Lifestyle

Kenapa Sih Kamu Suka Ngerasa Kesepian? Ini 4 Alasannya!

By Zahra Aminati  |   about 2 years ago
Kenapa Sih Kamu Suka Ngerasa Kesepian? Ini 4 Alasannya!

Entah mengapa kadang kamu suka ngerasa kesepian, terutama ketika kamu datang ke tempat baru. Yap, rasa seperti itu memang pasti kerap ada karena kita harus memulai sesuatu dari awal lagi. Tapi ternyata ada penyebabnya kenapa kamu suka ngerasa sendirian, lho. Mungkin 4 alasan ini akan menjawabmu!

1. Kamu memiliki gangguan mood yang mendasarinya

Eat Pray Love

Ada saatnya ketika seseorang yang memiliki gangguan mood akan merasa bahwa mereka cemas dan depresi. Ketika kamu merasa depresi, sangat susah merasakan sesuatu selain rasa tersesat dan kesepian. Perasaan putus ada adalah salah satu faktor pendorong rasa kesepian. Itulah mengapa orang-orang yang merasa depresi bisa dikelilingi oleh ratusan orang tapi mereka tetap merasa sendirian. Jika kamu sudah sering merasakan hal seperti ini, kamu bisa coba pergi ke psikolog yang mengerti masalah seperti ini.

2. Kamu tidak tahu siapa dirimu

Eat Pray Love

Pasti ada saat di mana kamu bangun dan merasa ini semua palsu. Kamu tidak menjadi dirimu sendiri. Kamu sering membiarkan orang-orang menjelaskan siapa dirimu dan kamu tidak menjadi apa yang dirimu pikirkan. Kadang ketidaktahuan siapa dirimu sebenarnya adalah penyebab terjadinya kesepian. Ketika kamu merasa kesepian, sudah saatnya kamu memberanikan mencari jati dirimu yang sebenarnya.

3. Kamu tidak pernah melakukan apa yang kamu inginkan

Eat Pray Love

Terkadang merasa sendiria hanya karena kamu merasa tidak memenuhi keinginanmu. Jika kamu adalah orang yang senang bermimpi dan kamu merasa terjebak dan tidak dapat berkembang, kamu pasti akan merasa terisolasi. Merasa terjebak akan membuatmu putus asa dan merasa sendirian dan kesepian. Jika kamu bertanya kenapa itu terjadi, kamu seharusnya mengikuti mimpimu dan berhenti terjebak pada keterbatasan pemikiranmu. Orang yang bergerak maju tidak punya waktu untuk merasa kesepian, mereka memperbaiki diri dan berusaha menjadi orang yang bahagian seperti apa yang mereka inginkan.

4. Lingkungan yang tidak mendukung

Eat Pray Love

Sebelumnya kamu merasa bahwa kamu adalah orang yang mudah bergaul. Semua orang mengenalmu. Kamu pun dengan mudah berkenalan dengan orang di lingkungan itu. Namun, ketika kamu masuk dalam sebuah lingkungan baru dan ternyata lingkungan tersebut tidak mendukungmu untuk membuka diri, akhirnya kamu pun merasa kesepian. Tidak ada orang yang bisa kamu ajak bicara lantaran mereka tidak mengajakmu bicara. Kamu ingin memulai tapi suasanalah yang tidak mendukung pembicaraan tersebut. Akhirnya, kamu hanya bisa duduk di pojokan dan meratapi nasib. Kalau sudah terjadi seperti ini, sebaiknya kamu mencari lingkungan yang baru. Bila ini tempat kerjamu, sebaiknya kamu segera mencari pekerjaan baru yang lingkungannya ramah pada dirimu.

Baca Juga: 5 Kebiasaan Ini Jadi Tanda Kalau Kamu Adalah Ambivert

Source foto: film Eat Pray Love/Columbia Pictures Corporation, Plan B Entertainment, Red Om Films

Kira-kira begitulah kenapa kamu suka merasa kesepian, Babes! Kesepian bisa dihindari dengan tidak memikirkan lingkungan sekitar dan fokus dengan apa yang kamu tuju, pasti kamu akan lebih bisa menghargai dirimu sendiri.

lifestyle
relationship
hidup
kesendirian
kesepian
Written By
Zahra Aminati

Zahra Aminati adalah lulusan Sastra Indonesia UI yang sangat senang menulis dengan memperbanyak bacaannya. Dia pernah menjadi Creative Contributors di Popbela.com selama April-Oktober 2017 untuk kategori relationship dan career. Kemudian, dia juga pernah menjalani internship di Ruangguru sebagai Social Media Marketing Intern dari Januari-Maret 2018. Lewat tulisan, Zahra ingin membagikan pengetahuannya untuk para perempuan di seluruh Indonesia agar menjadi perempuan yang berpengetahuan luas. 

All Comments (0)

Related Posts

Insiders Program Challenge

Become The Shonet Insider!

Now anyone can become an insider, including you!