Lifestyle

Lukisan Perempuan yang Pernah Tolak Cinta Bung Karno Ini Bisa Kamu Lihat Sampai Akhir Agustus!

By THE SHONET Viral  |   about 2 years ago
Lukisan Perempuan yang Pernah Tolak Cinta Bung Karno Ini Bisa Kamu Lihat Sampai Akhir Agustus!

By Tania Natalin

Di bulan Agustus ini, ternyata kita bisa mendatangi pameran seni lukisan Istana Negara di Galeri Nasional yang juga memamerkan lukisan perempuan cantik yang pernah tolak cinta Bung Karno. 

Bulan Agustus adalah bulan yang penting untuk bangsa Indonesia. Setiap tahunnya kita memperingati kemerdekaan bangsa ini sejak 17 Agustus 1945 silam. Selain Asian Games yang ramai diperbincangkan, kamu juga bisa melihat pameran seni lukisan Istana Negara di Galeri Nasional!

Tiap Istana Negara diketahui punya banyak koleksi karya lukisan dan patung sejak zaman pemerintahan Presiden Soekarno. Diketahui ada ribuan lukisan yang terpajang di Istana Negara di Jakarta, Bogor, Cipanas, dan Tampaksiring.

Atas dasar inisiatif Presiden Joko Widodo, tiap tahun diadakan pameran lukisan Istana Negara agar masyarakat luas bisa ikut menikmati keindahan lukisan-lukisan tersebut. Untuk tahun ini, temanya adalah: Indonesia Semangat Dunia.

Ada satu lukisan yang menarik dalam pameran ini. Lukisan tersebut adalah lukisan Gusti Nurul, perempuan cantik keturunan bangsawan anak dari Mangkunegara VII. Perempuan ini kabarnya pernah berani menolak cinta Soekarno karena menentang tegas praktik poligami, Girls.

Tentu tidak banyak, bahkan hanya satu-dua yang berani seperti Gusti Nurul ini karena pada zaman itu wanita belum bebas menyatakan pendapat.

View this post on Instagram

Pengamat seni kondang Agus Dermawan T. mengatakan bahwa Basoeki Abdullah menceritakan padanya bahwa yang dilukis dalam lukisan Perempuan Berpakaian Wayang Cina ini adalah Gusti Kanjeng Putri Mangkunegara VIII, R.A. Ajeng Putri Sunituti. Menurut cerita itu, suatu hari ketika akan melukis potret Gusti Kanjeng Putri, Basoeki Abdullah yang mengetahui minatnya pada seni tari menanyakan tarian apa yang paling diminatinya, tapi paling sulit ditarikan. Sang Permaisuri menjawab: tarian wayang Cina. Ketika duduk untuk dilukis, Gusti Kanjeng Putri mengenakan kebaya. Ketika lukisan itu rampung, sang pelukis memperlihatkan hasilnya. Betapa kagetnya Sang Permaisuri ketika melihat bahwa dalam lukisan itu beliau digambarkan berpakaian wayang Cina. “Saya berusaha menjadikan Kanjeng Ratu pandai menari wayang Cina,” kata Basoeki Abdullah. Gusti Kanjeng Putri pun menjawab girang. “Ya, dengan mengenakan busananya saja, rasanya sudah lebih dari cukup.” Namun, ada juga yang mengatakan bahwa yang dilukis adalah Gusti Nurul, adik Mangkunegara VIII yang juga dikenal sebagai penari. Siapa sebenarnya yang dilukis Basoeki Abdullah dalam lukisan itu? #IndonesiaSemangatDunia #senirupa #art

A post shared by Amir Sidharta (@senirupa) on

Istimewanya lagi lukisan ini adalah sang pelukisnya. Lukisan ini dilukis oleh maestro Basoeki Abdoellah yang ternyata saat itu melukis Gusti Nurul sedang memakai kebaya biasa. Tapi setelah lukisannya jadi, ia terlihat memakai pakaian tarian wayang cina. Karena sebelum ia dilukis, Basoeki bertanya pada Gusti Nurul, tarian apa yang paling sulit ditarikan? Lalu perempuan cantik ini menjawab wayang cina.

Jadilah, tanpa sepengetahuan Gusti Nurul, Basoeki melukis perempuan yang pandai menari berbagai macam tarian ini dengan kostum wayang cina. Keren, ya? Tadinya lukisan ini sempat dipertanyakan apakah benar ini lukisan Gusti Nurul atau Gusti Kanjeng Putri. Tapi kemudian terbukti jika sosok ini adalah Gusti Nurul.

Selain lukisan Gusti Nurul, kamu bisa mengisi melihat lukisan dari maestro lain seperti Raden Saleh, Trubus, Henk Ngantung, hingga Walter Sipes.

Kamu bisa registrasi secara online atau bisa juga secara offline dengan langsung datang ke Galeri Nasional yang lokasinya tepat di seberang Stasiun Gambir.

Tertarik untuk melihat lukisan perempuan yang menolak cinta Bung Karno ini, Girls?

pameranlukisanistana
fyi
soekarno
gustinurul
lukisan
Written By
THE SHONET Viral

Welcome to The Shonet Viral! Tempat di mana kalian bisa mencari informasi terbaru seputar entertainment, gossip, dan news. Dikurasi oleh Sarah Christiani, dan Agestia. 

All Comments (0)

Related Posts

Insiders Program Challenge

Become The Shonet Insider!

Now anyone can become an insider, including you!