Shonet IT List

Mengenal Fakta Kandungan Skincare Galactomyces

By Nona Abe  |   about 1 month ago
Mengenal Fakta Kandungan Skincare Galactomyces

Di dunia skincare Asia yang berkiblat ke Jepang dan Korea, galactomyces sudah dikenal sebagai bahan yang punya banyak manfaat untuk kulit. Sejumlah produk dari berbagai brand yang memasukkan galactomyces sebagai bahan utama atau pun bahan tambahan. Sebenarnya, apa, sih, galactomyces itu? Ya, galactomyces memang lagi tren sebagai pencerah wajah. Ini 5 faktanya yang perlu kamu tahu.

 

 

Legenda Tangan Halus Para Pembuat Sake

Puluhan tahun yang lalu, konon pemburu bahan kecantikan alami menemukan fakta kalau tangan para pembuat sake (minuman fermentasi beras dari Jepang) ternyata halus dan bebas keriput. Di sisi lain, wajah para pembuat sake yang sudah berusia lanjut ini tetap keriput dan mengalami penuaan. Kesimpulan kecil pun diambil, ada sesatu dalam bahan sake yang mengakibatkan tangan para pembuatnya jadi halus dan bebas keriput.

 

 

Penelitian Bertahun-Tahun Melahirkan Galactomyces

Setelahnya, penelitian selama bertahun-tahun dilakukan terhadap bahan sake ini. Tujuannya adalah mencari formula tepat untuk dijadikan bahan skincare yang aman dan bermanfaat untuk kulit. Lahirlah galactomyces ferment filtrate, yang sekarang jadi bahan skincare yang dikenal banyak orang.

 

Galactomyces ini sendiri adalah sejenis fungus (jamur) yang tercipta dari saringan sisa bahan fermentasi (pengasaman) sake. Secara alami, bakteri dalam fungus galactomyces ini mampu memecah protein pada bahan lain sehingga bisa berfungsi secara maksimal dan mudah diserap kulit.

 

 

Apa Manfaat Galactomyces untuk Kulit?

Galactomyces punya manfaat yang beragam pada kulit. Yang utama adalah memberikan kelembapan ekstra pada kulit sehingga tektur kulit jadi terasa lebih halus.

 

Dengan kelembapan kulit yang seimbang, produksi sebum pun berkurang, ukuran pori-pori tampak mengecil dan dan risiko munculnya jerawat jadi mengecil. Selain itu, galactomyces juga bisa membuat wajah jadi lebih cerah. 

 

Biasanya, kadar persentase galactomyces disertakan di kemasan skincare (jumlahnya bisa mencapai 95%). Sisanya adalah bahan lain yang tak kalah bermanfaatnya bagi kulit, yang menyerap lebih baik ke kulit karena sudah bercampur dengan galactomyces.

 


Ini sudah terbukti juga lebih penelitian lain. Bahwa sejumlah bahan yang diaplikasikan bersama galactomyces terbukti lebih efektif dibandingkan dengan yang tanpa galactomyces.

 

 

Lebih Sering Muncul Dalam Bentuk Toner/Essence/Serum

Sifat galactomyces yang mudah menyerap di kulit membuatnya tepat jadi bahan utama jenis toner, essence atau serum. Toner atau essence, seperti diketahui berfungsi mengembalikan tingkat pH kulit sekaligus mempersiapkan kulit untuk penyerapan skincare selanjutnya. Galactomyces yang punya fungsi melembapkan kulit sangat pas ada di slot ini.

 

Sementara pada serum yang bermolekul sangat kecil, galactomyces jadi makin mudah meresap masuk ke dalam lapisan kulit, mengantarkan manfaatnya sendiri ataupun manfaat bahan lain yang ada dalam serum yang sama.

 

Namun, tidak semua cocok, bisa jadi ada yang alergi

Buat kamu yang ingin mencoba galactomyces, perhatikan dulu kondisi kulit. Sebabnya, ada sejumlah riset lain yang menghasilkan kesimpulan kalau fungus pada galactomyces bisa mengaktifkan reseptor AhR (Aryl Hydrocarbon Receptor).

 

Dalam bahasa yang mudah dipahami, kalau kamu termasuk yang punya masalah kulit yang disebabkan oleh fungus seperti pityrosporum folliculitis, rityriasis rosea, psoriasis, seborrheic dermatitis dan eczema, maka bisa menyebabkan fungus justru berkembang biak lebih cepat dan mengakibatkan break out alias jerawat parah. Jadi, lakukan patch test lebih dulu sebelum memakai produk yang mengandung galactomyces.

 

 

Jadi, tertarik untuk mencoba skincare berbahan galactomyces?

serum
essence
korea
toner
jepang
melembapkan
Galactomyces
Written By
Nona Abe

Hallo bunny welcome 

Aku suka menulis tenang beauty Dan skincare ... 

Keratosis Pilaris 

Kalian bisa Cek blog aku https://ceritanyanona.wordpress.com/

All Comments (4)
View all 4 comments
about 1 month agoReply
Septiani
widih
about 1 month agoReply
Angie Michaela Marella
wah baru tw aku.. biasa asal pake aja hhee
about 1 month agoReply

Related Article

The Shonet LookbookEmpowerment

Della Dartyan