Lifestyle

Kamu Harus Tahu, 7 Penyakit Ini Timbul Karena Kamu Stres, Babes!

By Zahra Aminati  |   almost 2 years ago
Kamu Harus Tahu, 7 Penyakit Ini Timbul Karena Kamu Stres, Babes!

Kalian tahu nggak sih babes, ternyata ada 7 penyakit yang timbul karena kamu stres. Makanya, menjalani hidup harus seimbang ya, biar nggak stres!

Stres itu bisa melanda siapa saja babes, entah itu anak sekolah atau orang sudah bekerja. Menurut survey yang dilakukan di American Psychological Association, 1 dari 3 orang mengatakan stres dapat berdampak pada kesehatan fisik dan mental mereka. Dan ternyata, karena stres kamu akan mendapati penyakit seperti di bawah ini. Waspada, Babes!

1. Terdapat benjolan di kulitmu

Everything, Everything

Jika kamu tiba-tiba mendapati benjolan merah yang gatal di kulitmu, bisa dikatakan stres adalah penyebabnya. Ketika tubuhmu mengalami stres yang berlebih, sistem kekebalan tubuhmu menjadi lemah dan tubuhmu mulai melepaskan histamina kimia untuk melawat penyakitmu. Jika stres tidak hilang, kamu pun mengembangkan reaksi alergi dan gatal-garal. Ketika sistem kekebalan tubumu melemah karena stres, kulitmu juga mudah terganggu dengan hal-hal yang biasanya tidak terpengaruh, seperti sabun, hawa dingin atau panas, lotion yang kamu pakai, atau deterjen.

Yang harus dilakukan: Letakkan handuk yang dingin dan lembap di area yang terdapat benjol atau lebam di kulitmu. Jika hal itu tidak berhasil, minumlah antihistamin.

2. Berat badanmu turun naik

Everything, Everything

“Stres memicu pelepasan hormon kortisol, yang dapat mengganggu kemampuan tubuhmu untuk memproses gula darah, dan mengubah cara tubuhmu memetabolisme lemak, protein, dan karbohidrat dengan baik. Inilah yang menyebabkan kenaikan berat badan atau penurunan berat badan,” kata Shanna Levine, M.D., seorang perawat dokter ahli dan instruktur klinik obat di Icahn School of Medicine di Gunung Sinai di New York City. Stres juga dapat membuatmu menjadi banyak makan atau malas makan.

Yang harus dilakukan: bawalah cemilan. Contoh, camilan kacang. Protein akan membantu jika kamu kurang makan, dan serat akan mengisi tubuhmu jika kamu sudah makan sebanyak-banyaknya. Coba juga makanan yang mengandung serat tinggi.

3. Kamu sering tiba-tiba sakit kepala

Everything, Everything

Jika kamu seringkali tiba-tiba sakit kepala yang cenut-cenut, bisa jadi kamu terlalu stres. Stres dapat melepaskan bahan kimia yang dapat menyebabkan perubahan pada saraf dan pembuluh darah di otak, dan inilah yang membuat kepalamu sakit. Jika kamu memang sudah punya migrain? Stres malah dapat membuatnya menjadi lebih buruk. Tegangnya ototmu juga dapat membuatmu stres dan berdampak pada sakit kepala.

Yang harus dilakukan: Cobalah oleskan minyak lavender atau minyak peppermint ke pelipismu ketika kepalamu mulai sakit, atau kamu bisa minum obat yang mengandung ibuprofen.

4. Perutmu sering mulas

Everything, Everything

Stres dapat menganggu fungsi saluran pencernaanmu dengan banyak cara. Hal iniah yang dapat membuat tubuhmu memproduksi banyak asam pencernaan yang membuat perutmu mulas. “Ini juga dapat memperlambat pencernan makanan dari perut yang menyebabkan perut menjadi kembung karena banyak gas, atau bahkan dapat menyebabkan kram atau diare,” kata Deborah Rhodes, M.D., seorang dokter penyakit dalam di Mayo Clinic pada Parents.com.

