Beauty

Kalau Kamu Pernah Mengalami Ini, Girls... Hormon Tubuhmu Sedang Tidak Teratur!

By Lemonilo  |   almost 2 years ago
Kalau Kamu Pernah Mengalami Ini, Girls... Hormon Tubuhmu Sedang Tidak Teratur!

Sudah bukan rahasia ya kalau kamu harus menjaga tubuhmu untuk tetap sehat dan aktif. Bukan cuma merawat kecantikan tubuh luar, kamu juga harus merawat organ-organ tubuhmu agar dapat menjalankan aktivitas dengan baik. Diantara beberapa hal yang harus kamu jaga, hormon tubuh harus selalu kamu jaga dengan baik.

Hormon tubuh kamu mengontrol kesehatan fisik dan mental diri kamu. Hormon yang baik bisa membuat kamu merasa bahagia, sedih, takut, atau menantang pada tempatnya. Kalau kamu merasa mood terus berubah-ubah, wah, kamu harus hati-hati tuh! Bagaimana sih tandanya kalau hormon tubuh wanita sedang bermasalah atau tidak seimbang? Nah, cobalah perhatikan tanda-tanda hormon tubuh tida seimbang berikut ini!

1. Berat Badan Naik Secara Drastis

Sebagai wanita, pastinya kamu pengen dong ya mempunyai tubuh yang langsing dan berat badan yang ideal. Wanita yang hormon tubuhnya baik akan punya siklus berat badan yang pas. Jika makan sedikit, berat tubuhnya tidak naik secara signifikan. Namun, kalau kamu mengalami berat badan yang naik secara drastis, itu tandanya hormon tubuhmu sedang tidak seimbang. Coba deh perbaiki gaya hidupmu dengan tidur cukup dan menjalani diet semisal diet ketogenik

2. Haid Tidak Teratur 

Wanita normal akan mengalami haid yang teratur setiap bulannya. Walaupun tanggalnya kemungkinan bisa berubah, paling tidak ia akan selalu mengalami haid tiap bulannya. Bagaimana jika kamu tidak teratur haidnya? Wah, hanya ada 2 kemungkinan. Kamu sedang hamil atau hormon tubuhmu sedang tidak baik. Hal ini diakibatkan jumlah hormon estrogen dan pregesteron yang tidak seimbang. Kedua hormon ini memicu teraturnya haid pada tubuh kamu. Jika ada salah satu hormon yang tidak seimbang, kamu bisa saja mengalami haid yang tidak teratur.

3. Susah Tidur (Insomnia)

Insomnia kadang bisa jadi tanda kalau hormon di dalam tubuhmu sedang terganggu, girls! Hormon Progesteron yang dilepaskan oleh ovarium dapat membantu kamu mengantuk dan tidur lelap. Nah, kalau kamu kekurangan hormon ini, bisa jadi kamu akan sulit tidur ketika malam tiba. Hasilnya, kamu akan merasa lelah dan ngantuk ketika menjalankan aktivitas. Nggak heran kalau penampilan kamu malah kurang stand out karenanya.

4. Gampang Lelah 

Kamu sering merasa lelah belakangan ini? Waspadai segera. Mungkin, kamu butuh istirahat cukup untuk kembalikan energi dan metabolisme kamu seperti semula. Di sisi lain, kamu patut curiga kalau hormon tubuhmu sedang tidak baik jika kamu terlalu sering lelah. Hal ini diakibatkan oleh jumlah hormon tiroid yang sangat sedikit di dalam tubuh. Hormon ini membantu memberikan kamu energi untuk beraktivitas. 

5. Perubahan Pada Bentuk Payudara

Jika kamu jeli pada tubuhmu, kamu akan mendapatkan tanda bahwa hormon tubuhmu sedang tak seimbang dari bentuk payudaramu. Hormon estrogen yang tepat membuat payudaramu terlihat lebih kencang dan padat. Nah, hal inilah yang buat payudara kamu jadi terasa kendur dan kurang padat. Tak hanya itu, kekurangan homon estrogen dapat menyebabkan benjolan pada payudara juga lho!

6. Pertumbuhan Jerawat yang Tak Wajar Pada Wajah 

Jerawat memang jadi tanda awal bagi kamu mencapai usia pubertas. Biasanya, wajah kamu akan banyak ditumbuhi jerawat kecil maupun besar. Namun, kalau ada jerawat yang sering muncul di tempat yang tidak seharusnya atau waktu pubertas yang sudah lewat, bisa jadi kamu sedang mengalami ketidakseimbangan hormon. Ini dikarenakan kelebihan hormon Androgen (hormon "laki-laki" pada perempuan) yang menyebabkan kelenjar minyak bekerja dengan sangat keras. Hasilnya, jerawat muncul dimana-mana. 

7. Mood Swing & Depresi

Nah, ini dia nih yang sering dialami oleh wanita. Mood swing bukanlah karakter kamu lho, girls! Mood Swing diakibatkan oleh kurangnya hormon estrogen yang mengontrol perasaan dan emosi dirimu, seperi marah, sedih, atau senang. Selain itu, mood swing juga disebabkan kurangnya hormon dopamin, serotonin, dan adrenalin pada jumlah yang tidak seimbang.

Apakah kamu pernah merasakan salah satunya, girls?

kecantikan
wanita
kesehatan
kesehatanwanita
Written By
Lemonilo

Lemonilo merupakan pionir healthy lifestyle brand berbasis teknologi yang membuat berbagai produk sehat dan alami bersama-sama UKM Indonesia sebagai mitra produsen. Melalui Lemonilo.com, Lemonilo juga menawarkan produk-produk sehat & alami buatan mitra produsen yang bebas dari 100+ bahan berbahaya.

 

All Comments (0)

Related Posts

Insiders Program Challenge

Become The Shonet Insider!

Now anyone can become an insider, including you!