Beauty

Jerawat yang Meradang Bikin Gatal? Begini Cara Mengatasinya

By Mestika Safrini Nasution  |   about 2 years ago
Jerawat yang Meradang Bikin Gatal? Begini Cara Mengatasinya

Apakah kamu pernah mengalami jerawat yang sangat gatal? Hal ini bisa terjadi karena kulit wajahmu yang kotor, keringat berlebih hingga salah menggunakan produk perawatan wajah tertentu. Jerawat yang meradang juga bisa menjadi gatal sehingga saat digaruk justru dapat menyebabkan iritasi dan menyebar semakin banyak. So, biar kondisi wajahmu yang berjerawat nggak semakin parah, cek cara mengatasinya berikut ini.

1. Rutin mencuci wajah

Coveteur.com

Kondisi kulit wajah yang kotor dapat menyebabkan jerawat lebih mudah timbul dengan cepat. Nggak jarang jerawat semakin meradang dan menimbulkan rasa gatal. Sebab itu, kamu harus rajin mencuci wajah setiap hari menggunakan sabun pembersih wajah yang memiliki formula lembut dan tanpa pewangi, seperti Cetaphil Gentle Skin Cleanser.

Berdasarkan survey dari 364 anggota Home Tester Club (HTC) Indonesia pada Januari 2018, 99% perempuan Indonesia setuju bahwa Cetaphil Gentle Skin Cleanser lembut di kulit. Selain itu, produk ini juga tanpa alkohol dan mengandung banyak air, sehingga sangat aman digunakan untuk kulit yang berjerawat.

2. Gunakan obat jerawat yang tepat

Atasi jerawatmu yang terasa gatal dengan menggunakan obat jerawat yang tepat. Sesuaikan juga obat jerawat dengan kondisi kulitmu agar nggak menimbulkan reaksi alergi. Pilihlah obat jerawat yang memiliki label hypoallergenic dan non-comedogenic. Selain itu, pastikan juga kamu memilih obat jerawat tanpa alkohol serta oil-free yang dapat mengatasi minyak berlebih pada wajah.

3. Hindari memencet jerawat

Meskipun terasa sangat gatal, jangan sesekali menyentuh atau memencet jerawat dengan tangan yang kotor. Karena hal ini justru akan membuat kondisi jerawat semakin meradang dan menyebar dengan cepat. Sebaiknya, cuci tanganmu terlebih dahulu sebelum menyentuh wajah ketika akan mengaplikasikan obat jerawat atau membersihkan wajah.

4. Jaga asupan makanan

pexels

Untuk menghindari jerawat semakin parah, sebaiknya kamu perlu memperhatikan asupan makanan yang masuk ke dalam tubuh. Hindari makanan-makanan pemicu rasa gatal pada kulitmu, seperti seafood atau makanan pedas dan berlemak. Perbanyak konsumsi makanan yang mengandung vitamin dan mineral serta minumlah air putih sebanyak 8 gelas atau 1,5 liter dalam sehari.

beauty
kecantikan
cetaphil
tips
jerawat
kulitwajah
perawatanwajah
Written By
Mestika Safrini Nasution

Mestika aktif di dunia print media sejak lulus bangku kuliah. Tahun 2010 adalah awal karir ia sebagai Fashion Stylist di majalah Cita Cinta, lalu di tahun 2011 ia pindah ke majalah Gadis sebagai Senior Editor Fashion & Beauty hingga tahun 2016. Sebelum memutuskan menjadi freelance, ia juga sempat menjadi Editor Lifestyle di Liputan6.com

All Comments (0)

Related Posts

Insiders Program Challenge

Become The Shonet Insider!

Now anyone can become an insider, including you!