Fashion

Intip Perbedaan Tren Hijab Indonesia dengan Malaysia, Ternyata Beda Banget!

By Agestia Jatilarasati  |   about 2 months ago
Intip Perbedaan Tren Hijab Indonesia dengan Malaysia, Ternyata Beda Banget!
Doc. Buttonscarves

Meski bertetangga, ternyata gaya hijab wanita Indonesia dan Malaysia cukup berbeda. Hal ini seiring berkembangnya tren hijab yang berkembang di negara masing-masing. Nah, jika kalian penasaran, berikut beberapa perbedaan gaya berhijab wanita Indonesia dan Malaysia.

Tipe Hijab

Doc. Buttonscarves

Pertama, jika dicermati, wanita Malaysia lebih menyukai hijab bertipe pashmina. Mereka akan melilit pashmina di kepala untuk menutupi rambut dan kepala dengan berbagai model mulai dari turban hingga gaya hijab pashmina kekinian.

Berbeda dengan Malaysia, wanita Indonesia lebih menyukai tipe hijab segi empat atau square hijab. Hal ini karena wanita Indonesia lebih menyukai gaya hijab klasik yang lebih mudah untuk digunakan.

 

Bahan Hijab

Doc. Buttonscarves

Tak hanya tipe hijab, bahan hijab yang disukai wanita Indonesia dan Malaysia pun berbeda. Jika wanita Indonesia menyukai bahan hijab voal yang nyaman dan mudah dibentuk maka wanita Malaysia lebih menyukai bahan hijab satin silk yang terlihat mewah.

“Mereka (wanita Malaysia) sangat menyukai bahan satin silk karena terlihat agak shiny dan memberi kesan luxurious,” terang Linda Anggrea selaku Creative Director Buttonscarves.

 

Mulai Beradaptasi  

Doc. Buttonscarves

Meski tren dan kebiasaan menggunakan hijab pada wanita Indonesia dan Malaysia berbeda, tetapi Linda yang baru saja membuka gerai pertama Buttonscarves di Malaysia ini menerangkan bahwa wanita Malaysia mulai beradaptasi dan menyukai menggunakan hijab segi empat layaknya wanita Indonesia.

“Jadi kita memperbanyak koleksi hijab model pashmina dan berbahan satin silk mengikuti tren di Malaysia. Tetapi kita juga tetap produksi hijab segi empat karena kini hijabers Malaysia juga mulai menggunakan square hijab,” terangnya saat melakukan virtual press conference Buttonscarves pada Jumat lalu.

 

Meski tren dan kebiasaan berhijab wanita Indonesia dan Malaysia berbeda, tetapi akulturasi budaya di bidang modest fashion membuat tampilan wanita Muslim menjadi semakin beragam

 

hijab
malaysia
pashmina
buttonscarves
jilbabpersegi
Written By
Agestia Jatilarasati

Halo! Aku Agestia. Si INFP Leo women ini adalah content writer yang mengampu kanal The Shonet Viral. Sebelumnya, Ages bekerja sebagai reporter lifestyle di Tabloid Bintang Indonesia dan Aura. Welcome to my page and nice to meet you all <3

 

All Comments (0)

Related Posts

Insiders Program Challenge

Become The Shonet Insider!

Now anyone can become an insider, including you!