Lifestyle

Kerja Remote? Jangan Takut, Ini Cara Kamu Tetap Fokus Saat Bekerja di Luar Kantor Babes!

Kerja Remote? Jangan Takut, Ini Cara Kamu Tetap Fokus Saat Bekerja di Luar Kantor Babes!

Di tempat kerja sekarang ini, kamu akan melihat banyak contoh di mana karyawan diberi pilihan untuk bekerja remote alias bekerja dari rumah atau dari jarak jauh. Kamu juga akan melihat bahwa banyak yang akan memilih untuk tidak bekerja dengan satu perusahaan, tetapi bekerja untuk banyak perusahaan atau yang disebut sebagia freelancer.

Cara kerja yang baru ini bisa menjadi hadiah bagi mereka yang mudah bosan dan membutuhkan kebebasan dan tidak terjebak di kantor. Di sisi lain, kebebasan yang baru ditemukan ini bisa menurunkan produktivitasmu, lho! Tapi tentang, di bawah ini ada cara agar kamu tetap fokus saat bekerja remote di luar kantor!

1. Tunjukkan rasa bersyukur

The Devil Wears Prada

Anehnya, lingkungan kerja menempatkanmu dalam mood untuk bekerja. Karena struktur dan desainnya, kebanyakan orang tidak perlu meyakinkan diri mereka untuk memulai pekerjaan mereka begitu mereka berada di kantor. Ketika bekerja dari jarak jauh, mungkin sedikit lebih sulit untuk mengatur suasana hati yang tepat, terutama jika kamu lebih suka melakukan sesuatu yang lain. Pastikan kamu tidak berada dalam pola pikir "Saya harap saya tidak perlu bekerja". Mulailah hari dengan menunjukkan rasa bersyukur secara umum saat bangun tidur atas kesehatanmu, dan atas kemampuanmu untuk mendapatkan penghasilan. Berolahragalah jika kamu bisa, membagun endorfin, sarapan yang sehat, menenangkan pikiran, bermeditasi, atau berdoa. Membawa dirimu ke dalam sikap syukur membantu mengurangi risiko tidak termotivasi dan tidak terinspirasi.

2. Atur dan tempel jadwalmu

The Devil Wears Prada

Karena kamu tidak terbatas pada jam kerja tradisional atau kantor tradisional, pastikan kamu tidak meninggalkannya. Waktu berjalan sangat cepat, jadi jika kamu tidak mengatur waktumu dengan tepat, kamu dapat melihat ke atas dan tidak terlalu berhasil. Penting bahwa kamu mengatur dan menepati jadwal. Apakah kamu memutuskan untuk bekerja delapan jam terus menerus atau memecahnya menjadi segmen yang berbeda hari ini, penting bahwa waktu apa pun yang telah kamu alokasikan untuk pekerjaan didedikasikan untuk hal itu, kerja! Pastikan bahwa jadwal kerjamu sesuai dengan jadwal dalam tubuhmu juga. Jika kamu sering melakukan pekerjaan terbaik di pagi hari, aturlah waktu kerjamu di pagi hari. Jika kamu bekerja lebih baik di malam hari, biarkan dirimu bekerja pada malam hari.

3. Hapus gangguan yang tidak perlu

The Devil Wears Prada

Sebagai masyarakat yang merasa perlu terhubung setiap saat, mudah kehilangan fokus di media sosial, melihat berita trending di timeline, atau sekadar membalas chat teman-temanmu di berbagai platform chat yang kamu miliki. Itulah mengapa sangat penting untuk mematikan ponselmu ketika kamu perlu bekerja tanpa gangguan. Buat jadwal kapan kamu akan memeriksa emailmu. Matikan pemberitahuan yang kamu miliki di ponsel atau komputer untuk memastikan bahwa sesuatu yang tidak penting tidak mengalihkan perhatianmu. Jika memungkinkan, matikan internet. Menghapus gangguan yang tidak perlu akan membuatmu tetap fokus dan produktif saat bekerja dari luar kantor.

4. Pilih musikmu dengan benar

The Devil Wears Prada

Suasana hatimu dapat dipengaruhi oleh banyak hal: TV, cuaca, dan apa yang kamu makan untuk sarapan sebagai contoh. Musik juga memiliki pengaruh besar pada bagaimana perasaanmu. Jika kamu memutuskan untuk mendengarkan lagu saat bekerja, pastikan kamu memilih lagu yang membuatmu semangat dan membuatmu tetap berpikir positif.

5. Tetapkan batasan untuk keluarga dan temanmu

The Devil Wears Prada

Pastikan kamu tdiak menjadwalkan waktu kerjamu di sekitar kewajiban sosial dan keluargamu. Namun, pastikan juga kamu menetapkan batasan untuk keluarga dan teman-temanmu sehingga tidak menjadi penghambat produktivitas kerjamu. Memberitahu keluarga dan teman-temanmu tentang jadwal kerjamu sangat penting untuk menghindari konflik atau kemarahan mereka.

BACA JUGA: 5 Hal yang Harus Dilakukan Sendirian di Kampus Sebelum Lulus dan Melangkah ke Dunia Nyata

Source foto: film The Devil Wears Prada/Fox 2000 Pictures, Dune Entertainment, Major Studio Partners

Nah, itulah 5 cara yang agar kamu tetap fokus meskipun kamu bekerja di luar kantor, kamu bekerja di dalam kantor atau remote di luar kantor?

Zahra Aminati
Zahra Aminati

THE SHONET MAY 2019 ISSUE

The Shonet Rilis Edisi Perdana The Shonet Monthly Issue! Simak Preview-nya!