Beauty

Makanan Pedas Dapat Menimbulkan Jerawat? Simak Penjelasannya Yuk!

By Arnintya Yuliardi  |   about 1 month ago
Makanan Pedas Dapat Menimbulkan Jerawat? Simak Penjelasannya Yuk!
healthline.com

Tidak melulu jerawat muncul karena tidak cocok menggunakan skincare. Salah satu yang kini sering dibicarakan adalah makan makanan dengan rasa pedas yang ternyata bisa membuat munculnya jerawat. Namun, apakah benar mengkonsumsi makanan dengan rasa pedas dapat menimbulkan jerawat? 

Apakah makanan pedas dapat menjadi penyebab munculnya jerawat?

Top 10 Foods every Pregnant Lady craves for - Listaka
listaka.com

Ternyata, sebenarnya makanan pedas bukanlah penyebab utama timbulnya jerawat. Seorang Dermatolog, Rachel Nazarian mengatakan bahwa jerawat dapat menjadi salah satu akibat dari konsumsi makanan pedas berlebih, bagi orang yang memang sensitif terhadap makanan pedas. Akibat keadaan yang sensitif tersebut, mengonsumsi makanan pedas tadi dapat menyebabkan inflamasi dibagian dalam kulit sehingga akibatnya adalah terjadi jerawat. 

Rekomendasi Produk Skincare untuk Kulit Berjerawat

Baca Juga : Review Sabun Muka dengan Kandungan Kolagen, Senka Perfect Whip Collagen In!

Kenapa saat kita berjerawat ada dokter yang menyarankan untuk tidak mengkonsumsi makanan pedas?

Adult acne: Understanding underlying causes and banishing ...
health.harvard.edu

Salah satu penyebab terjadinya jerawat adalah adanya minyak berlebih pada kulit serta kadar PH yang tidak seimbang pada kulit. Nah, ternyata mengkonsumsi makanan yang mengandung cabai, lada, paprika yang akan menimbulkan rasa pedas dapat membuat kadar PH pada kulit kita berubah dan memicu timbulnya jerawat pada kulit. Apabila setelah kamu mengkonsumsi makanan pedas, timbul jerawat kamu sudah harus waspada bahwa kamu adalah salah satu orang yang sensitif terhadap makanan pedas.

Bagaimana cara mencegah terjadinya jerawat apabila kamu adalah penyuka makanan pedas?

Folio India, Grünauer Straße, Berlin (2020)
gleauty.com

Jadi Babes, kamu tidak dilarang untuk mengkonsumsi makanan pedas kok. Kalau kamu penyuka makanan pedas, kamu bisa mengatasi timbulnya jerawat dengan memastikan nutrisi yang dibutuhkan kulit tercukupi. Salah satunya adalah saat kamu memakan makanan pedas, kamu wajib mengkonsumsi air putih agar suhu tubuh tidak naik secara drastis dan menyebabkan inflamasi yang dapat mengakibatkan terjadinya jerawat pada permukaan kulit.

Baca Juga : 3 Variant Terbaru Sabun Muka Senka Perfect Whip, Apa Aja Sih Bedanya?

Selain itu, kamu juga perlu untuk rutin mengkonsumsi sayur-sayuran serta buah-buahan. Hal ini diperlukan agar kulit mendapatkan nutrisi yang cukup sehingga dapat menjaga kadar PH dan minyak pada kulit agar tetap seimbang. Nutrisi yang cukup bagi tubuh dapat membuat bagian tubuh salah satunya kulit lebih toleransi dengan hal-hal yang berasal dari luar tubuh.

 

skincarejerawat
makananpedas
Written By
Arnintya Yuliardi

Skincare enthusiast, and also beauty writer for The Shonet.

 

All Comments (0)

Related Posts

The Shonet Monthly Issue
The Shonet Monthly Issue

Insiders Program Challenge

Become The Shonet Insider!

Now anyone can become an insider, including you!