Lifestyle

Kamu Berada di dalam Hubungan yang Beracun? Kenali 5 Tanda Ini Agar Tidak Menjadi Budak Cinta

By Zahra Aminati  |   almost 2 years ago
Kamu Berada di dalam Hubungan yang Beracun? Kenali 5 Tanda Ini Agar Tidak Menjadi Budak Cinta

Jadi bahagia itu tentunya keinginan semua orang kan, Babes? Tapi berada dalam hubungan yang beracun nggak akan membuat kalian bahagia! Kenali 5 tanda ini agar kalian nggak jadi budak cinta. 

Bagaimana caranya kamu mengatakan pada pasanganmu bahwa kalian peduli satu sama lain? Sangat tidak menyenangkan ketika kita terlibat hubungan dengan pasangan tapi hubungan tersebut beracun, kan?

Maksudnya seperti apa? Kamu harus kenali 5 tanda hubungan beracun ini agar tidak menjadi budak cinta.

1. Mereka mengisolasimu

Mood of The Day

Monica Parikh dari School of Love NYC mengatakan bahwa dalam hubungan beracun, pasanganmu mungkin mencoba mengisolasimu dari teman, keluarga, dan semua yang kamu sukai. "Mereka mungkin tidak menyukai sahabatmu. Mereka bahkan mungkin mengeluh ketika kamu terlalu sering membicarakan keluargamu," kata Parikh. "Tujuannya adalah mengisolasimu dari jarngan dan dukunganmu, menjadikanmu sasaran empuk manipulasi dan pelecehan emosional." Jika kamu merasa terisolasi dalam hubungan karena tindakan pasanganmu, inilah saatnya mempertanyakan hubunganmu dengannya.

2. Mereka menguntitmu

Mood of The Day

"Pasangan pengendali mungkin merasa berhak untuk memiliki akses ke email, telepon, atau riwayat internetmu," Parikh menjelaskan. Namun, hal-hal ini bukan urusan pasanganmu. Kamu berhak atas privasimu. Jika pasanganmu mencoba untuk mendapatkan akses penuh ke semua akun pribadimu, ini hanyalah cara lain untuk membekap dan mengendalikanmu. Ini bukan perilaku hubungan normal, tidak peduli apa kata pasanganmu atau seberapa buruk mereka membuatmu harus mengatakan tidak kalau memang menurutmu itu adalah privasi.

3. Mereka memanipulasi kamu

Mood of The Day

Kali Rogers, pendiri Blush Online Coaching mengatakan bahwa gaslighting, atau tindakan pasanganmu menyalahkanmu atau membuatmu merasa gila karena perilaku buruk hubungan mereka sendiri adalah bentuk dari hubungan beracun. "Misalnya, jika seseorang dalam suatu hubungan merasa terluka oleh tindakan orang lain, alih-alih meminta maaf, pasangannya malah mengatakan, 'Kamu terlalu sensitif' atau 'Kamu tidak pernah mengerti apa yang terjadi di depanmu', kanya. "Ini adalah taktik yang sangat manipulatif yang harus segera diselesaikan dan jika terlalu parah bisa menjadi alasan untuk mengakhiri hubungan. Kalau pasanganmu sering melakukan kesalahan dan membuatmu seolah yang melakukannya, lebih baik tinggalkan.

4. Kamu membuat alasan untuk kelakuan mereka

Mood of The Day

Dr. LeslieBeth Wish dari lovevictory.com mengatakan bahwa jika kamu membuat alasan untuk membenarkan perilaku orang lain, kamu mungkin berada dalam hubungan yang beracun. "Dalam hubungan yang sehat, kamu tidak membuat alasan untuk diri sendiri atau orang lain tentang pasanganmu," jelasnya. Namun, jika kamu terus-menerus menutupi kesalahan pasnagnamu yang lebih bahaya ini bisa jadi pertanda sesuatu yang lebih serius.

5. Kamu kurang mandiri

Mood of The Day

Rogers juga mengatakan bahwa kurangnya otonomi dan kemandirian dalam suatu hubungan juga merupakan tanda hubungan beracun. "Memiliki otonomimu sendiri sangat penting untuk tidak hanya kebahagiaan dirimu tapi juga hubunganmu." Dia melanjutkan, "Mampu menikmati momen pribadimu bersama teman dan keluarga sangat penting untuk memiliki identitasmu sendiri dan mempertahankan kemaandirianmu sementara dapat membuatmu kuat." Jadi Jika, kamu berurusan dengan pasangan yang senang mengendalikan, mencekik, atau cemburuan, berarti kamu sedang terjebak dalam hubungan beracun.

BACA JUGA: Jujur deh, Babes! Ini Kan yang Sebenarnya Kamu Inginkan dari Cowokmu?

Source foto: film Korea Mood of The Day/Moon Films

Nah, itulah 5 tanda bahwa hubunganmu dengannya adalah hubungan yang beracun, wah sudahi deh daripada lebih parah!

lifestyle
relationship
hubungan
cinta
toxicrelationship
hubungancinta
hubunganberacun
Written By
Zahra Aminati

Zahra Aminati adalah lulusan Sastra Indonesia UI yang sangat senang menulis dengan memperbanyak bacaannya. Dia pernah menjadi Creative Contributors di Popbela.com selama April-Oktober 2017 untuk kategori relationship dan career. Kemudian, dia juga pernah menjalani internship di Ruangguru sebagai Social Media Marketing Intern dari Januari-Maret 2018. Lewat tulisan, Zahra ingin membagikan pengetahuannya untuk para perempuan di seluruh Indonesia agar menjadi perempuan yang berpengetahuan luas. 

All Comments (0)

Related Posts

Insiders Program Challenge

Become The Shonet Insider!

Now anyone can become an insider, including you!