Lifestyle

Kalau Merasakan 5 Hal Ini, Artinya Kamu Terlalu Tergantung Pada Pasangan!

By Fera Nur Aini  |   a month ago
Kalau Merasakan 5 Hal Ini, Artinya Kamu Terlalu Tergantung Pada Pasangan!

Hubungan yang sehat terjadi jika dua orang tumbuh bersama, bukan bergantung satu sama lain, Babes! Jika hubungan yang kamu jalin bertujuan untuk menemukan seseorang yang cocok, maka tak seharusnya kamu mengorbankan banyak hal karena takut kehilangan dia. Apapun yang kamu lakukan harus atas persetujuan pasangan dan kebahagiaannya kamu tempatkan di atas kebahagiaanmu. Jika ini terjadi, artinya kamu bergantung pada pasanganmu dan hubunganmu bukanlah hubungan yang sehat. Apa saja ciri-cirinya?

1. Tidak bisa berkata tidak 

Gossip Girl/CW/Alloy Entertainment
 

Apapun yang diminta pasanganmu selalu kamu mengiyakan meski sebenarnya kamu tidak bisa atau tidak setuju. Sebuah hubungan yang sehat harusnya menitikberatkan pada kompromi, bukan kepentingan salah satu pihak. Jika kamu terus-menerus melakukan ini lama-lama kamu hanya akan 'makan hati'. Ingat, mengatakan tidak bukanlah sesuatu yang egois dan kejujuran adalah prioritas utama dalam sebuah hubungan. Kita hanya cukup tahu batasannya saja agar tidak saling menyakiti.

2. Terus merasa cemas

Gossip Girl
 

Kecemasan terjadi pada seseorang yang hidupnya dipenuhi oleh persetujuan orang lain, bukan diri sendiri. Kamu terus dikendalikan oleh pasangan atas emosi yang bergejolak dalam dirimu sehingga rasa cemas atau panik muncul. Akibatnya kamu jadi insecure. Mulailah berani mengungkapkan apa yang kamu rasakan, buang pikiran negatif, dan jika kamu merasa masih belum cukup kuat untuk berbicara, hindarilah dia dengan menyibukkan diri.

3. Berusaha mengubah diri

 

Demi kebahagiaan pasangan, kamu rela mengubah dirimu sesuai keinginannya. Entah itu dalam masalah religiusitas, moral, ataupun segi kehidupan yang lainnya. Padahal perbedaan adalah keunikan yang harus kita pertahankan dalam sebuah hubungan dengan menjunjung tinggi rasa saling menghargai. Prioritaskan dirimu sendiri terlebih dahulu, tempatkan ia hanya sebatas sebagai penasihat saja, tidak lebih.

4. Tidak punya me time

Gossip Girl/CW/Alloy Entertainment
 

Semua waktu luang kamu habiskan bersama pasangan karena ia kamu anggap makhluk paling penting padahal ia tak berbuat sebaliknya. Jika sifatmu ini sulit dikendalikan, cobalah dengan memulai sebuah hobi baru yang akan menambah kesibukanmu. Tantanglah dirimu dengan aktivitas baru yang dapat menjauhkanmu sementara dari memprioritaskan dia semata. Me time itu perlu, Babes!

5. Meminta maaf tanpa kesalahan

Gossip Girl
 

Selalu mengalah, meskipun kamu tidak merasa bersalah kamu mau meminta maaf duluan dan itu selalu terjadi. Hal ini dapat membuat ia merendahkanmu dan memandangmu sebelah mata karena tak memilii kekuatan. Ia juga akan menyepelekan hakmu karena ia menganggap kamu terlalu penurut.

Baca Juga: Menurut Ilmuwan, Pasangan yang Sering Bertengkar adalah Pasangan yang Saling Mencintai

Images: Gossip Girls / CW Entertainment

Cinta sejati mungkin tak masalah jika mengalah tapi itu tak seharusnya terjadi terus-menerus. Cinta sejati juga berbicara tentang rasa nyaman, tenang, dan bahagia! Jika kamu tak merasakannya kamu hanya sedang menggantungkan dirimu pada pasanganmu saja, bukan membangun hubungan yang sejati. 

relationship
tipspercintaan
1 Like
Written By
Fera Nur Aini

Ia memilih untuk meninggalkan kehidupan kantor dan menjalani keseharian sebagai penulis lepas. Fera memiliki keahlian menullis tentang karier, asmara, hiburan, pernikahan, juga lifestyle di berbagai media digital. Di waktu senggang kini Ia gunakan untuk menyelesaikan novelnya.

All Comments (1)
Meisya Kristin5 months ago
Wah untung aja

Related Article