Lifestyle

Ini Do dan Dont's Jika Ingin Sehat Setiap Hari Dalam Seminggu Penuh

By Tania Natalin  |   over 2 years ago
Ini Do dan Dont's Jika Ingin Sehat Setiap Hari Dalam Seminggu Penuh

Tekanan hidup dan banyaknya kegiatan yang harus dilakukan seseorang membuat kita terkadang lupa untuk hidup sehat. Andy Bellatti, seorang dietitian dan nutritionist menyarankan tips berikut ini agar kamu bisa sehat setiap hari, sepanjang minggu tanpa harus bersusah payah.

Do: Air putih

Pexels

Air putih adalah benda penting, air mengatur setiap bentuk sel di dalam tubuh. Jika tidak cukup minum air putih, sel-sel di dalam tubuh akan terus mengerut. Tinggalkanlah soda dan minuman mengandung gula lainnya untuk tubuh yang lebih sehat!

Don't: Juice

pexels-photo-775030
pexels-photo-775030

Jika kamu ingin melakukan detoks dan juice cleansing, kamu harus berpikir ulang. Hanya meminum air, jus, dan cairan lainnya akan mengakibatkan lonjakan dan penurunan kadar gula darah. Perubahan mood pun akan terjadi dengan cepat. Padukanlah jus dengan makanan sehat agar tetap memenuhi kebutuhan nutrisi setiap hari.

Do: Sodium

pexels-photo-64613
pexels-photo-64613

Kebanyakan makanan kemasan dan makanan yang dijual di luar mengandung sodium, dan tentu hal itu tak baik bagi tubuh. Sodium menahan air di dalam tubuh, jadi ada baiknya jika kamu mengonsumsi makanan sehat yang bebas sodium, atau minim sodium.

Don't: Menghindar

pexels-photo-724300
pexels-photo-724300

Berhenti makan sesuatu atau menghindarinya juga tak baik bagi tubuh. Misalnya saja, kamu tidak makan nasi sama sekali, hal itu bisa membuat tubuh mengganti fungsi nasi dengan bahan lain di dalam tubuh. Dan hal ini tentu tak baik, juga bisa membuat kamu kekurangan nutrisi.

Do: Serat

pexels-photo-8691

Sayur segar seperti brokoli dan yang hijau-hijau lainnya mengandung banyak serat. Di dalamnya juga ada vitamin, mineral, dan nutrisi hebat lainnya. Kamu harus mengonsumsi yang seperti ini tiap hari agar selalu sehat. Real food seperti buah dan sayur asli adalah makanan yang terbaik, dan kaya serat, yang harus kamu konsumsi agar selalu sehat.

Don't: Obat

pexels-photo-860378 (1)

Minimalisasi atau hilangkanlah penggunaan produk kesehatan dalam bentuk kemasan atau obat-obatan yang sudah ditabletkan atau dikapsulkan. Mengonsumsi buah dan sayur asli jauh lebih baik untuk tubuh. Hal ini karena obat dalam bentuk kapsul atau pil akan memisahkan komposisi asli di dalamnya. Padahal hal itu sangat signifikan.

Do: Ukuran porsi

pexels-photo-461326

Ini juga sangat penting. Kamu harus memperhitungkan tiap porsi asupan yang kamu konsumsi tiap kali. Apakah porsi itu berlebihan atau tidak? Pakailah wadah yang kecil seperti piring atau mangkuk kecil untuk mengakali hal ini.

Don't: Kalori

Pexels

Setiap makanan punya kalori. Bahkan infused water dengan buah pun punya kalori. Karenanya, jangan terlalu fokus dengan kandungan kalori yang ada di dalam sebuah makanan. Jika terlalu fokus dengan kalori saja, hal ini akan membuat dirimu tidak memikirkan nutrisi lain di dalam sebuah makanan.

Do: Positif

pexels-photo-390403

Tanamkan pikiran positif dalam menikmati makanan. Hal ini akan menolongmu untuk tetap termotivasi dalam gaya hidup baru yang lebih baik. Lebih baik tidak melakukan diet, fokuslah pada kesempatan dirimu dan makanan sehat apa yang bisa kamu makan daripada yang kamu jauhi.

Don't: Keajaiban

intothegloss.com

Makan makanan sehat tak akan membuat tubuhmu langsing. Sebaiknya jangan berekspektasi terlalu tinggi akan sebuah keajaiban yang instan. Jadilah realistis dan tetap berpikir positif, lalu fokus akan hidup sehat, bukannya hanya ingin menurunkan berat badan.

lifestyle
foodie
foods
Written By
Tania Natalin

Tania saat ini bekerja di sebuah portal berita digital ternama di Jakarta dan spesialisasinya berupa konten viral, konten kreatif, serta berita lifestyle. Apa yang kamu lihat tentang tulisannya, hanya 5% tentangnya. Makanan enak adalah hal utama dalam hidup Tania dan lebih memilih menghabiskan waktu dengan melamun atau pergi ke museum.

All Comments (0)

Related Posts

Insiders Program Challenge

Become The Shonet Insider!

Now anyone can become an insider, including you!