Lifestyle

Kamu Insecure? Lihat 4 Fakta Berikut

By Asbath An’Umillatul Azmi  |   about 1 month ago
Kamu Insecure? Lihat 4 Fakta Berikut
https://i.pinimg.com/564x/59/4d/72/594d7258d2cd19b8addbac816ea94346.jpg

 

Apa itu insecure? Insecure adalah perasaan cemas serta khawatir yang berlebihan terhadap diri sendiri dalam lingkungan disekitarmu, dan merasa dirinya inferior dari orang lain. 

Perasaan malu, ragu, cemas, tidak percaya diri, merasa kekurangan atau tak mampu, sering membandingkan diri dengan orang lain, serta ketakutan terhadap suatu hal pasti pernah dirasakan oleh semua orang. Bahkan orang paling percaya diri sekali pun, pernah merasakan hal yang sama.

Insecure adalah hal yang normal terjadi, tapi apabila kamu merasa insecure terhadap diri sendiri sepanjang waktu secara berlebihan dapat mengganggu aktivitas sehari-harimu bahkan kesehatan fisik serta mental, sehingga hal ini tidak bisa diabaikan begitu saja. Karena biasanya orang yang mengalami insecure tidak menyadari bahwa dirinya merasa insecure. 

Jika kamu selalu merasa dirimu kurang serta merasa tidak akan pernah mencapai standar, lihat fakta berikut!

1. Buruk Hanya Perasaan, Bukan Kenyataan

Ketika kamu merasa tidak percaya diri, kamu akan menyakini bahwa dirimu terlihat buruk dimata orang lain. Kalau kamu sadari, itu hanyalah perasaanmu yang merasa tidak yakin atas apa yang kamu impikan. 

Orang lain melihat apa yang mereka lihat, bukan yang kamu alami atau kamu rasakan. Kalau kamu tau, semua orang juga pernah merasakan hal yang sama sepertimu tapi kamu bahkan tidak mengetahuinya, karena kamu melihat apa yang kamu liat, bukan apa yang mereka rasakan. 

So, stop untuk merasa bahwa kamu buruk dan jadilah versi terbaik dari dirimu!

2. Tidak Ada yang Salah Dengan Dirimu

Apa yang ada pada diri dan hidupmu bukanlah kesalahan. Jangan merasa malu karena dirimu tidak seperti temanmu atau orang lain. Bersyukurlah, karena orang lain bahkan terkadang merasa iri terhadap hal lain yang ada pada dirimu. 

Orang lain akan selalu melihatmu baik-baik saja, jangan khawatirkan pikiran mereka terhadap dirimu. Jikalau ada yang berbicara dan membuatmu kurang berkenan, jangan merasa minder dan menghakimi dirimu sendiri seperti apa yang mereka katakan kepadamu. Jadikanlah itu sebuah perbaikan untuk dirimu menjadi lebih baik. 

3. Mereka Bukanlah Dirimu

Apa kamu menyadari bahwa kehadiran media sosial membuatmu sering membandingkan diri dengan orang lain, dan membuat dirimu merasa iri kemudian terpuruk? 

Di media sosial, orang-orang hanya akan menampilkan versi terbaik dari diri mereka, padahal kamu tidak tau kekurangan apa yang ada dibelakangnya, karena semua orang pada umunya ingin terlihat baik. Jadi jangan repot-repot memandingkan diri dan kehidupanmu dengan mereka. Semua orang punya kelebihan dan kekurangan, fokuslah pada diri sendiri dan jangan ikuti jejak mereka yang terlihat percaya diri karena hanya akan menjadikan dirimu pribadi yang berbada. Ingatlah kamu bukanlah mereka.

4. Lingkungan Positif Membuatmu Suportif

Terkadang orang dapat menjadi insecure karena lingkungan yang kurang mendukung, seperti didalam lingkungan yang toxic. Terlalu lama dalam lingkungan yang kurang sehat dapat mengubah pola pikir dan menjadikan dirimu tidak berkembang.

Lingkungan yang positif dapat membuat kita selalu terjaga dalam perasaan-perasaan suportif dan berpikir lebih luas sehingga tidak mudah terpuruk dan putus asa. Kamu tidak bisa mengontrol perkatan orang lain, tapi kamu bisa mengontrol perasaanmu sehingga tidak terlalu sedih dan mengabaikan hal yang membuatmu sedih kemudian tetap bangkit.

lifestyle
gayahidup
insecure
positive
Written By
Asbath An’Umillatul Azmi

Hi! i’m Asbath. I love music, cooking, beauty, lifestyle, nature, adventure, and so much loving animals!

Aku punya kebiasaan menulis segala aktivitas dan rencana dalam sebuah diary, yang akan aku share juga disini, siapa tau bisa jadi tips loh buat kalian 😉

Dan jangan lupa, kamu bisa melihat dan berkenalan denganku melalui profil akun instagram pribadiku, @asbathaa cuss ya!

https://www.instagram.com/asbathaa/

All Comments (0)

Related Posts

The Shonet Monthly Issue
The Shonet Monthly Issue

Insiders Program Challenge

Become The Shonet Insider!

Now anyone can become an insider, including you!