LIFESTYLE   |   6 NOVEMBER 2018

Menghapus Mantan dari Hidupmu? Siapa Takut! Lakukan 6 Hal Ini Yuk

Menghapus Mantan dari Hidupmu? Siapa Takut! Lakukan 6 Hal Ini Yuk

Menghapus mantan dari hidupmu itu akan lebih sulit daripada mempertahankan pacarmu yang sekarang. Apalagi bila mantanmu dulunya berpengaruh dalam hidupmu. Namun, bila mantanmu tersebut mengganggu kelangsungan hidupmu untuk maju ke depan lebih baik kamu harus menghapus mereka dari hidupmu. Sangat tidak baik membiarkan orang yang hanya membuatmu melihat masa lalu tanpa memikirkan masa depan. Nah, menghapus seseorang itu nggak mudah tapi ada caranya.

Mau tahu?

1. Tinggalkan mereka dengan baik-baik

About Time

Jika kamu merasa menghapus mantan dari hidupmu itu baik, coba lakukan dengan meninggalkannya dengan keadaan baik-baik. Jika kamu ingin mengucapkan selamat tinggal pada mantanmu, berdamailah pada semua yang pernah terjadi di antara kalian. Jika kamu meninggalkan mantanmu karena perasaan yang belum tuntas atau masih ada dendam yang belum kamu ikhlaskan, itu malah akan menjadi beban untukmu yang selalu kamu bawa-bawa. Selesaikan masalah dengan baik sebelum mengucapkan selamat tinggal pada mantanmu

2. Jangan mengajak orang lain ikut melakukannya

About Time

Jika kamu mau menghapus seseorang dalam hidupmu, jangan mengajak orang lain untuk ikut melakukan hal tersebut. Jika kamu tidak bisa berteman atau mencintai seseorang, sangat tidak adil untuk mengajak orang lain untuk melakukan hal yang sama. Sangat tidak dewasa menghasut orang lain untuk ikut membenci seseorang. Kalau kamu membenci seseorang dan ingin menghapusnya, silakan lakukan sendiri. Itu lebih baik daripada mengajak orang melakukannya, nanti malah kamu dikatakan sebagai orang yang senang menghasut.

3. Tidak usah bertanya apa yang terjadi, biarkan saja

About Time

Jika kamu merasa ini sudah waktunya menghapus mantanmu yang merugikan untukmu, segera lakukan. Kamu tidak perlu bercerita pada orang-orang tentang apa yang terjadi dari sisimu. Kehadiran mereka tidak memberikan pengaruh positif atau hal baik di hidupmu: jauhi segera. Sangat tidak baik menceritakan pada orang lain tentang permasalahanmu dengan mantan. Nggak ada yang peduli sebenarnya dengan masalahmu, mereka hanya ingin tahu.

4. Maafkan dia dan maafkan dirimu

About Time

Terkadang kita bertahan di sebuah hubungan atau sebuah persahabatan dengan orang-orang yang tidak baik untuk kita karena kita merasa bahwa kita wajib mempertahankan hubungan tersebut atau merasa bersalah kalau mengakhirinya. Apa pun alasannya, ucapkan selamat tinggal dan hapus mereka. Hal tersebut tidak akan membantumu untuk berpindah hati. Maafkan kesalahan mereka, maafkan dirimu. Memaafkan memang bukan hal mudah tapi dengan memafkan hatimu jadi lebih mudah untuk melangkah maju.

5. Block mereka dari duniamu

About Time

Jika kamu ingin menghapus mantanmu dari hidupmu, lakukanlah secara menyeluruh. Salah satu cara untuk menyelesaikan ini adalah block mereka dari duniamu. Bukan berarti kamu tidak pernah menganggap dia ada tapi block mereka akan membantumu membersihkan kenangan dengannya dan move on. Khawatirkan dirimu. Jika mereka masih bisa menghubungi dirimu lewat media sosial, menelepon rumahmu, atau mengirimimu pesan akan membuat kamu susah lupa. Ingat, mereka sudah tidak baik untukmu, jadi block mereka dan fokus untuk move on dan menyembuhkan dirimu.

6. Ingat bahwa pelangi akan ada setelah hujan turun

About Time

Memang bukan hal mudah untuk mengakhiri sebuah hubungan, entah itu percintaan atau persahabatan. Namun, bila kamu sudah dikecewakan dengan mereka, sudah sebaiknya kamu menghapus mantanmu dari hidupmu.  Bertahan pada hubungan yang sudah tidak sehat akan membuat dirimu sulit. Selalu ingat, akan ada pelangi setelah hujan turun. Selalu ada kebahagiaan di setiap kesedihan. Jangan menyerah!

BACA JUGA: Inilah 7 Tanda Kamu Siap Memulai Hubungan Baru

Source foto: film About Time/Translux,Working Title Films

Menghapus mantan dari hidup memang sulit tapi lebih sulit membiarkan mereka tetap di hidupmu, bisa-bisa kamu akan susah move on!

Zahra Aminati
Zahra Aminati

LIFESTYLE   |   6 NOVEMBER 2018