Lifestyle

Menjadi Lebih Aktif dan Produktif Setiap Hari

By Asbath An’Umillatul Azmi  |   about 1 month ago
Menjadi Lebih Aktif dan Produktif Setiap Hari
https://miro.medium.com/max/1400/1*qD_JPRwldljwoH8aClP3CQ.jpeg

1. Hindari Tidur Terlalu Larut

Mencoba untuk tidak tidur terlalu larut di malam hari merupakan langkah awal untuk mencoba lebih produktif diesok hari. Seseorang yang tidur terlalu larut dan harus bangun pagi, akan menjadikan tubuh kekurangan waktu untuk beristirahat. Akibatnya tubuh akan terasa lesu dan kurang fokus sehingga berdampak pada pekerjaan atau aktivitasnya. 

Berikanlah tubuh setidaknya minimal 6 jam untuk beristirahat dan melakukan pemulihan secara menyeluruh. Dengan begitu, waktu pagi akan terasa lebih bergairah dan tetap prima sepanjang hari.

2. Bangun Pagi

Orang yang bangun lebih pagi memiliki energi dan suasana hati yang lebih baik, serta mental yang lebih optimis. Bangun pagi akan menjadikanmu lebih bahagia dan segar bugar sehingga lebih bersemangat untuk menjalani aktivitas sehari-hari. Menurut penelitian, dipagi hari otak seseorang sedang berada pada level paling optimal sehingga dapat membantumu mengambil keputusan dengan lebih baik.

Tetapi bangun pagi harus diimbangi dengan waktu istirahat malam yang cukup. Usahakan untuk tidak begadang agar kualitas bangun pagimu lebih baik dan tubuh terasa bugar karena merasakan kesegaran suasana pagi, sehingga menghindarkanmu dari rasa malas. 

3. Membereskan Tempat Tinggal

Menjadi produktif bukan hanya dalam urusan profesional saja, tapi juga tanggung jawab akan hidup salah satunya kebersihan lingkungan tempat tinggal. Orang yang produktif sudah seharusnya dapat menyelesaikan tanggung jawab pribadi sebelum memulai pekerjaan profesionalnya.

Membereskan tempat tingal dan selalu menjaga kebersihannya adalah salah satu cerminan diri yang baik.

4. Olahraga

Pagi hari adalah waktu yang tepat untuk berolahraga. Selain untuk menjaga kesehatan tubuh, olahraga juga dapat menjadi pemanasan sebelum melakukan aktivitas lain. Dengan berolahraga tubuh akan bergerak dan sangat bagus untuk meningkatkan sirkulasi darah sehingga membuat tubuh lebih segar sekaligus meningkatkan konsentrasi. 

Tapi tidak semua orang memiliki waktu untuk berolahraga dipagi bahkan sore hari. Walau begitu, kamu tetap dapat berolahraga diwaktu lain seperti weekend atau saat hari libur lainnya. Usahakan untuk tetap berolahraga setidaknya seminggu sekali untuk melatih tubuh agar senantiasa bergerak aktif dan tetap sehat. 

5. Mandi Pagi

Kesegaran adalah kunci penting kesiapan seseorang dalam menjalani hari yang lebih produktif. Setelah kita mandi, sirkulasi darah menjadi lebih lancar, tubuh akan terasa lebih segar, pikiran menjadi lebih jernih, lebih tenang, dan lebih santai. Sehingga jika kita melakukannya dipagi hari dapat menghilangkan rasa malas dan siap untuk memulai aktivitas-aktivitas selanjutnya.

6. Tentukan & Dahulukan Prioritas

Sadari apa yang menjadi prioritasmu dan mendahulukannya dibanding yang lain. Fokus dan konsentrasilah pada hal tersebut sehingga hasilnya maksimal. 

Perlu diingat bahwa kita tidak memiliki banyak waktu untuk melakukan semua hal, jadi fokuslah dahulu pada prioritas. 

Disadari atau tidak, waktu kita banyak terbuang dengan hal yang terasa dianggap menjadi tugas tapi itu hanya sebuah keinginan untuk tidak merasa bosan, seperti keinginan untuk membuat target baru tetapi tanggung jawab yang sebenarnya belum terselesaikan. Karena itu, usahakan untuk menentukan dengan benar mana yang lebih penting untuk menjadi prioritasmu. 

7. Terus Belajar

Kamu pernah mendengar kata investasi? Investasi bukan hanya soal materi seperti uang. Kamu dapat menginvestasikan waktumu dengan terus belajar, mempelajari berbagai hal baru dan berguna. Setidaknya satu jam dalam sehari, sebelum tidur atau diwaktu senggang. Bacalah informasi, pelajari skill baru, membuat konten, membuat sistem atau planner, membangun relasi baru, dan lain sebagainya. Investasikan waktumu secara bijak. Karena semakin banyak yang kamu pelajari sekarang, maka semakin banyak yang akan kamu dapatkan nanti. 

8. Bukan Hanya Sekedar Sibuk

Hidup produktif bukan berarti kamu selalu sibuk sehingga tidak ada waktu untuk menjawab telepon atau sekedar bertukar sapa, tapi bagaimana semua aktivitas yang kamu lakukan memiliki tujuan yang jelas dan efisien. 

Hal ini berlaku juga dengan waktu istirahatmu, dimana hidup produktif tidak berarti harus bekerja 24 jam nonstop. Ada kalanya kamu menjalani hidup normal layaknya orang yang bekerja, beristirahat dan bersosial disetiap harinya. 

9. Beristirahat dan Mencari Inspirasi

Ada kalanya kita lelah melakukan aktivitas tanpa henti. Sesekali ambil sedikit waktu untuk mencari udara segar atau melakukan refreshing agar tidak terasa penat.

Tapi terkadang kita terlalu penat dengan hari-hari yang padat, hingga membuat kita kehilangan mood dan semangat yang menjadikan kita malas. Sadari bahwa itu hanyalah respon tubuh yang terlalu lelah. Jadwalkan waktu untuk berlibur, tetapi selesaikan terlebih dahulu semua tugasmu. 

Carilah inspirasi saat kamu kehilangan semangat seperti membaca artikel, menonton film, mendengarkan lagu, atau apapun, dan kamu dapat menggunakan fasilitas internet untuk memudahkan pencarian. 

10. Tulis Pencapaianmu Hari Ini

Tuliskan pencapaian yang telah kamu lakukan hari ini, berbanggalah pada dirimu yang telah mencapai target atau mendapat hal baru dengan baik.

Jangan lupa untuk menuliskan hal-hal yang masih menjadi tanggunganmu, sehingga kamu bisa mengukur seberapa efektif waktu yang telah kamu gunakan hari ini. 

lifestyle
profesional
sukses
gayahidup
tips
produktif
aktivitas
productive
activity
Written By
Asbath An’Umillatul Azmi

Hi! i’m Asbath. I love music, cooking, beauty, lifestyle, nature, adventure, and so much loving animals!

Aku punya kebiasaan menulis segala aktivitas dan rencana dalam sebuah diary, yang akan aku share juga disini, siapa tau bisa jadi tips loh buat kalian 😉

Dan jangan lupa, kamu bisa melihat dan berkenalan denganku melalui profil akun instagram pribadiku, @asbathaa cuss ya!

https://www.instagram.com/asbathaa/

All Comments (0)

Related Posts

The Shonet Monthly Issue
The Shonet Monthly Issue

Insiders Program Challenge

Become The Shonet Insider!

Now anyone can become an insider, including you!