Lifestyle

Kamu Introvert? Jangan Takut, 5 Tips Ini Akan Membantumu Sukses

By Zahra Aminati  |   about 2 years ago
Kamu Introvert? Jangan Takut, 5 Tips Ini Akan Membantumu Sukses

Kalian yang merupakan orang-orang dengan kepribadian yang introvert tentunya mengalami kesulitan sendiri saat menghadapi situasi sosial? Tenang, 5 tips ini akan membantumu sukses, Babes!

Sebelum tahun ini habis atau sebelum kita memulai tahun yang baru, ada baiknya kita melakukan introspeksi diri. Akhir tahun menjadi ajang untuk kamu mendaftarkan apa saja yang harus kamu tingkatkan untuk tahun berikutnya. Bagi kamu yang introvert, mungkin kamu sering mendengar cara-cara untuk mereka yang ekstrovert. Orang ekstrovert biasanya akan berani menghadapi situasi sosial, maka mereka akan berkomunikasi pada siapa pun untuk mendapatkan apa yang mereka inginkan. Tapi, bukan berarti kamu yang introvert tidak bisa meningkatkan kinerjamu dalam karier.

Di bawah ini ada 5 tips sukses untuk kamu yang introvert!

1. Temukan tipe kepribadianmu

Speak

Di internet, banyak tes kepribadianmu yang akurat. Atau bila kamu mau hasil yang lebih akurat, banyak lembaga yang melaksanakan tes tersebut agar kamu mengetahui kepribadianmu. Dengan tahu tipe kepribadianmu, kamu akan tahu bagaimana cara memotivasi dirimu sendiri, situasi dalam karier seperti apa yang cocok denganmu. Mulailah dengan mencari tahu siapa itu dirimu, berikan waktu 15 menit dalam sehari untuk duduk dan memikirkan pertanyaan itu. Kamu mungkin akan terkejut tentang kepribadian apa yang kamu dapatkan dan cari tahu apa yang harus kamu pelajari lebih untuk seorang introvert.  Mengerti jenis introvert yang kamu miliki akan membantumu memahami orang lain dan juga akan membantumu berkomumikasi lebih baik lagi.

2. Ketahui bahwa kelemahanmu ternyata juga kekuatanmu

Speak

Beberapa introvert mungkin senang berada di situasi sosial yang besar, mereka mungkin akan merasa lebih terkuras secara emosional dan fisik sesudahnya. Mungkin kamu akan memilih untuk membaca situasi lingkungan sebelum bersosialisasi. Yang kamu harus lakukan adalah melihat kembali sesuatu yang mungkin adalah kekuranganmu. Dengan bisa membaca seseorang dan dapat berkomunikasi dengan orang yang kamu percaya adalah sesuatu kelebihanmu.  Dalam lingkungan kerja, kamu kan lebih ragu untuk membuat keputusan yang terburu-buru untuk menyenangkan orang.

3. Menjadi realistis

Speak

Kamu tahu apa yang bisa kamu tangani. Beberapa orang mendapatkan semangat dari orang lain, sementara yang lainnya merasa mereka memberikan semangat pada orang lain. Beberapa orang senang untuk berkomunikasi dan yang lainnya tidak. Kamu tidak bisa mengubah itu, kamu harus menerimanya. Katakan tidak pada sesuatu yang membuatmu sedih atau membuatmu tidak nyaman. Jangan mengandalkan kata-kata untuk selalu tenang dalam zona nyamanmu. Kamu harus mengetahui perbedaan antara takut untuk mencoba dan menjadi realistis.

4. Gunakan teknologi untuk terus maju

Speak

Hal terbaik menjadi introvert sekarang ini adalah kamu bisa menggunakan internet untuk terus maju. Menciptakan pertemanan bisa kamu lakukan via online, relasi bisa kamu dapatkan dari Linkedin dan kamu bisa praktik bersosialisasi dengan orang lain tanpa merasa kelelahan. Twitter adalah tempat terbaik untuk bercakap-cakap untuk kamu yang jarang bisa bicara banyak di depan orang. Selagi kamu dapat berbicara dengan orang lain via online, kamu juga akan lebih mudah untuk berbicara dengan mereka dalam kehidupan nyata.

5. Bersosialisasi dengan orang ekstrovert

Speak

Apakah kamu memiliki teman atau keluarga yang ekstrovert? Jika kamu terlalu introvert, kamu mungkin akan kesusahan untuk berkomunikasi dengan emreka dan mempertahankan obrolanmu dengan mereka. Sangat penting untuk berbicara dengan mereka, untuk melihat sudut pandang mereka, dan ketika kamu melihat kamu bisa lebih baik dari mereka, kamu harus menyuarakannya. Kamu harus mencari keseimbangan dengan berteman dengan orang ekstrovert, jadi kamu akan dengan mudah melatihmu untuk bertemu dengan orang-orang baru.

Baca Juga: Kamu Termasuk Si Introvert? Baca Tips Komunikasi Berikut Ini

Source foto: film Speak/Speak Films Inc.

Menjadi introvert bukan berarti kamu tidak bisa sukses, Babes! Dengan melakukan 5 cara di atas, kesuksesan sudah menunggu di depanmu. 

lifestyle
sukses
karier
introvert
carasuksesintrovert
Written By
Zahra Aminati

Zahra Aminati adalah lulusan Sastra Indonesia UI yang sangat senang menulis dengan memperbanyak bacaannya. Dia pernah menjadi Creative Contributors di Popbela.com selama April-Oktober 2017 untuk kategori relationship dan career. Kemudian, dia juga pernah menjalani internship di Ruangguru sebagai Social Media Marketing Intern dari Januari-Maret 2018. Lewat tulisan, Zahra ingin membagikan pengetahuannya untuk para perempuan di seluruh Indonesia agar menjadi perempuan yang berpengetahuan luas. 

All Comments (0)

Related Posts

Insiders Program Challenge

Become The Shonet Insider!

Now anyone can become an insider, including you!