LIFESTYLE   |   19 OCTOBER 2018

Jadi Lebih Baik, Yuk! Ini 4 Trik untuk Tingkatkan Kedisiplinan Dirimu

Jadi Lebih Baik, Yuk! Ini 4 Trik untuk Tingkatkan Kedisiplinan Dirimu

Kedisiplinan diri memang bukan hal yang mudah didapatkan, dan banyak orang yang masih menyepelekan datang lebih awal ketika masa kuliah atau sering datang ngaret ketika janjian bersama teman-teman.

Kamu tahu nggak, hal tersebut terjadi karena tingkat kedisiplinan diri kamu yang rendah. Kamu tidak begitu memedulikan kedisiplinan di hidupmu. Padahal, dengan kedisiplinan diri, kamu bisa mengerjakan hal seperti olahraga dengan rutin, stop makan makanan berminyak, atau bahkan datang ke kantor lebih pagi.

Tenang, kamu masih bisa meningkatkan kedisiplinan dirimu dengan 4 trik di bawah ini!

1. Atur stres dalam otakmu

Erin Brockovich

Dalam kasus ini, studi terbaru menyebutkan bahwa otak membutuhkan energi yang besar untuk mempertahankan kedisiplinan diri. Saat hormon stresmu meningkat, kadar gula darahmu akan menurun dan kamu tidak akan mau untuk mempertahankan kedisiplinan diri, seberapa keras pun kamu mencoba. Caranya, dengan menjauhkan hal-hal yang tidak ada sangkut pautnya dengan dirimu dan jangan terlalu memikirkan perkataan orang lain.

2. Utamakan pikiranmu untuk sukses

Erin Brockovich

Penelitian menunjukkan bahwa dengan melihat sesuatu hal, kamu akan ingin melakukan hal tersebut. Sebagai contoh, ketika kamu sedang browsing di dunia maya dan tak sengaja menemukan foto sebuah junkfood, kamu pun melihat gambar tersebut. Maka, kamu ada keinginan untuk makan juga makanan tersebut. Contoh ini menggambarkan bahwa sebuah gambar akan berpengaruh pada keinginan untuk mencapainya. Jadi, kalau kamu ingin meningkatkan kedisiplinan diri, kamu bisa liat teman-temanmu yang sudah sukses. Kamu secara otomatis pasti akan ingin meraih kesuksesan tersebut.

3. Ubah cara bicaramu

Erin Brockovich

Ketika kamu sedang diet, kamu pasti memiliah-milah makanan apa saja yang boleh masuk ke tubuhmu, menghitung semua kalori yang termakan, dan mencoba untuk membiasakan diri untuk makan-makanan yang sudah seharusnya dimakan. Dan ketika teman-temanmu mengajak makan malam dan menawarkanmu kue cokelat, kamu menjawabnya dengan “aku tidak bisa”. Hal tersebut akan berdampak pada dietmu. Tentu teman-temanmu akan mencoba untuk tetap menawarkan makanan tersebut. Caranya adalah mengubah kalimat “tidak bisa” menjadi “tidak mau”.

Kata “tidak mau” lebih baik daripada “aku tidak bisa. Ini dalam konteks menolak makanan dari teman, ya. Para peneliti mengatakan, 64 persen dari partisipan penelitian yang menggunakan “aku tidak mau” untuk menolak makanan dari teman akan diberikan cemilan sehat daripada cemilan cokelat. Sedangkan hanya 39 persen yang memilih “aku tidak bisa” memilih makanan yang lebih sehat.

4. Berilah pikiranmu sesuatu yang berguna

Erin Brockovich

Dalam upaya untuk mendapatkan yang diinginkan, orang-orang sering mengabaikan perubahan gaya hidup yang harus mereka lakukan. Olahraga dan nutrisi memiliki banyak manfaat untuk membentuk kedisiplinan diri. Makanan dapat membuat energi lebih banyak tersedia untuk otakmu dan lebih baik lagi untuk keinginanmu. Otakmu butuh energi yang membuat dirimu untuk menerapkan kedisiplinan dirimu. Jadi, kamu harus memberikan sesuatu yang berguna untuk otakmu, seperti makanan, dan bacaan motivasi untuk menjadi pribadi yang lebih baik.

Baca Juga: Perhatikan 5 Hal Ini Jika Ingin Dapat Penilaian yang Baik dari Big Boss

Source foto: film Erin Brockovich/Universal Pictures,Columbia Pictures Corporation,Jersey Films

Empat trik mudah ini bisa kamu terapkan untuk meningkatkan kedisiplinan dari dirimu, lho! Dengan begitu, kamu akan menjadi pribadi yang disiplin dan teratur.

Zahra Aminati
Zahra Aminati

LIFESTYLE   |   19 OCTOBER 2018