Lifestyle

Mau Kirim Lamaran Kerja Pertama Lewat Email? Coba Perhatikan 3 Hal Ini!

By Zahra Aminati  |   almost 2 years ago
Mau Kirim Lamaran Kerja Pertama Lewat Email? Coba Perhatikan 3 Hal Ini!

Mengirim lamaran kerja itu suatu keharusan ketika kamu sudah ingin memasuki dunia kerja, Babes! Apalagi sekarang kita dimudahkan dengan bisa mengirim lamaran kerja lewat email.

Namun, sama seperti halnya mengirim lamaran lewat pos, lewat email pun harus mengutamakan kesopanan dan profesionalitas. Nah, agar kamu tidak salah dalam mengirim lamaran kerja lewat email, kamu harus perhatikan 3 hal ini.

1. Ingat untuk menyesuaikan dan lebih spesifik

The Intern

Setiap lamaran kerja yang dikirimkan lewat email kepada perekrut yang biasa saja dan terkesan general kemungkinan akan diabaikan. Hindari resume yang tidak sesuai dengan pekerjaan yang kamu daftarkan. Sesuaikan surat lamaran yang kamu tulis dengan posisi yang kamu lamarkan. Selain itu juga tuliskan secara rinci tentang pekerjaan sebelumnya yang telah kamu lakukan. Tunjukkan pula minat dan kemampuanmu lewat portofolio.

2. Masukkan informasi yang tepat

The Intern

Menyelektif informasi untuk memprioritaskan atau memilih yang patut ditampilkan juga berguna untuk meningkatkan email-mu ke perekrut. Jika kamu mendaftar pada posisi manajemen, maka kamu dapat memperlihatkan kemampuan manajemenmu di lamaran tersebut. Disarankan pula untuk memperlihatkan pencapaianmu dan tanggung jawab yang pernah kamu kerjakan. Simpan hasil kerjamu yang sebelumnya untuk lamaran kerjamu berikutnya agar memudahkan perekrut menerimamu.

3. Lakukan penilaian kualifikasi

The Intern

Sebelum mengirim lamaran lewat email, perhatikan kualifikasi yang disebutkan, keterampilan yang dibutuhkan atau pengetahuan yang diinginkan. Posisi yang tidak cocok atau mungkin tidak sesuai minat akan menjadi bumerang bagimu. Kamu mungkin akan menemukan dirimu tersesat dan pekerjaan itu tentu tidak sesuai dengan tujuan kariermu. Para pencari keja harus menunjukkan kenapa mereka tertari, apa yang membawa mereka melamar pekerjaan ini, dan pencapaian tertentu yang bermanfaat bagi posisi yang mereka ajukan.

BACA JUGA: Ingin Hidupmu Lebih Berkembang? Lakukan 5 Investasi Personal Ini

Source foto: film The Intern/Waverly Films

Mengirim lamaran kerja lewat email itu bukan hal yang sulit, kok kalau kamu memperhatikan 3 hal di atas!

lifestyle
kerja
karier
lamarankerja
email
lamarankerjalewatemail
Written By
Zahra Aminati

Zahra Aminati adalah lulusan Sastra Indonesia UI yang sangat senang menulis dengan memperbanyak bacaannya. Dia pernah menjadi Creative Contributors di Popbela.com selama April-Oktober 2017 untuk kategori relationship dan career. Kemudian, dia juga pernah menjalani internship di Ruangguru sebagai Social Media Marketing Intern dari Januari-Maret 2018. Lewat tulisan, Zahra ingin membagikan pengetahuannya untuk para perempuan di seluruh Indonesia agar menjadi perempuan yang berpengetahuan luas. 

All Comments (0)

Related Posts

Insiders Program Challenge

Become The Shonet Insider!

Now anyone can become an insider, including you!