Lifestyle

MEMOTIVASI DIRI MENJADI PENGUSAHA SUKSES DIUSIA MUDA

By Finandy Winarto  |   about 2 months ago
MEMOTIVASI DIRI 
MENJADI PENGUSAHA SUKSES DIUSIA MUDA
SUKSES USIA MUDA

Motivasi bisa disebut sebagai kunci yang membuka potensi manusia. Tanpa motivasi apapun potensi yang dimilikitidak mampu untuk merubah menjadi kemampuan. Motivasi sangat dibutuhkan bagi anak muda yangberwirausaha agar mampu mengidentifikasi peluang usaha, kemudian mendayagunakan peluang usahauntuk menciptakan peluang kerja baru. Setelah termotivasi untuk berwirausaha anak muda harusmenyiapkan strategi agar menjadi pengusaha sukses di usia muda. Strategi adalah pendekatan secarakeseluruhan yang berkaitan dengan pelaksanaan gagasan, perencanaan, dan eksekusi sebuah aktivitasdalam kurun waktu tertentu.Pada umumnya kebanyakan anak muda masih bergantung pada orangtuanya dalam hal keuangan,tetapi pada saat ini lebih banyak lagi anak muda yang berani mencari pendapatannya sendiri dengancara berwirausaha baik itu dalam bidang barang maupun jasa, seperti mengusahakan cafe, usahakuliner, toko baju, toko aksesoris dan online shop dan yang lainnya. Oleh karena itu perlu ada nyapikiran yang termotivasi serta persiapan strategi untuk menjadi pngusaha sukses di usia muda.Tujuan penelitian ini adalah untuk membuat anak muda jaman sekarang agar termotivasi dalamberwirausaha serta menyiapkan strategi-strategi untuk menjadi pengusaha sukses di usia muda.Denganbegitu anak-anak muda sekarang bisa lebih berpontensi dalam mengembangkan karirnya.

 

Prinsip Pengusaha yang Sukses

Sebagai pengusaha muda yang sukses kita harus mempunyai 5 prinsip yaitu :

1. Kerja Keras 

Kerja keras berarti total dalam berbisnis dan memberikan 100% waktu dan tenaga anda untuk berbisnisdngan sungguh-sungguh. 

2. Kerja Cerdas

Kerja cerdas artinya kerja pakai otak alias pakai strategi. Ingat, jalan kaki bisa coba-coba, namun untuklari membutuhkan strategi, apa lagi belajar terbang. Maka dari itu anda butuh ilmu dan strategimengendalikan kendaraan anda.

3. Kerja Tuntas

Selesaikanlah yang sudah anda mulai, jangan hanya sekedar memulai bisnis. Kalau sekadar memulai,semua orang, semua orang bisa. Tuntaskan sampai sukses sebagai pengusaha. Jangan berhenti saatanda lelah. Berhentilah saat anda selesai

4. Kerja Berkualitas

Kerja berkualitas artinya menciptakan karya yang benar-benar hebat. Karya berkualitas lahir dari dariorang-orang yang berkualitas. Betul bahwa proses itu penting tapi hasil juga tidak kalah penting. Prosesharus memberikan anda banyak pengalaman, hasil akhir haruslah berkualitas. Agar proses yang anda jalani tidak sia-sia.

5.Kerja Ikhlas

Kerja ikhlas akan melengkapi kerja anda. Bekerja dari hati, bekerja untuk memberi manfaat akanmenjadikan anda sebagai pengusaha sukses, bahagia, dan mulia.

 

Strategi-Strategi Pengusaha Sukses

Terdapat strategi untuk menjadi pengusaha sukses di usia muda yaitu :

1. Creating a mindset of being an entrepreneura.

a. Membentuk mindset positif:

-Masalah adalah hikmah, dalam kehidupan kita pasti dihadapkan dengan masalah, tantangan, danrintangan dengan demikian kita harus bisa menanamkan sikap positif terhadap masalah yang kita hadapiuntuk menjadikan kita lebih kuat, lebih dewasa, dan lebih mandiri.

- Fokus dan sungguh-sungguh, memfokuskan atau memusatkan (perhatian, pembicaraan, pandangan,sasaran, dan sebagainya) seluruh perhatian kepada yang menjadi prioritas cita-cita atau impian yangakan diraih tentu akan membentuk mindset kita selalu positif. Dengan begitu, akan dengan mudahmembangkitkan dan mengoptimalkan seluruh energi dan potensi yang dimiliki untuk berhasil dalammenggapai tugas atau aktivitas yang menjadi skala proritas.

b. Membentuk mindset entrepreneur :

- Pengusaha pilihan mulia Seorang pengusaha dapat membantu banyak orang untuk mendapatkan pekerjaan, tentu hal inimembantu program pemerintah dalam mengurangi pegangguran. Juga dapat meningkatkanpertumbuhan ekonomi dan memberikan kontribusi pajak bagi negara.

