Lifestyle

Kenapa Kamu Perlu Jarak dalam Hubunganmu? Ternyata 5 Hal Ini Alasannya!

By Zahra Aminati  |   almost 2 years ago
Kenapa Kamu Perlu Jarak dalam Hubunganmu? Ternyata 5 Hal Ini Alasannya!

Ketika kamu menjalin hubungan dengan seseorang, pasti kamu selalu menginginkannya selalu, kan? Kamu berpikir begitu karena menurutmu kedekatanlah yang membuat hubunganmu langgeng dan berkembang.

Tapi kamu tahu nggak sih ternyata menjaga jarak dalam hubunganmu yang sekarang ini bisa membuatmu menjadi pribadi yang lebih baik dan hubunganmu tentunya berkembang.

1. Cintai dirimu dan nikmati kesibukanmu sendiri

The Hunger Games

Memiliki waktu dengan dan untuk dirimu sendiri itu sangat penting untuk memulihkan diri dan meningkatkan kepercayaan dirimu sendiri, baik dalam kedekatan hubungan percintaanmu, kamu di kantor atau kamu dengan keluarga dan teman. Jika kamu tidak punya waktu untuk dirimu sendiri dan apa yang kamu inginkan dalam hidup, akan sulit untuk memberikan yang terbaik untuk orang lain dalam hidupmu. Jadi cobalah manjakan dirimu dengan pergi ke spa, beristirahat di sore hari di kedai kopi, atau menonton film sendirian. Apa pun yang kamu pilih untuk kamu lakukan, pastikan kamu menikmatinya.

2. Kamu juga perlu menemukan dan mempertahankan pertemananmu

The Hunger Games

Meskipun senang memiliki persahabatan yang dekat dan kamu menceritakannya pada pasangan, sangat penting untukmu mengajak teman-temanmu menghabiskan waktu bersama tanpa mengajak pasangan. Kamu juga harus berhenti bersikeras bahwa orang lain yang penting dapat memenuhi setiap keinginan kita, karena ini sangat tidak realistis dan tidak adil. Pasanganmu tentu juga ingin memiliki teman, maka itu kamu masing-masing harus saling melengkapi dan membiarkan dia pergi dengan bersama teman-temannya, kamu pun juga.

3. Sangat penting untukmu memiliki minat dan hobi

The Hunger Games

Tentu saja kamu akan menceritakan beberapa minatmu dengan pasangan, karena itulah yang membuatmu dekat dengannya pada awalnya. Tapi menjadi bagian sesuatu secara pribadi akan memungkinkanmu mendapatkan kepercayaan diri, menyadari tujuan pribadimu, dan umumnya menjadi orang yang mandiri. Jadi, bergabunglah dengan klub buku atau film, berolahraga di gym, ikuti segala bentuk komunitas tanpa pasangan. Memiliki minat dan hobimu sendiri itu sangat bermanfaat. Kamu juga harus mendorong dan memotivasi pasanganmu untuk memiliki minat dan hobinya sendiri.

4. Saling jujur dengan pasangan

The Hunger Games

Sangat tidak cukup untuk mengatakan, "aku butuh ruang" dan biarkan hubunganmu menggantung. Ruang dalam suatu hubungan umumnya dianggap sebagai hal yang negatif atau sebagai penolakan, jadi kamu harus jujur dan spesifik tentang apa yang kamu butuhkan. Jika kamu tidak jelas dengan pasanganmu, mereka mungkin bingung dan terluka. Namun, jika kamu spesifik mengatakan kenapa kamu butuh jarak dang ruang dalam hubunganmu kali ini, pasanganmu mungkin akan mendukung dan tidak ada yang tersakiti di sini.

5. Hormati kebutuhan pasanganmu

The Hunger Games

Meskipun kamu mungkin meminta dukungan pada tujuanmu pribadi pada diri sendiri, kamu juga harus menghormati apa yang diminta oleh pasangan. Jika mereka menunjukkan minta pada hobi baru dan menyatakan bahwa mereka ingin melakukan rutinitas itu secara bersamaan, kamu juga harus mendukung. Suatu hubungan membutuhkan upaya kedua belah pihak sehingga menemukan keseimbangan ruang, kamu perlu memastikan bahwa setiap kebutuhanmu dan pasangan harus diperhitungkan.

BACA JUGA: Tahapan-tahapan yang Akan Kamu Lalui dalam Sebuah Hubungan

Source foto: film The Hunger Games/Lionsgate,Color Force

Nah, itulah alasan kenapa kamu butuh menjaga jarak dengan pasanganmu, masih mau kamu terus-terusan nempel sama pasangan?

lifestyle
relationship
hubungan
cinta
hubungancinta
harusjagajarakdalamhubungan
jarakdalamhubungan
jagajarakdalamhubungan
Written By
Zahra Aminati

Zahra Aminati adalah lulusan Sastra Indonesia UI yang sangat senang menulis dengan memperbanyak bacaannya. Dia pernah menjadi Creative Contributors di Popbela.com selama April-Oktober 2017 untuk kategori relationship dan career. Kemudian, dia juga pernah menjalani internship di Ruangguru sebagai Social Media Marketing Intern dari Januari-Maret 2018. Lewat tulisan, Zahra ingin membagikan pengetahuannya untuk para perempuan di seluruh Indonesia agar menjadi perempuan yang berpengetahuan luas. 

All Comments (0)

Related Posts

Insiders Program Challenge

Become The Shonet Insider!

Now anyone can become an insider, including you!