Lifestyle

Jangan Pernah Menikah Kalau Kamu Tidak Punya 4 Keahlian Ini!

By Fera Nur Aini  |   about 3 years ago
Jangan Pernah Menikah Kalau Kamu Tidak Punya 4 Keahlian Ini!

Kata orang jama dulu, sebelum menikah perempuan harus ahli memasak, menata rumah, merawat anak, dan melayani suami. Lalu apa bedanya kita dengan asisten rumah tangga kita? Hanya pada tugas melayani suami secara seksual? Harusnya tidak! Keahlian ala jaman dulu itu hanyalah sebuah pandangan berdasarkan apa yang sudah menjadi budaya dalam masyarakat kita. Jauh di atas hal-hal itu, 4 keahlian ini justru lebih penting dan dibutuhkan dalam sebuah pernikahan.



Pernikahan akan melahirkan banyak masalah, ini benar karena menyatukan dua orang berbeda dalam satu kehidupan tidaklah mudah. Tapi menghadapi setiap masalah bersama-sama dengan sesungging senyuman tidaklah sulit. Kamu hanya butuh pemikiran yang positif. Keahlian ikut tertawa saat pasangan tertawa, menertawakan candaannya, mengapresiasi dengan senyum setiap kerja kerasnya, dan berterimakasih dengan wajah bahagia adalah hal-hal kecil yang seharusnya dilakukan dalam pernikahan.



Berbeda dengan anak-anak yang lebih sering menangis, merengek, marah, dan menggebu-gebu, mereka yang sudah menikah harusnya lebih dewasa dan tenang dalam bersikap. Saat sedang emosi kita tidak langsung marah atau sedih, tapi kita menundanya. Tarik nafas dulu, analisa dulu, berpikir tenang dulu, baru ambil keputusan untuk bersikap. Mengelola emosi seperti ini sangat dibutuhkan dalam sebuah pernikahan.



Yang tak bisa dihindari dan sering menjadi pemicu kerusakan sebuah pernikahan adalah konflik. Terkadang hanya gara-gara hal sekecil “kita mau makan apa?” bisa jadi pencetus konflik berkepanjangan. Kamu harus belajar untuk menjadikan jalannya dan jalanmu menjadi jalan kita, karena rumus pernikahan langgeng sebenarnya hanya itu. Kita tidak menempatkan diri pada pikiran kita sendiri.



Kelihatannya sederhana, tapi praktiknya tak semudah kelihatannya. Berkomunikasi adalah unsur penting dalam pernikahan bahagia. Ahli berkomunikasi bukan berarti ahli berbicara, tapi juga ahli mendengarkan. Saat pasangan berbicara kita tak boleh menghindar, tapi harus menyaringnya, sepahit apapun itu.


Sudahkah kamu memiliki 4 keahlian ini? Jika belum jangan galau minta jodoh dulu, tapi belajarlah memantaskan diri terlebih dulu :)

Written By
Fera Nur Aini

Freelance writer (CP: feranura@gmail.com)

 

All Comments (0)

Related Posts

Insiders Program Challenge

Become The Shonet Insider!

Now anyone can become an insider, including you!