Lifestyle

Ini Nih 6 Pekerjaan yang Akan dibutuhkan di Indonesia di Masa Depan

Ini Nih 6 Pekerjaan yang Akan dibutuhkan di Indonesia di Masa Depan
imdb

Mau tahu nggak Babes, pekerjaan apa saja yang di masa depan akan dibutuhkan banget di Indonesia? 

Siapa sih yang bakalan menyangka bahwa ponsel dengan layar full dan tidak ada tombol di depan akan populer sekarang ini? Mereka yang hidup pada pergantian tahun 1999 ke 2000 pasti ngggak menyangka itu. Sama seperti teknologi, pekerjaan juga akan mengalami perubahan yang cukup signifikan tentunya.

Siapa pula yang bakalan menyangka bahwa kita bisa dengan mudah memesan taksi atau ojek secara online yang ternyata bisa mematikan pekerjaan taksi dan ojek konvensional. Dari kasus ini, kita nggak ada yang menyangka bahwa pekerjaanmu yang sekarang mungkin akan tergantikan dengan pekerjaan yang baru dan belum kamu bayangkan sebelumnya. Mungkin ada yang hilang, atau mungkin ada yang bertahan.

Nah, agar kamu bisa mempersiapkan diri, di bawah ini ada 6 pekerjaan yang akan dibutuhkan di Indonesia di masa depan. Apa saja tuh?

1. Analis statistik

Pertimbangan sebelum resign
The Intern

Ketika kamu menggesekkan kartu untuk belanja, terus membayar belanja online, atau bahkan mengakses media sosial, kamu tahu nggak ternyata aktivitas kita itu tersimpan di gudang data yang sangat luas. Informasi data tersebut berupa statistik akan dijadikan bahan riset untuk pemasaran produk hingga pemetaan penduduk, lho! Oleh karena itu, analis statistik diprediksi akan menjadi pekerjaan yang dibutuhkan di masa depan, terutama di Indonesia yang saat ini masih menjadi negara berkembang. Pekerjaan ini akan dibutuhkan mengingat masih banyak orang yang tidak mau, tidak suka, dan tidak mampu bergelut dengan angka dan grafik yang membingungkan. Jadi, kamu yang menyukai angka, bisa siapkan dirimu untuk memelajari ini ya!

2. Ahli keamanan cyber

diakali atasan
Suits

Cyber crime atau kejahatan di dunia maya akan selalu ada dan selalu ada variasi dari tahun ke tahun. Semakin berkembangnya teknologi, juga banyak pula kejahatan di dalamnya. Para ahli komputer juga bisa memilih antara menjadi hacker yang bisa membobol data seseorang atau menjadi seseorang yang menjaga keamanan cyber. Pencurian data online ini tidak hanya terjadi pada data pribadi warga biasa lho. Data penting dan rahasia milik negara juga menjadi incaran para hacker. Pada saat itulah keamanan cyber dibutuhkan, bahkan akan lebih banyak dibutuhkan.

3. Insinyur Biomedis

Insinyur Biomedis

Perkembangan ilmu kesehatan dan ilmu pengetahuan sangat pesat. Selain isu senjata biologi di luar negeri, tentunya biomedis berperan penting dalam penemuan-penemuan penting mengenai teknik terbaik di dunia medis, seperti penciptaan organ artifisial. Siapa yang bisa sangka dulu orang yang harus diamputasi kakinya karena berbagai penyakit atau kecelakaan bisa memiliki kaki buatan yang mungkin di masa depan akan lebih terlihat alami. Dulu, mereka hanya sedih dan pasrah, tapi memiliki kaki pengganti bukan lagi sebuah mimpi. Jadi, insinyur biomedis pasti bakalan jadi profesi yang dibutuhkan di masa depan, kamu tertarik?

4. Pakar teknologi berkelanjutan

Pakar teknologi berkelanjutan

Selain isu kesehatan, ada isu lain yaitu soal teknologi berkelanjutan. Diperkirakan minyak bumi dan bahan bakar serupa akan hilang dari muka bumi ini karena eksploitasi yang berlebihan. Penggunaan bahan bakar yang diambil di alam juga dianggap merusak alam. Oleh karena itu, banyak ahli teknologi berkelanjutan mencoba mencari teknologi alternatif yang berkelanjutan dan ramah lingkungan. Pakar teknologi berkelanjutan pun akan sangat dibutuhkan dalam beberapa tahun mendatang. Mau ikutan mempelajari ini?

5. Ahli nutrisi dan kebugaran

Creaspic

Semakin gencarnya globalisasi dan berbagai macam makanan luar negeri yang masuk Indonesia, membuat banyak kandungan bahan makanan yang mungkin tidak bersahabat dengan tubuh. Maka, semakin ke sini semakin banyak orang yang sadar akan pentingnya kesehatan. Banyak yang mulai ikut lari maraton hingga fitness demi memiliki kesehatan jasmani yang baik. Tak lupa, ahli nutrisi dan kebugaran akan dicari-cari untuk diajak berkonsultasi dan bekerja sama untuk menciptakan produk kesehatan. Lulusan ahli gizi pun sudah tidak perlu lagi "salah jurusan" dengan menjadi pegawai bank atau marketing perusahaan online. Karena ilmu mereka tentunya sangat dibutuhkan di masa depan.

6. Ahli bahasa

Ahli Bahasa

Seperti yang sudah dikatakan, globalisasi sudah luar biasa mendunia dan membuat negara satu dan lainnya berasa seperti tetangga di samping rumah. Banyak perusahaan asing pula yang mendirikan usaha di negara lain, apalagi Indonesia sehingga nggak menutup kemungkinan banyak membutuhkan tenaga yang menguasai bahasa setempat. Oleh karena itu, ahli bahasa atau penerjemah akan dibutuhkan. Bukan hanya bidang swasta, dalam pemerintaahn pun ahli bahasa juga dibutuhkan untuk membantu membuat perjanjian bilateral maupun multilateral. Bahasa wajib yang mesti dikuasai adalah Bahasa Inggris dan Bahasa Mandarin. Nah, kalau kamu menguasai banyak bahasa, beruntunglah kamu!

BACA JUGA: Ini Lho yang Dilakukan Orang Sukses Menjelang Hari Senin!

Source foto: IMDb, Joshuahook.com, hastingworks.com, google.com, PXhere, myonlineclinic.com, Psychologies.com

Nah, itulah 6 pekerjaan yang akan dibutuhkan di Indonesia di masa depan, kamu minat yang mana?

Zahra Aminati
Zahra Aminati

THE SHONET MARCH ISSUE

The Shonet Rilis Edisi Perdana The Shonet Monthly Issue! Simak Preview-nya!