Yang harus dilakukan: minumlah antasid yang dijual bebas.

5. Kamu selalu terserang flu

Everything, Everything

Stres dapat menekan sistem kekebalan yang dapat membuat kamu mudah untuk sakit dan sulit melawan virus. “Ketika orang stres, mereka pasti akan sakit. Ini terjadi karena sistem kekebalan tubuh mereka tidak dapat menahan virus yang masuk,” kata Dr. Levine. Para peneliti di Carneige Mellon University di Pittsburgh menginfeksi para sukarelawan dengan virus flu. Sukarelawan mengatakan bagi mereka yang mengalami tekanan masalah banyak menjadi lebih sakit tapi yang memiliki tekanan masalah sedikit tidak terlalu lama untuk sembuh.

Yang harus dilakukan: Sebuah studi menemukan bahwa suplemen zink atau tablet hisap dapat memperpendndek lamanya pilek sekitar satu hari jika diminum dalam 24 jam setelah merasa sakit. Meditasi, olahraga teratur, dan banyak tidur bisa menjadi obatmu untuk menghilangkan stres dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

6. Muncul jerawat di wajahmu

Everything, Everything

Jika tiba-tiba ada jerawat yang muncul di wajahmu padahal kamu sedang tidak PMS atau puber, bisa jadi stres adalah penyebabnya. Ketika kamu sedang stres, tubuhmu akan memompa lebih banyak hormon seperti kortisol, yang menyebabkan kelenjar kulit memproduksi lebih banyak minyak. Minyak berlebih ini bisa terperangkat dalam foliker rambut, bersama dengan kotoran dan sel kulit mati, dan akhirnya menghasilkan jerawat (menurut Healthline.com).

Yang harus dilakukan: gunakan salep pengempes jerawat yang mengandung benzoyl peroxide atau salicylic acid ketika jerawat mulai timbul, atau kamu bisa membersihkan jerawatmu menggunakan bahan yang terdapat kandungan teh hijau atau lidah buaya murni. Sifat antibakteri mereka dapat membuat jerawat cepat kempes.

7. Rambutmu sering rontok

Everything, Everything

Mengalami kerontokan beberapa helai rambut itu normal (karena folikel rambut lama akan selalu berganti dengan yang baru dari waktu ke waktu), tapi stres juga berpengaruh pada kerontokan rambutmu. Stres yang sering dapat mendorong sejumlah besar folikel rambut dalam fase istirahat dan beberapa bulan kemudian rambut-rambut itu rontok, menurut MayoClinic.org. stres juga dapat menyebabkan sistem kekebalan tubuh menyerang folikel rambutmu sehingga rambut mudah rontok.

Yang harus dilakukan: coba berikan vitamin untuk rambutmu dan kurangi stres dalam hidupmu.

BACA JUGA: Stres? Intip Yuk 5 Makanan yang Bisa Balikin Mood Kamu Lagi

Source foto: film Everything, Everything/Alloy Entertainment,Itaca Films,Metro-Goldwyn-Mayer (MGM)

Tuh, kan ternyata penyebab 7 penyakit di atas itu stres, lho Babes! Kamu mau membiarkan stres membuatmu sakit?

lifestyle
stres
karier
penyakit
stress
penyakitsaatstres
Written By
Zahra Aminati

Zahra Aminati adalah lulusan Sastra Indonesia UI yang sangat senang menulis dengan memperbanyak bacaannya. Dia pernah menjadi Creative Contributors di Popbela.com selama April-Oktober 2017 untuk kategori relationship dan career. Kemudian, dia juga pernah menjalani internship di Ruangguru sebagai Social Media Marketing Intern dari Januari-Maret 2018. Lewat tulisan, Zahra ingin membagikan pengetahuannya untuk para perempuan di seluruh Indonesia agar menjadi perempuan yang berpengetahuan luas. 

All Comments (0)

Related Posts

Insiders Program Challenge

Become The Shonet Insider!

Now anyone can become an insider, including you!