Lifestyle

Kamu Pemalu? Ini 3 Cara Mengatasi Malu di Depan Banyak Orang

By Ranjani  |   a month ago
Kamu Pemalu? Ini 3 Cara Mengatasi Malu di Depan Banyak Orang

Babes, apakah kamu termasuk seseorang yang pemalu? Jika iya, nggak perlu minder ya, karena setiap orang punya rasa malu, namun memang tingkatannya yang menjadi pembeda.

Rasa malu merupakan salah satu bentuk emosi setiap manusia. Artinya bisa beragam, mulai dari emosi, pengertian, pernyataan, atau kondisi yang dialami manusia akibat tindakan yang telah dilakukan sebelumnya dan ingin ditutupinya.

Sifat pemalu yang berlebihan di dalam diri manusia biasanya lebih banyak mengakibatkan kerugian daripada keuntungan. Biasanya, jika kamu pemalu, lebih sering membuat kamu kehilangan kesempatan, kurang bisa mendapat kesenangan, atau bahkan terkucil dari hubungan sosial.

Tetapi tenang, Babes! Ada cara-cara yang ampuh dalam mengatasi rasa malu ketika kamu sedang berada di publik. Jika kamu bisa menerapkannya, maka biasanya rasa malu tersebut akan teratasi dan hilang dengan sendiri. Apa saja hal itu, ini dia!

1. Mengetahui Kelebihan Diri Sendiri

Kamu mungkin menyadari kalau rasa malu memang menjadi kelemahan terbesar dalam diri, namun hal itu nggak menjadikan kamu nggak mempunyai kelebihan sama sekali. Setiap orang selalu mempunyai dua hal yang berlawanan, jika ada kekurangan maka tentunya kita mempunyai kelebihan.

Coba fokuskan diri kamu pada kelebihan yang kamu miliki, walaupun itu hanya sedikit atau nggak besar, tetapi dicoba. Rasakan hasilnya ketika kamu bisa fokus pada kelebihan itu saat berada di ruang publik.

2. Pintar Memilih Teman

Dalam usaha mengatasi rasa malu di publik, biasanya kita membutuhkan dukungan dari orang-orang di sekitar, termasuk salah satunya adalah teman. Salah satu cara mengatasi sifat pemalu yang kamu punya adalah mendapatkan dukungan dari teman-teman yang tepat. 

Maka dari itu, kamu sebaiknya memilih mana teman yang bisa membantu dan mana teman yang justru senang menjatuhkan atau bahkan sering memberikan reaksi negatif.

3. Tetap Berpikir Positif

Salah satu cara dalam mengatasi sifat pemalu yang kamu miliki adalah dengan cara mempertahankan pikiran positif. Maksudnya adalah, ketika kamu mengalami sesuatu yang buruk karena sifat pemalu itu, bukan berarti sisa hari kamu akan selalu buruk juga ya Babes. 

Atau malah hari-harimu kian buruk karena selalu memikirkan kesalahan atau sifat pemalu yang telah kamu lakukan sebelumnya. Nggak mau kan Babes?

Baca Juga: Cek 5 Kebiasaan Ini, Siapa Tahu Kamu adalah Ambivert!

Itu dia tiga cara utama dalam mengatasi sifat pemalu di publik bagi kamu si pemalu! Sebenarnya masih banyak cara lain yang bisa dilakukan seperti memuji diri sendiri setelah melakukan sesuatu atau dengan cara merayakan hal positif atas hal yang sudah kamu lakukan di penghujung hari.

rasamalu
personality
fyi
pemalu
1 Like
Written By
Ranjani

Still struggling to find the perfect foundation for her combination skin. In the meantime, she likes to eat nasi padang and es teh manis.

All Comments (1)
Farhan Pramujia month ago
harus dicoba nih

Related Article