-Pengusaha kaya ide Menjadi seorang pengusaha akan terus melatih dan menggali potensi mahadahsyat yang ada dalamalam bawah sadar kita sehingga muncullah berbagai kreativitas yang dapat menjalankan usahanyadengan sukses

.-Pengusaha mengatur waktu bukan diatur waktuSeorang pengusaha bebas mengatur waktunya sendiri, tidak ada jam kerja yang mengikat juga tidak adateguran atau sanksi dari siapa pun dalam menentukan waktu usahanya. Namun, tentu ada waktu-waktuyang wajib dipenuhi ketika mempunyai janji dengan orang lain

.-Pengusaha gajian tiap hari Banyak sekali jenis usaha yang menghasilkan income setiap hari, ini artinya untuk mempuyai uang tidakperlu menunggu akhir bulan atau awal bulan. Dari income yang masuk setiap hari, seorang pengusahadapat memanfaatkan uangnya untuk pengembangan usahanya dan berbagai kebutuhan yangdiperlukan.

-Pengusaha itu bos “Setinggi apa pun pangkat yang dimiliki anda tetap seorang pegawai. Sekecil apa pun usaha yang andapunya anda adalah bosnya” (Bob Sadino). Kata bijak tersebut memberikan penghargaan kepada pengusaha betapa tinggi posisinya sebagai seorang bos yang dapat memberikan perintah kepadasiapapun karyawannya.

 

2. Soft skills are key to be a successful entrepreneur

a. Entrepreneur soft skill

Untuk mejadi seorang entrepreneur sukses wajib hukumnya untuk menguasai soft skill yaitu terdapat

-Attitude

Sikap menjadi hal terpenting dalam diri manusia apalagi seorang entrepreneur yang selalu melayanicustomer. Tentu agar pelayanannya prima dan paripurna, sikap baik, sopan, ramah, rendah hati, danbersahaja diutamakan dalam menghadapi customer. Seorang entrepreneur harus menjadi inspirasi danteladan dalam bersikap dengan penuh etika.

-Communication

Komunikasi adalah media yang paling utama untuk kita berinteraksi, komunikasi adalah senjata yangpaling ampuh bagi seorang entrepreneur. Melalui komunikasi seorang entrepreneur harus mampumeyakinkan kepada customer produk (barang/jasa) yang dijualnya.

-LeadershipMempunyai karakter pemimpin adalah modal utama bagi seorang entrepreneur. Dengan karakterkepemimpinannya seorang entrepreneur harus mampu memengaruhi orang lain tentu dalam hal inimemengaruhi karyawannya agar taat, patuh dalam menjalankan tugas dan tanggung jawabnya.-Team WorkSeorang entrepreneur wajib membangun sebuah tim yang solid sehingga dapat bekerja sama danbersinergi untuk merealisasikan target keberhasilannya

.

 

 

 

-Emphaty

Menanamkan rasa simpati saja terhadap orang yang membutuhkan bantuan dan pertolongan atauterhadap orang yang terkena musibah, bagi seorang entrepreneur tentu tidak cukup melainkan harusmempunyai rasa kepedulian sosial yang tinggi terhadap sesama, rasa simpati harus selalu dibarengidengan solusi itulah empati.

b. Inilah soft skill yang harus dimiliki untuk bisa sukses :

-Time management

-Memiliki empati

-Menguasai waktu tidur anda
-Pikiran dan perkataan internal yang positif

-Konsistens

-Meminta pertolongan
-Tahu kapan harus diam

-Mendengar

-Tidak mencampuri urusan orang lain

 

3. Learning by doing

-Belajar dari buku dan internet

banyak referensi yang dapat menambah ilmu pengetahuan kita dibidang kewirausahaan , tidak sedikit buku-buku yang membahas tentang kewirausahaan baik teori,strategi maupun motivasi menjadi seorang wirausaha sukses.

-Belajar dari “MENTOR”,

yang menjadi mentor bisa saja orangtua, saudara, atau teman yang dianggapmempunyai ilmu, pengetahuan, dan pengalaman yang lebih dari kita. Kita bisa bertanya, berdiskusi,sharing tentang berbagai hal berkenaan dengan permasalahan dan pengembangan usaha yangdijalankan

-Belajar dari kegagalan, kegagalan dalam berbisnis adalah sesuatu yang bisa terjadi, tidak sedikit orangyang karena gagal dalam usahanya mereka kecewa, kapok untuk menjadi bisnisman lagi bahkan adayang sampai stress, oleh karena itu berwirausahalah dari apa yang benar-benar kalian sukai(minati)sehingga ketika gagal tidak berdampak besar

 

Seorang Pembisnis harus memiliki PRINSIP BISNIS 3A :

1. ATP (Amati Tiru Persis)
2. ATM (Amati Tiru Modifikasi)

3. ABS (Amati Buat Sendiri)     

bisnis
business
Written By
Finandy Winarto

Business Inquiries : wfinandy6@gmail.com

All Comments (0)

Related Posts

The Shonet Monthly Issue
The Shonet Monthly Issue

Insiders Program Challenge

Become The Shonet Insider!

Now anyone can become an insider, including you!