Beauty

Kenapa Pori-Pori Bisa Membesar dan Gimana Cara Mengatasinya?

By Ranjani  |   about 2 years ago
Kenapa Pori-Pori Bisa Membesar dan Gimana Cara Mengatasinya?

Apakah kamu punya pori-pori besar di wajah? Biasanya pori-pori besar ini terlihat di bagian pipi dan hidung, serta umumnya dimiliki oleh si kulit berminyak.

Kalau nggak dibersihkan dengan benar, pori-pori besar bisa tersumbat oleh kotoran dan sisa makeup, kemudian menimbulkan jerawat dan komedo. Duh menyebalkan banget ya!

Sebenarnya kenapa sih pori-pori bisa membesar dan gimana cara mengatasinya?

Genetik

Kenapa Pori-pori Bisa Membesar dan Gimana Cara Mengatasinya?
source: beautyheaven

Sayangnya, alasan utama pori-pori yang besar adalah genetik. Jika kamu punya kulit berminyak secara alami ukuran pori-pori memang lebih besar dibanding jenis kulit lainnya.

Kalau sudah akibat genetik, akan sulit untuk bisa mengecilkan pori-pori. Tapi bukan berarti kamu nggak bisa meminimalisir tampilan pori-pori yang besar.

Dehidrasi

Kenapa Pori-pori Bisa Membesar dan Gimana Cara Mengatasinya?
source: freepik

Kulit yang dehidrasi dan kekurangan asupan cairan dapat kehilangan kekenyalan, sehingga pori-pori yang besar makin kelihatan.

Sebaliknya, jika kulit lembap dan terhidrasi dengan baik, pori-pori akan makin nggak terlihat. Untuk melembapkan kulit, gunakan serum yang mengandung hyaluronic acid. Pelembap dengan lidah buaya juga bisa dijadikan pilihan untuk menghidrasi kulit.

Tak hanya serum, essence, dan pelembap, kamu juga perlu menghidrasi kulit dari dalam dengan cara minum banyak air putih.

Sinar Matahari

Kenapa Pori-pori Bisa Membesar dan Gimana Cara Mengatasinya?
source: pxhere

Tinggal di Indonesia memang bikin kamu jadi sering terekspos oleh sinar matahari, apalagi kalau kamu sering beraktivitas di luar ruangan.

Sinar matahari memiliki dampak yang buruk pada kulit, di antaranya bikin kulit terasa tebal, membuat jaringan kulit berkerut, dan mengurangi produksi kolagen, air, serta elastin di kulit.

Akibatnya kulit jadi nggak elastis lagi, sehingga kulit pun meregang dan menyebabkan pori-pori terlihat makin besar.

Untuk mencegahnya, jangan pernah lupa untuk menggunakan sunscreen setiap hari. Pakailah sunscreen dengan minimal SPF 15 jika kamu berada di dalam ruangan, dan gunakan SPF 30 untuk aktivitas outdoor.

Setiap 3-4 jam sekali kamu juga perlu mengaplikasikan ulang sunscreen, karena manfaatnya akan hilang setelah beberapa jam.

Salah Melakukan Facial

Facial memang bisa membersihkan pori-pori sekaligus menghilangkan komedo, asal dilakukan dengan benar. Kamu harus memastikan kalau hanya pori-pori yang tersumbat yang dibersihkan, bukan semua pori-pori.

Kalau kamu melakukan facial pada pori-pori yang baik-baik saja, pori malah bakal jadi membesar.

Selain facial, kamu juga bisa membersihkan pori dan komedo dengan cara dieksfoliasi menggunakan face scrub. Lakukan eksfoliasi dua kali dalam seminggu supaya kulit dan pori-pori jadi bersih.

Apakah kamu juga punya pori-pori yang besar, girls? Biasanya bagaimana cara kamu mengatasinya?

skincare
poripori
tipscantik
poriporibesar
Written By
Ranjani

Still struggling to find the perfect foundation for her combination skin. In the meantime, she likes to eat nasi padang and es teh manis.

All Comments (0)

Related Posts

Insiders Program Challenge

Become The Shonet Insider!

Now anyone can become an insider, including you!