Beauty

Ini yang Perlu Kalian Ketahui Sebelum Menggunakan Deo Natural

By Nurul Ifadhah  |   almost 2 years ago
Ini yang Perlu Kalian Ketahui Sebelum Menggunakan Deo Natural

Tertarik untuk menggunakan deodoran natural? Ada beberapa hal yang perlu kalian ketahui sebelum menggunakannya! 

Ritual kecantikanmu mulai bermigrasi ke konsep green beauty, dan tertarik menggunakan segala produk kecantikan berlabel natural? You can go with your choice, babes because those are good for your skin and environment! 

Namun, dari sederet produk kosmetik yang kerap kita gunakan dalam ritual kecantikan harian ada satu produk yang perlu kita pelajari lebih dalam sebelum memutuskan untuk menggunakannya. It's our underarms' savior, deodorant.

Cosmopolitan.com

Satu hal yang perlu kalian pahami bahwa deodoran tidak sama dengan antiperspirant. Deodoran menggunakan bahan (misalnya, minyak esensial, mineral) untuk memblokir bau badan, sedangkan antiperspirant menggandalkan senyawa aluminium untuk menyumbat saluran dan menghentikan keringatmu. "Banyak orang yang ketika beralih ke deodoran beformulasi alami justru melaporkan peningkatan keringat, kemudian normalisasi tingkat keringat setelah beberapa hari atau minggu," kata dokter kulit Rachel Nazarian pada laman Cosmopolitan.

“Ini bukanlah periode pembersihan atau detoks. Namun, cara tubuh kamu mendapatkan kembali kemampuan berkeringat secara normal ketika menggunakan deodoran natural,” tambah doker Rachel. Kalau seperti yang disarankan, kamu hanya bisa memberikan waktu seminggu untuk membuktikan apakah tubuhmu mengalami normalisasi keringat pada masa penggunaan deodoran natural.

Ini dia beberapa hal yang perlu kamu perhatikan! 

Aplikasi Ulang

A Cup of Jo

Kamu tahu pepatah kuno: Jika pada awalnya kamu belum berhasil, maka coba, dan coba lagi? “Nah, ini juga berlaku untuk pemakaian deodoran natural,” kata Tara Pelletier, seorang pembuat deodoran natural dan salah satu pendiri skincare vegan bernama Meow Meow Tweet. Namun, sebelum melakukan  uji coba “chemistry” antara kamu dan deodoran natural, menggunakannya di siang hari merupakan hal yang sangat disarankan untuk medapatkan hasil terbaik — terutama jika kamu sedang stres, hormonal, atau berkeringat yang berlebihan.

Rawan Iritasi

5 Cara Mencerahkan Ketiak Hitam dengan Bahan Alami
SM Entertainment

Deodoran natural yang berformula bahan-bahan natural tidak menjamin kulitmu bebas iritasi, lho! Jika saat pemakaian deodoran natural kamu mengalami iritasi berupa benjolan, atau gatal, bias jadi kamu sensitif terhadap soda kue atau minyak esensial (terutama lavender, peppermint, dan tea tree) dalam campuran deo. "Baking soda memiliki pH yang berbeda dari kulit, sehingga beresiko mengganggu pelindung alami yang ada di dalam kulit" kata dokter kulit Joshua Zeichner yang juga disampaikan pada Cosmopolitan. Sementara itu, meskipun banyak minyak esensial memiliki sifat antibakteri  ketika diterapkan dalam konsentrasi tinggi untuk kulit ketiak yang tipis dan sensitif, mereka dapat menyebabkan iritasi atau kemerahan.

Solusinya, kamu bisa mencari deo natural dengan formula yang yang lebih lembut, seperti arang atau minyak kelapa ya babes.

Baca Juga: Deodorant Terbaik untuk Dipakai Sehari-Hari

Jadi babes, sudah siapkah kamu untuk menggunakan deo natural? Why not, right?! Selain formulanya lebih lembut di kulit, baju warna putih kamu dijamin bebas warna kuning lho pada bagian ketiaknya.

deodoran
fyi
greenbeauty
deodorannatural
deonatural
Written By
Nurul Ifadhah

Sejak 2008 Nurul memulai karirnya sebagai Media Relations di Datascrip dan terus mengembangkan praktisi humasnya di beberapa perusahaan lokal dan multinasional lainnya termasuk kantor biro jasa Humas. Ia juga pernah mencoba dunia jurnalistik di Majalah Marie Claire Indonesia sebagai Beauty Writer. Saat ini Nurul sedang mengambil program MicroMasters Marketing Digital di Curtin University Australia, dan bekerja sebagai Public Relations di Nujuh Bulan Yoga Studio & Childbirth Education Center. Guna terus mengasah kreativitasnya, Nurul gemar menulis cerita fiksi ataupun artikel kecantikan untuk beberapa media termasuk, The Shonet.

All Comments (0)

Related Posts

Insiders Program Challenge

Become The Shonet Insider!

Now anyone can become an insider, including you!