Lifestyle

Kamu Single Saat Usia 20-an? Yuk, Rayakan dengan Melakukan 5 Hal Ini!

Kamu Single Saat Usia 20-an? Yuk, Rayakan dengan Melakukan 5 Hal Ini!

Kamu yang saat ini berusia 20-an dan kamu sendirian, mungkin seringkali mendengar “kok senang sih menjadi single?” Walaupun maksud mereka bukan menghina tapi seakan-akan menjadi single saat usia 20-an adalah aib.

Padahal single atau taken dalam hidupmu adalah pilihanmu sendiri. Mungkin kamu masih betah sendiri karena hubunganmu yang sebelumnya buruk, atau memang kamu hanya nyaman saja menjadi single. Seharusnya kamu bersemangat ketika kamu tidak berkencan dengan siapa pun atau single. Kamu mesti menyadari nih bahwa ada hal-hal seru yang bisa kamu rayakan di usia 20-an. Simak deh!

1. Kamu dapat membahagiakan teman-temanmu

Wild Child

Ketika kamu sedang single saat ini, kamu pasti melihat teman-temanmu bahagia dalam hubungan dan jatuh cinta, dan mungkin kamu ingin juga berada di kebahagiaan yang sama dengan mereka. Kamu mungkin merasa sedikit cemburu dan bertanya-tanya, kapan sih kamu akan merasakan hal itu. Itu normal, tapi bagaimana jika hubungan mereka ternyata tidak seindah yang mereka bagikan di media sosial. Nah, di sinilah peranmu. Kamu bisa terus menebarkan banyak optimisme dan kepositifan dalam hidupmu, dan lebih banyak tersenyum. Kamu akan mendukung orang-orang yang kamu sayangi, mengirimkan kebahagiaan bagi mereka dan berada di sisi mereka ketika butuh. Kamu akan dikenang sebagai teman yang selalu ada dan baik hati!

2. Kamu bisa fokus pada masa depanmu

Wild Child

Tidak ada yang bisa memprediksi kehidupan. Ketika kamu berada di usia 20-an, kamu akan mengalami banyak jatuh bangun dalam hidup, hubungan, atau kariermu. Tetapi, menjadi single akan memungkinkanmu untuk fokus pada aspek-aspek kecil pada masa depanmu. Ini memungkinkanmu bermimpi sedikit lebih besar, dan membangun kariermu lebih baik. Kamu mungkin akan tinggal di luar negeri, atau kamu ingin kembali melanjutkan sekolah ke jenjang yang lebih tinggi lewat beasiswa. Kamu sebenarnya bisa sih melakukan itu jika sedang punya pasangan, tapi ketika kamu single akan terasa ada waktu dan ruang yang ekstra untuk melakukannya lebih maksimal.

3. Kamu dapat menjadikan hubungan sebelumnya menjadi pelajaran

Wild Child

Kamu bisa menjadikan hubunganmu yang sebelumnya menjadi pembelajaran. Kamu bisa melihat mengapa hubunganmu sempat berhasil dan kenapa tidak berhasil? Apa yang membuatmu bahagia bersama seseorang dan apa yang membuat kamu merasa lebih tertekan daripada seharusnya? Yang harus kamu lakukan adalah berhenti dan biarkan dirimu menjawab pertanyaan tersebut. Apa yang kamu inginkan dari hubunganmu selanjutnya? Apa yang kamu butuhkan dari pasanganmu kelak? Dan terakhir, apa yang bisa kamu lakukan sekarang untuk mengatur dirimu untuk hubunganmu kelak? Segala sesuatu itu terjadi karena alasan, melakukan refleksi diri akan membuatmu lebih terbuka dan siap untuk membiarkan orang baru masuk dalam hidupmu dan juga membantumu memaksimalkan dirimu sendiri.

4. Kamu dapat menghabiskan waktu terbaik dengan dirimu sendiri

Wild Child

Saat ini, gagasan untuk menghabiskan banyak waktu sendirian terasa buruk. Tetapi, sebelum kamu menghapus ide itu, coba sadari bahwa ada banyak keindahan ketika kamu bisa melakukan sesuatu sendirian. Itu membuatmu merasa lebih percaya diri dan mampu menangani diri sendiri atau situasi apa pun di dunia nyata. Kamu mulai menghargai bagian dari pengalaman yang tidak kamu miliki sebelumnya. Sekali lagi, kamu harus meluangkan waktu untuk sendirian, bahkan jika kamu sedang menjalin hubungan. Ketika kamu single di usia 20-an, kamu memiliki banyak kebebasan untuk membuat kenangan dan menyayangi dirimu sendiri.

5. Kamu bisa mengatakan “ya” pada setiap petualangan baru

Wild Child

Last but certainly not least, single di usia 20-an membuatmu memiliki kesempatan besar dalam hidup, yaitu berpetualang. Bepergian, bersosialisasi, dan keluar dari zona nyamanmu (jika kamu ingin) mungkin belum tentu baik, tapi kamu bisa mencobanya. Kamu bisa mengunjungi tempat-tempat yang belum kamu kunjungi sebelumnya. Ajak teman atau atau solo travelling untuk ikut berpetuangan dan menciptakan kenangan indah dalam hidupmu untuk masa depan.

BACA JUGA: Tetap Semangat, Ini 5 Pelajaran yang Akan Membuatmu Lebih Bahagia, Kuat, dan Bersyukur!

Source foto: film Wild Child/Universal Pictures, StudioCanal, Relativity Media

Babes, itulah 5 hal yang bisa kamu rayakan jika kamu single di usia 20-an, emang siapa bilang single identik dengan mengenaskan?

Zahra Aminati
Zahra Aminati