Lifestyle

Kesal dengan Orang yang Suka Menghakimi? Simak 5 Pelajaran untuk Menghadapi Mereka

By Zahra Aminati  |   almost 2 years ago
Kesal dengan Orang yang Suka Menghakimi? Simak 5 Pelajaran untuk Menghadapi Mereka

Kamu sering menghadapi orang-orang yang suka menghakimi dan memberikan hal-hal negatif? Yap, kita semua pasti sering bertemu dengan orang yang suka menghakimi entah itu bos, rekan kerja, anggota keluarga, teman, pasangan, atau orang lewat. Tapi, itu keputusanmu untuk menanggapi hal tersebut atau membiarkannya.

Di bawah ini ada 5 hal penting yang kamu harus pelajari bagaimana menghadapi orang yang suka meghakimi!

1. Tahu tentang dirimu sendiri dan percaya diri

Cyberbully

Orang-orang yang senang menghakimi akan membuatmu ragu pada diri sendiri dan percaya pada kritik-kritik mereka. Untuk menangani ini, kamu harus tahu dan yakin pada diri sendiri. Mereka akan mencoba untuk membuat pendapatmu atau sudut pandangmu itu salah, membuatmu terpuruk. Namun, kamu harus tahu bahwa kamu berhak berpendapat dengan caramu sendiri dan menyikapi dunia. Kamu harus mensyukuri apa yang kamu punya dan kamu percaya. Jangan biarkan orang yang senang menghakimi meninggalkanmu dengan komentar-komentarnya yang menghakimi. Kamu harus bertahan dan percaya pada kemampuanmu sendiri.

2. Jangan masukkan ke dalam hati

Cyberbully

Pelajaran lain untuk menyikapi orang seperti ini adalah jangan menganggap serius pendapat orang yang suka menghakimi. Kamu harus ingat bahwa mereka seseorang yang penuh dengan ketidakamanan dan hal negatif dirinya berasal dari dalam diri mereka. Pikiran negatif mereka bukanlah gambaranmu, tapi adalah reaksi mereka pada sesuatu lain yang enak untuk dikomentari. Jika kamu tahu tentang dirimu sendiri, dan yakin dengan apa yang kamu lakukan, kamu pun tidak akan membiarkan pendapat negarif mereka menjatuhkanmu.

3. Tak usah pedulikan mereka atau hindari mereka sebisa mungkin

Cyberbully

Jika kamu tidak bisa menghindari mereka, mungkin mereka adalah rekan kerjamu, anggota keluargamu yang terpaksa kamu harus selingkungan dengan mereka, setidaknya tidak usah pedulikan mereka. Kamu tidak perlu membuat waktumu untuk orang-orang yang tidak pantas menerima kebahagiaan yang kamu miliki. Biarkan komentar-komentar kasarnya melewatimu dan sebaiknya kamu fokus terhadap hal-hal yang lebih positif.

4. Hindari perdebatan dengan orang-orang yang suka menghakimi

Cyberbully

Ini adalah pelajaran yang baik untuk kamu yang senang berargumen dengan baik. Masalah dari berargumen dengan orang yang suka menghakimi adalah mereka tidak melihat banyak sudut pandang. Kamu tidak akan mendapatkan apa-apa bila berdebat dengan mereka karena mereka tidak ingin mendengarkan sudut pandangmu. Tentu, orang yang suka menghakimi adalah orang yang senang berargumen, karena di sanalah pendapat mereka didengar. Meskipun kamu tidak dapat mengatasi orang-orang yang senang menghakimi ketika sedang berdebat, kamu bisa mengontrol responmu. Lebih baik menghindari perdebatan dengna orang-orang seperti mereka. Seberapa benar pun pendapatmu, mereka tidak akan menerimanya dan tetap menganggapmu salah.

5. Kamu dapat wawasan dari orang-orang yang suka menghakimi

Cyberbully

Tidak semua orang-orang menghakimi berdampak buruk untukmu. Dari orang-orang yang suka menghakimi, kita jadi tahu bahwa manusia itu beragam jenisnya. Ada yang mudah menerima pendapat orang, ada pula yang keras kepala seperti ini. Dari sini, kamu dapat belajar tentang dirimu sendiri dan orang lain dari baagimana mereka bereaksi terhadap komentar dan padangan hidup mereka yang senang menghakimi dan negatif. Jadi, kamu tentu tidak akan berbuat seperti itu.

Baca Juga: Hati-Hati inilah Tanda Mental Kamu diragukan Kekuatannya

Source foto: film Cyberbully/Muse Entertainment Enterprises

Nah, ternyata orang-orang yang suka menghakimi dapat memberikanmu pelajaran hidup, kan? Gimana, kamu bisa bertahan dengan orang-orang seperti mereka kan?

lifestyle
karier
menghakimi
judgmental
kesal
Written By
Zahra Aminati

Zahra Aminati adalah lulusan Sastra Indonesia UI yang sangat senang menulis dengan memperbanyak bacaannya. Dia pernah menjadi Creative Contributors di Popbela.com selama April-Oktober 2017 untuk kategori relationship dan career. Kemudian, dia juga pernah menjalani internship di Ruangguru sebagai Social Media Marketing Intern dari Januari-Maret 2018. Lewat tulisan, Zahra ingin membagikan pengetahuannya untuk para perempuan di seluruh Indonesia agar menjadi perempuan yang berpengetahuan luas. 

All Comments (0)

Related Posts

Insiders Program Challenge

Become The Shonet Insider!

Now anyone can become an insider, including you!