Lifestyle

Laptop Kamu Lemot? Ternyata Ini Lho 4 Penyebabnya!

By Zahra Aminati  |   almost 2 years ago
Laptop Kamu Lemot? Ternyata Ini Lho 4 Penyebabnya!

Laptop itu barang yang sering kamu gunakan setiap harinya, entah untuk bekerja atau bermain game, kan?  Tapi, suka kesal nggak sih kalau laptop kita berjalan super lemot? Wah, ini sih malesin banget ya.

Mau dibuang nanti nggak punya laptop, tapi kok sebal. Eits, tapi ternyata ada penyebab kenapa laptopmu jadi lemot, lho. Kamu udah tahu belum?

1. Laptopmu tidak terorganisasi

Under the Tuscan Sun

Seperti orang, laptopmu bisa kewalahan ketika terlalu banyak melakukan multitasking. Aplikasi background, ribuan tab, dan banyak program terbuka akan memakan banyak memori dan RAM laptopmu dan itu berpengaruh pada kinerja laptopmu. Cobalah untuk sempatkan dirimu membenahi laptopmu, uninstall segala macam aplikasi yang tidak berguna atau tidak terpakai olehmu. Hal ini mesti dilakukan agar laptopmu memiliki memori yang lebih lega.

2. Laptopmu sangat panas seperti kompor

Under the Tuscan Sun

Salah satu alasan mengapa laptopmu lemot adalah karena laptopmu sangat panas! Yang membuat laptopmu panas adalah kamu memainkannya di atas tempat tidurmu. Memang sih membuka laptop sambil tiduran itu menyenangkat tapi itu bisa membuat laptopmu tidak mengeluarkan hawa panasnya sehingga mengendap di tubuh laptop. Mungkin ini akan berpengaruh pada mesin yang ada di dalam laptopmu. Kalau dibiarkan seperti ini terus menerus akan membuat laptopmu rusak, lho!

3. Laptopmu ada virusnya

Under the Tuscan Sun

Ini sih yang paling menyebalkan. Ketika kamu memiliki laptop dan kamu lupa memasang anti virus, wah bisa-bisa penyebab laptopmu lemot adalah karena da virus di dalamnya. Virus komputer datang dari mana saja, bisa dari flashdisk teman yang menyolok pada laptopmu atau bahkan dari situs-situs di internet. Maka dari itu, kamu harus perhatikan web apa saja yang kamu buka dari laptopmu. Usahakan juga untuk memiliki minimal satu antivirus pada laptopmu agar tidak menyebabkan laptopmu lemot. Terkadang virus di laptop bisa menghilangkan data-data pentingmu, lho! Hati-hati.

4. Kamu harus mengupdate-nya

Under the Tuscan Sun

Ketika laptop kamu lemot tidak bisa tertolong lagi, yang kamu harus lakukan adalah meng-update software yang ada di dalamnya. Hal tersebut dapat berpengaruh pada kinerja laptopmu. Jangan malas. Memang terkadang untuk mengupdate software diperlukan koneksi internet yang cepat. Tapi, bila kamu secara regular mengupdate software di laptopmu, pasti laptopmu akan bisa ngebut dan anti lemot deh.

BACA JUGA: 5 Rutinitas di Siang Hari Ini Dipercaya Bisa Membuat Kamu Sukses

Source foto: film Under the Tuscan Sun/Touchstone Pictures,Timnick Films,Blue Gardenia Productions

Nah, kamu udah cek belum laptopmu lemot kenapa? Siapa tahu gara-gara salah satu hal di atas, lho!

lifestyle
karier
laptop
fyi
laptoplemot
Written By
Zahra Aminati

Zahra Aminati adalah lulusan Sastra Indonesia UI yang sangat senang menulis dengan memperbanyak bacaannya. Dia pernah menjadi Creative Contributors di Popbela.com selama April-Oktober 2017 untuk kategori relationship dan career. Kemudian, dia juga pernah menjalani internship di Ruangguru sebagai Social Media Marketing Intern dari Januari-Maret 2018. Lewat tulisan, Zahra ingin membagikan pengetahuannya untuk para perempuan di seluruh Indonesia agar menjadi perempuan yang berpengetahuan luas. 

All Comments (0)

Related Posts

Insiders Program Challenge

Become The Shonet Insider!

Now anyone can become an insider, including you!