Lifestyle

Jangan Asal, Ini Cara Meminta Bantuan yang Baik di Kantor

By THE SHONET Empowerment  |   about 2 years ago
Jangan Asal, Ini Cara Meminta Bantuan yang Baik di Kantor

Ada kalanya kamu memerlukan bantuan dari rekan kerja ataupun atasan di kantor. Apalagi jika kamu baru saja bekerja di kantor tersebut dan banyak hal yang ingin ditanyakan.

Namun, jangan asal meminta tolong ya. Pahami cara-cara yang baik dan sopan untuk meminta bantuan pada rekan kerja di kantor berikut ini.

1. Coba selesaikan sendiri terlebih dahulu

Cara Meminta Bantuan yang Baik di Kantor

Sebelum kamu meminta bantuan dari orang lain, cobalah kamu selesaikan terlebih dahulu masalah yang kamu hadapi. Jangan sampai karena kamu malas mencoba lalu langsung meminta bantuan rekan kerja.

Coba cari semua solusi yang bisa kamu pikirkan. Kamu juga bisa mencari jawaban di Google terlebih dahulu. Kalaupun semua cara yang ada di otak kamu tidak berhasil, barulah kamu mencari bantuan.

2. Siapkan semua pertanyaan dan opsi yang telah kamu coba

Cara Meminta Bantuan yang Baik di Kantor

Setelah kamu sudah mencoba semua opsi yang ada di otakmu tapi masalah belum juga terpecahkan, kamu bisa meminta tolong pada rekan kerja ataupun atasan.

Jelaskan dengan singkat dan padat mengenai masalah yang dihadapi serta cara apa saja yang sudah kamu lakukan untuk menyelesaikan.

Tak hanya itu, siapkan berbagai pertanyaan mengenai hambatan yang kamu hadapi untuk ditanyakan kepada orang yang lebih berpengalaman.

3. Catat semua penjelasan dari atasan maupun rekan kerja

Cara Meminta Bantuan yang Baik di Kantor

Saat atasan maupun rekan kerjamu membantu menyelesaikan permasalahanmu, jangan lupa membuat catatan solusi dari mereka. Tak hanya mencatat, kamu bisa memfoto ataupun screen shot langkah-langkah yang mereka lakukan.

Kamu tidak akan tahu kapan hambatan yang sama akan datang lagi kepadamu. Dengan cara ini, kamu sudah siap nantinya jika mengalami masalah yang sama. Tentunya, rekan kerja akan lebih respect karena ia merasa kamu memperhatikan dengan baik saat ia menjelaskan.

4. Ucapkan terima kasih

Cara Meminta Bantuan yang Baik di Kantor

Hal paling terakhir namun terpenting adalah berterima kasih atas bantuan dari rekan kerjamu. Tak hanya lewat ucapan, kamu juga bisa mengungkapkan terima kasihmu dengan cara lain, seperti mentraktirnya makan siang.

Baca juga artikel lainnya dari Karra Okta

Rekan kerjamu akan tahu jika kamu menghargai waktu yang sudah ia sisihkan untuk membantumu. Tak hanya itu, pastinya akan senang membantumu lagi jika kamu ada masalah.

Images : Suits/Hypnotic, Universal Cable Productions, Dutch Oven
memintabantuan
carabaikmemintabantuandikantor
Written By
THE SHONET Empowerment

Your voice matters! Inspirasi seputar isu terkini dari politik hingga sosial dari sudut pandang perempuan.

 

All Comments (0)

Related Posts

Insiders Program Challenge

Become The Shonet Insider!

Now anyone can become an insider, including you!