Lifestyle

Mau Sehat Saat Travelling? Cara ini Recommended Untuk Kamu Coba!

By Lemonilo  |   about 2 years ago
Mau Sehat Saat Travelling? Cara ini Recommended Untuk Kamu Coba!

Siapa sih yang nggak suka travelling atau berwisata? Selain bisa menjadi refreshing untuk diri sendiri, travelling juga bisa menambah wawasan tentang daerah yang kamu kunjungi. Tak hanya itu, berwisata juga menjadi family time yang baik untuk menambah keakraban diantara anggota keluarga.

Biar begitu, banyak sekali orang melakukan wisata namun merusah tubuhnya. Banyaknya asupan yang tidak seimbang gizi di tempat wisata menjadi salah satu penyebabnya. Belum lagi, kalau sakit di tempat wisata dan stress. Untuk itulah, perlu sekali dilakukan travelling sehat agar kamu bisa kembali dengan tubuh yang  bugar dan fit setelah berwisata. 

Cobalah Merasakan Kegiatan yang Buat Tubuh Terus Bergerak Selama Liburan

Cobalah Merasakan Kegiatan yang Buat Tubuh Terus Bergerak Selama Liburan
Source: Hdqwalls

Agar tetap sehat selama liburan, pilihan kegiatan kamu juga harus diperhatikan. Cobalah untuk melakukan kegiatan yang membuat tubuhmu tetap aktif bergerak, semisal bersepeda pagi mengelilingi kota, naik gunung, ataupun memaksimalkan trotoar untuk berjalan kaki menelusuri tempat wisata. Dengan tubuh yang selalu aktif bergerak, otot tubuh akan terus terjaga kelenturannya sehingga kamu bebas dari nyeri atau kram otot. Selain itu, kegiatan yang memaksimalkan gerak bisa bantu bakar kalori dan lemak dalam tubuh.

Jangan asal makan! Selalu Perhatikan Kandungan Gizi dan Porsi Makanan yang Dikonsumsi

Jangan asal makan! Selalu Perhatikan Kandungan Gizi dan Porsi Makanan yang Dikonsumsi
Source: Pinterest

Liburan ke suatu tempat rasanya tidak lengkap jika tak berwisata kuliner, bukan? Itulah alasannya kamu segera cari makanan asli daerah tersebut untuk dicicipi. Tapi, hal ini perlu perhatian maksimal lho, guys! Kebiasaan makan semuanya di tempat wisata bisa berpengaruh pada bentuk tubuh dan kesehatanmu sendiri. Katakanlah, terlalu banyak makan pedas bisa berpengaruh pada lambung dan makanan berlemak bisa memicu naiknya angka kolesterol. Untuk itu, pastikan asupan gizi dalam makanan masuk dalam kategori cukup sehingga tidak menimbulkan perubahan bentuk tubuh atau penyakit saat ataupun sesudah liburan.

Liburan ya Liburan dan Kerja ya Kerja. Jangan Dicampuraduk!

Liburan ya Liburan dan Kerja ya Kerja. Jangan Dicampuraduk!
Source: Blood & Ethos

Terkecuali seorang jurnalis, travel blogger, ataupun pekerja yang sering ke luar daerah, kamu dilarang untuk menyentuh pekerjaan apapun saat kamu sedang travelling atau liburan. Wisata adalah saran untuk mendapatkan mood dan motivasi untuk bekerja dan berkarya. Mengurus pekerjaan saat liburan hanya akan membuat kamu jadi tidak mood dan stres saat kembali dari liburan. Bahkan, ada penelitian yang menyebutkan bahwa situasi ini bisa saja menyebabkan depresi yang berkepanjangan. Ngeri ya, guys!

Perhatikan Cairan Tubuh Selama Liburan!

Perhatikan Cairan Tubuh Selama Liburan!
Source: Tasting Escapes

Di tempat liburan, kamu tentu akan banyak menemukan jenis minuman yang mengundang selera. Es duren, es teh manis, ataupun es kelapa hijau menjadi pilihan yang sulit ditolak. Namun, batasi konsumsi minuman manis bergula dan selalu cukupi cairan berupa air putih saat liburan. Selalu aktif bergerak bisa membuat kamu terserang dehidrasi jika tidak mengonsumsi air putih yang cukup. Selain itu, air putih cukup bisa meningkatkan metabolisme tubuh sehingga kamu selalu punya tenaga untuk liburan kemanapun.

Carilah Waktu Untuk Sekedar Bermeditasi Agar Mood Lebih Baik

Source: Medium

Liburan dengan mood yang baik tentu akan memberikan manfaat yang lebih daripada liburan tanpa mood sama sekali. Biasanya, kamu bisa mendapatkan mood tersebut dengan menggunakan fasilitas yang diberikan oleh penginapan atau hotel, seperti kolam renang ataupun tempat pijat & spa. Jika tidak ada, cobalah cari tempat yang tenang dan lakukanlah meditasi di pagi hari sebelum kamu hendak bepergian dan melakukan travelling. Meditasi memberikan sinyal positif untuk tubuh dan otak sehingga mood kamu selama travelling tetap terjaga.

Untuk Kesehatan, Membawa Bahan-Bahan Dari Rumah Juga Recommended Lho!

Untuk Kesehatan, Membawa Bahan-Bahan Dari Rumah Juga Recommended Lho!
Source: Banter

Untuk tetap sehat walaupun sedang travelling, kamu juga bisa lho membawa bahan-bahan dari rumah. Dengan bahan-bahan ini, makanan yang kamu punya akan tetap terjaga dan kamupun bebas kelaparan sewaktu travelling. Namun, kamu juga perlu perhatikan regulasi atau aturan dari penerbangan atau transportasi yang kamu gunakan. Jangan sampai keinginan menjadi sehat malah membuat kamu melanggar aturan. 

Sudah siap untuk travelling hebat dan sehat?

liburan
sehat
travel
Written By
Lemonilo

Lemonilo merupakan pionir healthy lifestyle brand berbasis teknologi yang membuat berbagai produk sehat dan alami bersama-sama UKM Indonesia sebagai mitra produsen. Melalui Lemonilo.com, Lemonilo juga menawarkan produk-produk sehat & alami buatan mitra produsen yang bebas dari 100+ bahan berbahaya.

 

All Comments (0)

Related Posts

Insiders Program Challenge

Become The Shonet Insider!

Now anyone can become an insider, including you!