicampur dengan salad, atau labu pangang.

4. Buah dan sayur

Buah dan sayur
Source: Unsplash

Sudah menjadi rahasia umum jika kombinasi buah dan sayur adalah penyelamat kita dari racun di dalam tubuh. Kandungan betakaroten dan anti-inflamasi bisa didapatkan dari buah dan sayur. Keduanya dapat membantu membuang semua kotoran dan racun di dalam tubuh sehingga kadar minyak kulit bisa normal kembali. Efeknya jerawat di kulitmu semakin lama semakin berkurang.

5. Sumber probiotik

Yogurt
Source: Unsplash

Peradangan usus karena stres sering terjadi di beberapa kasus, dalam studi pada tahun 2011 ditemukan fakta bahwa peradangan kemungkinan bisa menjalar ke seluruh tubuh. Efek jangka panjangnya akan menyebabkan jerawat di kulitmu akan semakin parah. Coba kamu masukan yogurt, kefir, dark chocolate, sup miso, acar, tempe, kimchi, dan teh kombucha dalam menu sehatmu sebagai sumber probiotik alami.

Baca Juga: 5 Camilan Ini Cocok untuk Kamu yang Sedang Diet dan Ingin Perut Rata!

Itu dia 5 makanan sehat yang juga berguna untuk kecantikan dan mampu membantu mengatasi jerawat. 

Sofi Kumala Fatma
Sofi Kumala Fatma

THE SHONET JULY 2019 - SELF LOVE

The Shonet Rilis Edisi July The Shonet Monthly Issue! Simak Preview-nya!