LIFESTYLE   |   2 NOVEMBER 2018

Keamanan Itu Terpenting, Perhatikan 12 Hal Ini Sebelum Naik Pesawat Ya!

Keamanan Itu Terpenting, Perhatikan 12 Hal Ini Sebelum Naik Pesawat Ya!
imdb.com

Kamu baru pertama kali naik pesawat? Atau cemas karena takut akan keamanannya? Kalau kamu memperhatikan tips keamanan pasti kamu akan selamat sampai tujuan.

Agar kamu lebih siap untuk naik pesawat, kamu harus lihat 12 hal di bawah ini, ya!

1. Persiapkan tiket pesawatmu

Flightplan

Yang pertama kali harus kamu persiapkan adalah tiket pesawatmu. Kamu ingin pergi ke mana? Cek di aplikasi perjalanan tiket pesawat, sesuaikan dengan jam keberangkatan dan kantongmu. Carilah tiket yang murah tapi nggak murahan.

2. Perhatikan kuota bagasi yang ditawarkan

Flightplan

Ketika kamu berencana pergi ke luar negeri, pasti kamu akan lebih sering untuk membeli oleh-oleh. Karena itulah kamu membutuhkan bagasi yang besar. Cek bagasi maskapai yang kamu gunakan. Jika barang bawaanmu melebihi limit, kamu akan dikenakan biaya lebih per kilogram.

3. Perhatikan terminal penerbangan

Flightplan

Ketelitian untuk kamu yang baru pertama kali naik pesawat itu memang diharuskan. Cek kembali tiket pesawat yang sudah kamu beli. Perhatikan bandara mana dan terminal berapa pesawatmu berada. Jangan sampai salah terminal! Bisa-bisa kamu nanti ketinggalan pesawat.

4. Datang lebih awal dari waktu pemberangkatan

Flightplan

Lihat jadwal boarding pesawatmu. Biasanya sih 30 menit sebelum pemberangkatan. Usahakan untuk datang satu atau dua jam sebelumnya karena kamu pasti harus mengurus keperluan lain dan itu memakan waktu cukup lama. Kalau kamu datang dekat dengan waktu keberangkatan bisa-bisa kamu juga ketinggala pesawat.

5. Sebelum melewati security check, perhatikan barang yang dilarang dibawa ke bagasi

Flightplan

Saat sedang berkemas, pahami dulu barang-barang apa saja yang boleh masuk kabin pesawat dan yang tidak boleh. Biasanya barang yang tidak boleh masuk adalah benda tajam, gunting maupun pisau. Rokok elektronik dan korek api sebaiknya diletakkan di bagasi, daripada harus menyerahkan ke petugas kan.

6. Silakan check ini di loket sesuai maskapai yang dipilih

Flightplan

Setelah melewati security check, kamu bisa langsung ke loke untuk check ini. Di sana kamu akan mendapatkan boarding pass kamu. Saat menukar boarding pass, kamu bisa meminta pada petugas untuk memberikan tempat duduk yang kamu sukai.

7. Perhatikan Gate keberangkatan dan tunggulah keberangkatan di ruang yang disediakan

Flightplan

Jangan sampai salah masuk gate, ya babes! Gate keberangatan itu pasti tertera di boarding pass yang kamu dapatkan di loket check in. Lihatlah gate keberangkatanmu dan tunggulah di ruang yang sudah disediakan. Janganlah jauh-jauh dari gate tersebut karena di sana kamu akan mendapatkan info penerbangan.

8. Dengarkan pengumuman tentang status pesawat

Flightplan

Saat menunggu keberangkatan, sebaiknya kamu jangan melamun atau mendengarkan lagu dengan menggunkan earphone dengan volume keras. Nanti kamu melewatkan pengumuman penting tentang pesawatmu. Informasi tentang status penerbangan akan disampaikan lewat pengumuman terbuka. Jadi, pasang telinga baik-baik ya!

9. Siapkan KTP dan boarding pass saat ingin masuk pesawat

Flightplan

Sebelum naik pesawat, petugas akan mencocokan boarding pass dan KTP-mu. Siapkan dua benda tersebut agar tidak ribet mencari-cari saat waktunya. Ketika naik pesawat, identitasmu diperiksa secara belapis-lapis.

10. Lihat tempat duduk yang sesuai dengan boarding pass

Flightplan

Cek lagi boarding pass-mu. Di sana ada informasi nomor tempat duduk. Carilah tempat duduk sesuai nomor boarding pass. Jangan sampai salah duduk, ya!

11. Perhatikan intruksi keselamatan pesawat

Flightplan

Sebelum pesawat lepas landas, akan ada intruksi keselamatan yang diperagakan oleh pramugari. Kalau kamu belum pernah naik pesawat, kamu harus memperhatikan ini dengan seksama. Informasi tersebut akan sangat penting jika terjadi hal-hal yang tidak diinginkan.

12. Cek barang bawaan saat sampai tujuan

Flightplan

Jangan terburu-buru. Penting untukmu cek barang-barang apa saja yang kamu bawa. Ambil barang-barang di bagasi sesuai dengan nomor penerbangan. Jangan sampai salah bawa, ya!

BACA JUGA: Ingin Pesan Teh atau Kopi Saat di Pesawat? Baca Dulu Penjelasan Ini!

Source foto: film Flightplan/Touchstone Pictures,Imagine Entertainment 

Nggak usah takut lagi naik pesawat untuk pertama kali kalau kamu memperhatikan 12 hal di atas! Hati-hati di jalan!

THE SHONET Viral
THE SHONET Viral

LIFESTYLE   |   2 NOVEMBER 2018