Become The Shonet Insider!

Lifestyle

Ini Alasan Kenapa Kegagalan Justru Akan Membantu Kesuksesan Karirmu

By Ditriana Rahmianti  |   about 2 months ago
Ini Alasan Kenapa Kegagalan Justru Akan Membantu Kesuksesan Karirmu

Apakah kamu pernah merasakan momen kegagalan dalam karier atau mungkin belum mengalaminya tapi takut akan hal itu terjadi? You know what? Adanya kegagalan justru bisa membawa perjalanan karirmu lebih luar biasa! Ini dia alasanya, Babes. 

1. Bikin kamu lebih menghargai keberhasilan

The Intern/ Waverly Films

Ada kegalalan di balik kesuksesan. Memang benar adanya. Banyak kisah orang sukses yang mengalami jatuh bangun beberapa kali, bisa jadi faktor dari lingkungan kerja atau di luar lingkungan tersebut. Tapi masalah-masalah tersebut nggak menjadi penghalang mereka untuk bangkit dari keterpukuran. Berkat kegagalan-kegagalan tersebut, akhirnya mereka pun lebih menghargai makna kesuksesan setelah mencapai keberhasilan karirnya.

2. Meraih potensi kamu

The Intern/ Waverly Films

Untuk mencapai potensi terbaik kamu, memang harus tidak takut menghadapi kegagalan. It means you have to push yourself more. Seperti para inventor atau penjelajah yang sukses mendapatkan apa yang mereka inginkan, karena percaya kegagalan bukan bagian dari akhir perjalanan meski harus melalui banyak risiko. Seperti kata John C. Maxwell dalam bukunya Failing Forward: Turning Mistakes into Stepping Stones for Success, bahwa untuk mencapai tujuanmu harus berani mengambil risiko. 

3. Membantumu berkembang lebih baik

The Intern/ Waverly Films

Belajar dari kegagalan, yep, mereka yang sukses akan belajar dan mengambil sisi positif dari kegagalan tersebut. Tidak hanya menggerutu dan menanggapi secara negatif. Dengan kamu belajar dari kegagalan justru membuatmu membantu berkembang lebih baik. Bisa jadi dengan cepat atau perlahan tapi pasti.

4. Membangun sikap positif

The Intern/ Waverly Films

Seperti yang dilansir success.com, kegagalan justru bisa membuatmu bersikap positif di kemudian hari. Karena kamu pernah pengalaman buruk, kamu pasti ingin mencegah hal tersebut terjadi lagi. Maka itulah kamu akan melakukan sikap yang lebih baik. Orang yang awalnya selalu bersikap atau berpikir negatif bisa jadi berubah positif untuk memulai lembar baru tersebut.

5. Guru terbaik

The Intern/ Waverly Films

Istilah ini paling sering kamu dengar ketika berhubungan dengan sebuah kegagalan. Kegagalan bisa menjadi guru terbaik untuk karir kamu. Menurut BusinessWeek, banyak perusahaan yang mencari karyawan dengan track record yang tidak hanya pengalaman sukses tetapi juga kegagalan. Karena perusahaan-perusahaan tersebut percaya kalau mereka yang bisa survive dalam kegagalan adalah orang-orang tekun.

Baca Juga: Takut Akan Kegagalan? Kamu Harus Tahu 4 Hal Ini Biar Lebih Percaya Diri!

image: The Intern/ Waverly Films 

Gimana? Udah tahu kan manfaat kegagalan untuk kariermu nanti, Babes?

kantor
sukses
karier
work
officelife
Written By
Ditriana Rahmianti

Pernah menjadi reporter magang di majalah Reader’s Digest Indonesia, lalu mendalami gaya hidup perempuan dengan menjadi reporter majalah Kartini selama 3,5 tahun. Kini memutuskan menjadi pekerja digital sebagai content editor untuk berbagai website di perusahaan agensi digital dan sedang mempelajari strategi SEO untuk website. Buku, budaya, dunia perempuan, dan jalan-jalan adalah hal yang disukainya.

All Comments (0)

Related Article

The Shonet Lookbook

Insider Program Challenge

Become The Shonet Insider!

Now anyone can become an insider, including you!