Beauty

Jangan Sampai Tertipu Lagi, Hindari Bahan Kosmetik Mengandung Bahan Kimia Ini!

By Lemonilo  |   almost 2 years ago
Jangan Sampai Tertipu Lagi, Hindari Bahan Kosmetik Mengandung Bahan Kimia Ini!

Kosmetik mungkin jadi salah satu prioritas kamu dalam hidup ya, girls? Wanita dan kosmetik mungkin sulit sekali dipisahkan satu dengan yang lainnya. Bahkan, mereka yang tidak terlalu mahir dalam urusan kosmetik dan makeup, masih menyimpan beberapa jenis kosmetik sebagai perlengkapan mereka. Nggak heran, kosmetik membuat kamu menjadi sosok wanita yang terlihat lebih cantik dan menarik. Selain itu, kosmetik juga membantu banyak wanita terlihat lebih muda dari umur sebenarnya.

Sayangnya, masih banyak diantara kamu, para wanita, yang masih belum tahu soal kosmetik dan peralatan kecantikan wanita yang mereka gunakan nih. Bahkan, kamu sering  terjebak dengan harga kosmetik yang murah tanpa memikirkan bahan dan dampak yang ditimbulkan oleh kosmetik itu. Sebelum kamu terlanjut membeli kosmetik yang membahayakan dirimu sendiri, lebih baik kamu pahami dulu bahan berbahaya yang bisa saja muncul di kosmetik murah!

1. Parabens, Bahan Kimia yang Banyak Sekali Muncul Di Produk Kecantikan Wanita

Parabens, Bahan Kimia yang Banyak Sekali Muncul Di Produk Kecantikan Wanita
Source: Pexels

Tahu nggak sih, girls kalau parabens banyak sekali dimasukkan ke produk perawatan kecantikan wanita? Parabens banyak dimasukkan ke dalam produk kosmetik, body lotion, atau produk kecantikan lainnya untuk memberikan tekstur kental dan padat dari produk tersebut. 

Sayangnya, beberapa waktu lalu, banyak organisasi dunia, termasuk badan POM Amerika (FDA) membatasi dan melarang penggunaan parabens dalam produk-produk kecantikan. Pelarangan dan pembatasan ini bukan tanpa alasan. Parabens punya dampak yang tidak main-main, antara lain dapat menyebabkan kanker (terutama kanker kulit dan kanker payudara), memperlambat proses reproduksi, meningkatkan sensitivitas kulit terhadap sinar UV, dan mempercepat penuaan kulit.

2. Merkuri (Mercury), Bahan yang Mampu Menimbulkan Bahaya yang Mengerikan

Merkuri (Mercury), Bahan yang Mampu Menimbulkan Bahaya yang Mengerikan
Source: Pexels

Di Indonesia, beberapa tahun lalu, banyak diperbincangkan soal merkuri. Merkuri merupakan salah satu senyawa yang umumnya muncul di dalam limbah pabrik ataupun limbah pembuangan lainnya. Terpapar Merkuri baik dalam jumlah kecil ataupun banyak dapat memicu gangguan kesehatan.

World Health Organization (WHO) menyebutkan bahwa merkuri dapat membahayakan dan mematikan jika terpapar ke tubuh manusia. Pada jumlah yang kecil, merkuri dapayt menyebabkan kerusakan kulit, gangguan pencernaan, atau sakit kepala. Pada gangguan yang besar, merkuri dapat menyebabkan kanker, kesusakan sistem saraf, ataupun tumor.

3. Sodium Laureth Sulfate (SLES) / Sodium Lauryl Sulfate (SLS), Bahan yang Hanya Sementara Melindungi Kulit

Sodium Laureth Sulfate (SLES) / Sodium Lauryl Sulfate (SLS), Bahan yang Hanya Sementara Melindungi Kulit
Source: Pexels

Perdebatan sementara masih terjadi mengenai apakah kedua bahan ini memang tidak layak dan berbahaya untuk digunakan dalam produk kecantikan wanita. Ada yang mengatakan bahwa kedua bahan ini aman untuk digunakan dalam produk kecantikan. Untuk bahan yang satu ini, masih menjadi perdebatan apakah Sodium Laurate Sulfate (SLES) & Sodium Laureth Sulfate (SLS) ini berbahaya. Di satu sisi, SLES/SLS dapat membantu perkembangan kulit, namun jika dalam waktu yang lama, SLES/SLS dapat menyebabkan kerusakan organ tubuh yang lebih besar.

SLES/SLS ini banyak muncul di kosmetik atau produk kecantikan seperti body lotion, hair mask, ataupun shampoo. Penggunaan SLES/SLS bisa menyebabkan alergi pada kulit, kerontokan pada rambut, dan kerusakan kulit secara permanen jika digunakan dalam jangka waktu yang lama.

4. Pthalates, Bahan Pada Plastik yang Dimasukkan Di Produk Kecantikan Wanita

Pthalates, Bahan Pada Plastik yang Dimasukkan Di Produk Kecantikan Wanita
Source: Pexels

Perhatikan dengan cermat ketika kamu hendak memilih kosmetik! Jika ada pthalates, tentunya pikir-pikir lagi untuk membelinya. Pthalates ini umumnya digunakan untuk meningkatkan kelenturan pada produk-produk pada plastik. Melihat fakta ini tentunya membuat pthalates menjadi berbahaya untuk kulit. Dalam produk kecantikan, bahan ini dapat ditemukan dalam produk-produk seperti cat kuku, parfum, atau pada produk hair spray.

Dampak yang ditimbulkan oleh Pthalates tidaklah main-main karena dapat menyebabkan kanker payudara, pelambatan pertumbuhan payudara pada remaja, menghambat kesuburan dan disfungsi seksual, dan menyebabkan gangguan hormon di dalam tubuh.

5. BHA & BHT, Duo Bahan Terlarang yang Umum di Produk Kecantikan Wanita

BHA & BHT, Duo Bahan Terlarang yang Umum di Produk Kecantikan Wanita
Source: Pexels

BHA & BHT merupakan duo bahan terlarang yang umum terdapat produk kecantikan wanita. BHA & BHT merupakan kependekan dari Bulylated Hidroxyanisole (BHA) & Butylated Hydroxytoluene (BHT). Keduanya merupakan bahan berbahaya yang sering ditemukan dalam bahan pembuatan lipstik, moisturizers, sabun, foundation, dan eyeliners.

BHA & BHT merupakan senyawa kimia berbahaya yang jika digunakan dalam jangka waktu yang cukup lama dapat menyebabkan alergi, keracunan pada organ tubuh, dan gangguan kesuburan. Tak hanya itu, European Commission on Endocrine Disruption meletakkan BHA & BHT sebagai dua jenis bahan yang dpaat menyebabkan gangguan hormon dalam tubuh.

kecantikan
produkkecantikan
Written By
Lemonilo

Lemonilo merupakan pionir healthy lifestyle brand berbasis teknologi yang membuat berbagai produk sehat dan alami bersama-sama UKM Indonesia sebagai mitra produsen. Melalui Lemonilo.com, Lemonilo juga menawarkan produk-produk sehat & alami buatan mitra produsen yang bebas dari 100+ bahan berbahaya.

 

All Comments (0)

Related Posts

Insiders Program Challenge

Become The Shonet Insider!

Now anyone can become an insider, including you!